Sunday, August 3, 2014

Asinan Buah Seger...^^



Wah..sampai hari libur terakhir lebaran..kok ya masih ada acara keluarga besar sini..hihi..mau leyeh2 nonton dra kor lagi wis ndak sempat. Besok udah mulai sibuk packing pengiriman. Terus Senin besok mulai kursus singkat food photography online sebulan penuh..moga2 aja ndak mangkir dari kursus online nich..mumpung gratis..hihi..dan kalau mau konsultasi privat tinggal tambah $ 29 bisa konsultasi langsung sama ahlinya..via skype. Sangat2 murah di banding kursus photography yang offline tuch yang aku pernah nanya ke Da**** cabang Semarang ampe jutaan sekali datang. Asal ndak lupa aja,.biasa pas kursus itu semangat ikutin aturan, pakai banyak properti dll..tapi pas praktek motret tiap hari balik lagi gaya suka2 aku..hihi..lha kadang2 buru2 aja motretnya biar ndak kelamaan. Moga2 aja bisa ikut aturan ahh..dan tambah ilmu motret2nya...ntar aku share ya teman2..hasil kursusnya..Jika aku telaten sich ikut satu bulan penuh besok ini sich..hihi.

Tadi habis acara halal bihalal keluarga besar di sini..sempat mampir pasar..dan akhirnya daku tergoda pengen rujakan. Tapi..kalau rujakan kan harus habis ya..sementara yang suka cuma aku doang nich..jadinya ganti haluan pengen bikin asinan Bogor aja...kan bisa di simpan di kulkas sisanya. Pas buka puasa bersama kelas Yodha kemaren itu sempat nyicip asinan Bogor buatan temen itu seger banget dan warnanya cantik bisa merah menarik gitu. Dulu sempat pernah bikin sich asinan Bogor gini..belum bisa manraik banget warnanya. Nah..setelah dapet tips2 dari temenku Bundanya Rafanel..akhirnya aku bisa bikin asinan Bogor yang cantik nich teman2..merah menyala..hihi. Ternyata kuncinya itu pakai cabai merah agak banyak..terus di saring dech..jadi nggak pedes banget..tapi dapat warna merah cantik kuah asinannya. Selain itu kata temenku..ternyata di campurin gula merah sedikit lebih sedep lagi asinannya. Dan tadi ku praktekkan ..memang bener..jadi berasa kayak rujak kuah gitu..lebih seger dan sedep jika pakai gula merah sedikit..selain gula pasir tentu saja. Oh ya..buah untuk asinan ini..suka2 aja ya teman2..aku tadi cuma beli buah satu2 aja..jadinya udah banyak. kalau mau lebih hemat..beli aja buah2 potong di tukang rujak tuch yang sepaket kan ada yang teman2..atau beli di tukang rujak keliling tuch per potong..jadi lebih murah dech. 

Oke..mau coba..yukk ini dia resepnya ya teman2..yang udah ku sempurnakan dari resepku terdahulu..^^
Asinan Buah

Bahan :
1 buah nanas ukuran kecil, potong kecil2 tipis
1 buah bengkuang agak besar, potong2 tipis
1/2 buah pepaya mengkal, potong2 tipis
2 buah kedondong, potong2 tipis panjang
1 buah ketimun, potong tipis2
1 genggam kacang tanah goreng

Kuah :
10 buah cabai merah, haluskan ( sesuai selera )
1,2 L air panas ( mendidih )
200 gram gula pasir
100 gram gula merah, sisir
1 sendok teh garam
3 sendok makan cuka

Cara Membuat :
Campur semua bahan kuah, saring. Koreksi rasa udah sesuai selera belum manis asemnya.
Campur semua buah iris di wadah besar, tuangi kuah. Taburi kacang tanah goreng. Dinginkan di kulkas hingga meresap.
Sajikan dingin lebih nikmat.


19 comments :

  1. Mba diah, cabe merahnya pake yg besar atau yg keriting kecil ? Wini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang merah biasa mba Wini..bukan yang keriting..ntar kepedesen kalau keriting..hihi..tapi kalau suka pedes ya ndak pa2 sich..:)

      Delete
  2. Aq sering bgt mba bikin asinan buah/sayur kayak gini...rasanya seger bgt...kalo aq bumbu kuahnya aq rebus dulu mba biar ga berasa langu cabenya...trus diinapkan semalem di kulkas bsknya baru dimakan wuuiiihhh makin mantap rasanya mba...hihii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..kalau lagi bikin banyak ya kadang aku rebus kuahnya..biar lebih awet juga ya..tapi kalau cuma bikin dikit, kumat malesnya..kadang aku pakai air panas mendidih aja..hihi..nggak langu juga kok..

      Delete
  3. Wah, ide bagus mbk.. Setelah ''mblenger'' dg menu daging2 an, asinan ini bisa menetralkannya. Trims jg utk mbk Harsini, sudah bagi tips nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Atika..seger banget lho..ayukk buat ya.:)

      Delete
  4. Duuuh habis makan yang berat berat pingin makan asinan Mbak Diah, kelihatan syegeeer banget. Selamat lebaran ya mbak Diah sayang...mohon maaf lahir batin ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Hesti..iya mba..penetral rasa ini biar badan nggak tambah melar terus makan yang bersantan2..dan berdaging2..hihi. Sama2 ya mba..maaf lahir batin juga..:)

      Delete
  5. Sueeegerrr tenan......Minal Aidzin Wal Faidzin ya mb.Diah....mohon maaf lahir dan Bathin.....salam buat suami dan Yodha....mksh Aku dan suamiku...heheh

    + Ara +

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mba Ara..iya seger lho mba..ayukk buat ya..:)

      Delete
  6. mbak diah, selamat lebaran maaf lahir batin yaaa...
    naksir gelasnya mbak, beli dimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba..sama2 ya..itu hadiah dari Jne lebaran kmrn mba..hihi..krn aku krm byk paket..:) Tapi di Ace ada juga mba..cuma beda bentuk..aku pernah beli juga 25 ribu satunya..:)

      Delete
    2. waah, enak ya mbak sering dapet gratisan, hehehe....
      kebetulan kemarin aku nyari di ace pas kosong mbak, hiiiks....

      Delete
    3. Oh..di bagian samping belakang cafe depan di Ace tuch mba..dulu byk bgt..lagi kosong kali yach..:) Eh udah ada ini tepung gapleknya Mba..:)

      Delete
    4. wah, sayang ya... kalau kemarin minggu pak marjoko dateng reuni SMA bisa dititipkan kakakku...
      nanti deh mbak kalo pas ke atas aku kabari yaa atau mungkin bisa nitip mbak een ? *aku tanyakan dulu*

      Delete
  7. Waw nikmat mb sy lgsng praktek lo mb .sieger mb .bis buka puasa syawal lgsng mkn ni nikmat mb mksh y mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp Mba Intan..iya pas itu baut buka puasa ya..segerr..:)

      Delete
  8. Mba diah kl untuk asinan sayur resepnya
    Apa ya mba ???

    ReplyDelete
  9. Mba diah kl untuk asinan sayur resepnya
    Apa ya mba ???

    ReplyDelete