Wednesday, August 6, 2014

Kroket Sukun


Dapat kiriman sukun besar  banget tadi dari mertua...kebetulan dech..dah lama nggak makan sukun. Eyangnya Yodha sini itu punya lapangan tenis yang di kelilingi kebun luas banget dan di tanami macam2 tanaman..nah salah satunya itu sukun ini..dan kalau berbuah itu besar2 sekali...satu buah sukun itu bisa berkilo2 beratnya..hihi. Tadi aku di kirimi satu aja..udah ku goreng separo..jadinya banyak banget sukun gorengnya. Tapi karena lama ndak makan sukun goreng ya enak sekali je..manis2 gurih mempur gitu kalau sukunnya bagus dna udah tua. Tapi ya mblenger kalau aku makan sendiri..jadi sisanya aku bawain mba art ku sukun gorengnya..karena di rumah ya cuma aku yang doyan sukun goreng. 


Goreng sukun..itu mudah saja teman2..tinggal di bumbuin bawang putih..garam dan ketumbar sesuai selera, rendam potongan sukun di bumbu tadi beberapa saat sebelum di goreng. Lalu goreng dech. Jika mau bisa di iris tipis2 juga jadi dech ceriping sukun..itu juga enak bingits..hihi. Sukun yang enak di goreng itu sukun yang udah tua ..jadi cepat matang dan rasanya mempur ada manis2nya gitu.


Nah..masih ada separo lagi musti di olah juga..kalau udah kebuka..daripada mubazir ya..akhirnya putar otak mau aku jadiin apa ya nich sukun..sayang aja..soalnya tua banget dan manis gitu enak..mempur. Akhirnya aku coba2 kukus aja..eh..jadi cepat empuk dan mempur juga..kayak singkong kukus gitu. Wah..jadi pengen aku eksperimen buat kroket dech. Siapa tau nich jadi pada doyan Yodha dan papinya kalau di buat kroket gini. Dan beneran udah ku coba..enak lho teman2..sukun di buat kroket..rasanya nggak kalah enak sama kroket kentang. Ciri khas sukun ini ketika di kukus jadi agak liat ketika di haluskan..tapi tetep lembut..jadi aku tadi coba bikin kroketnya nggak ku tambah telur atau kuning telur..eh nggak pecah lho..mungkin karena ada kandungan patinya juga ya sukun ini..wah..bisa di buat tepung dong..hihihi..*otak bisnis ..lol..! * Oh ya..sukun yang enak di buat kroket itu yang udah benar2 tua ya teman2..kayak gini nich..kalau muda kan biasanya *kenyoh2*...alias keras..nggak bisa empuk jika di goreng atau di kukus. Kalau yang muda itu enaknya buat sayur lodeh sukun..^^


Oke dech..ada yang suka sukun teman2..yuk cobain di buat kroket..enak lho..jika bosan di goreng begitu saja sukunnya. Selamat mencoba ya ^^
Kroket Sukun 

Bahan : 
300 gram sukun kukus yang sudah di lumatkan
100 gram daging ayam, rebus, cincang 
1/2 buah wortel, potong dadu kecil
1 sendok makan susu bubuk
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 butir bawang merah, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam 
Garam secukupnya
1 butir telur untuk lapisan
Tepung panir secukupnya

Cara membuat :
Tumsi bawang bombay..bawang putih dan merah sampai harum dan matang, masukkan ayam cincang, dan wortel, aduk hingga wortel layu. Matikan api. Tambahkan sukun kukus dan bumbu2 lain. Aduk rata.( Jika suka boleh di tambah margarin atau kuning telur agar lebih lembut kroketnya.) Koreksi rasa..Bentuk lonjong kecil. Celup ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir, lalu goreng hingga matang di minyak yang sudah di panaskan hingga keemasan. Sajikan hangat dengan cabe rawit..nyamm nyamm..! ^^

15 comments :

  1. wah lama gk makan sukun goreng mbk,,, kangen.... kesukaan bapakku di kampung ini
    hehehe
    kreatif bgt sukun jadi kroket,,,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lho Mba Dewi..aku juga kmrn lama nggak makan..eh jadi terasa enak bingits..hihi..apalagi sukunnya tua banget..jadi mempur dan manis..:) -

      Delete
  2. Hmm nyam nyam .... 7 hari knl blog mb diah 7 hr pula bgdang mlototin catatan resep x .llu mncoba praktekan ..... hikmahx suami mlh jd srg bw bekal ke tmpt krj .sblmx g prnh tuh .dan dr kmrn2 ingin coment dsni tp gtw crax .dan brkt bntuan mb diah pula sy bs smpai dsni dg slmat hihiiii .mksh buanyak y mb diah .....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..sipp mba..alhamdulillah ya..kalau suami suka bawa bekal lebih sehat dan ekonomis..ayukk sambung di sini rumpinya ya Mba..lebih enak nulisnya dr pada nulis sms kecil2..hihi

      Delete
  3. Mba, susu bubuknya untuk isi atau campuran sukunnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Utk campuran mba biar tambah gurih..:)

      Delete
  4. Mba di aku juga suka banget sama sukun coba tetanggaan main aku kerumah mu ngabisin sukun gorengnya, eh iya mba makasih ya kemarin resep donat kentang dan tips penggunaan tep flake kentangnya, jadi praktis banget senang, kemarin aku juga sempat coba tepung baksonya buat isian pangsit goreng sama kulit pangsit hasilnya memuaskan banget mbaaa nanti aku pesen lagi ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya lho mba..enak gurih dan mempurklu udah tua di goreng..Sipp mba..wah aku malah belum coba lagi bikin varian bvakso lain..sipp Mba udah cobain buat lainya..hihi..sgr menyusul ya resep2 barunya..overload packing ini..hihi

      Delete
    2. No worries mba take u'r time, aku selalu setia menunggu update resep2 mu hihihi #lebay

      Delete
    3. Hihi.,.iya mba..besok free packing kok..minggu Jne tutup..siap2 coba2 lagi..:)

      Delete
    4. Yeaay Alhamdulilah, biar sekalian foto2 buat pr kursus mu mba, kayanya menurut ku jepretan mu udah bagus loh mba selama ini aku seneng liatnya hihihi, kutunggu resep2 mu mba ku sayang

      Delete
  5. Suka bangeet sama sukun, disamping rumah dikampung ada pohonnya. G usah beli tinggal ambil aja kalau pas berbuah, tapi kalau disini mana ada yang gratis, apa2 harus beli hehehe. bisa dicoba nih mba Diah kroket sukun... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama bannget mba Tina..di sini mau masak pepaya mentah aja musti beli..hihi..klu di rumah di Yk ap2 ya tggl petik..hihi

      Delete
  6. Woalah ternyata bisa disayur lodeh to mbak.... mungkin rasanya persis kayak kluwih kali ya...? Kalo dulu di malang aku sempet heran pas dikasih tape sukun...enak lho ternyata. Seumur umur cuma sekali itu aja aku makan tape sukun mbak dan ternyata enak juga...selama ini yg aku tahu kan cuma tape singkong & tape ketan toh...hihih

    ReplyDelete
  7. asslm mb Diah, cara membuat sayur lodeh dari buah sukun muda tlg resepnya donk mb? trm kasih

    ReplyDelete