Wednesday, August 13, 2014

Getas Ketan Hitam


Masih berbahan ketan hitam nich teman2..soalnya aku kalau punya stock tepung udah kebuka gitu musti di habisin sekalian..soalnya biasanya kalau di simpan itu sampai lupa lama gitu..akhirnya malah kebuang..hihi. Jadi..mari kita berkreasi dengan ketan hitam lagi ya...:) Tepung ketan hitamnya..masih pakai tepung ketan hitam juakanku..hihi. Ini aku fotoin ya teman2..sesuai janjiku kemaren. Kayak gini tepung ketan hitamnya dan packingnya ya..ada kemasan 1 kg dan 1/2 kg an. Mau coba..?..Boleh..baru mulai produksi ini, tadi produsen tepungnya udah ke rumah dan sanggup mulai produksi tepung ketan hitam ini, jadi siap di luncurkan juga jadi produk jualan di warung onlineku..hihi. Siapnya akhir minggu ini ya..buat teman2 yang udah pesan.


Kali ini bikin kue getas ketan hitam. Untuk kue getas ketan hitam ini warnanya ndak bisa pekat banget ya hitamnya..karena tetep harus di campur dengan tepung ketan putih..agar tekturenya itu  lebih empuk dan ada liatnya. Kalau tepung ketan hitam aja..aku pernah bikin itu hasilnya jadi keras.

Untuk membuat getas..biar nggak mbledos..jangan terlalu besar bikinnya ya teman2..agar bisa matang dengan cepat dan gorengnya juga cepat. Kalau terlalu lama di goreng getas bisa pecah dan kadang2 itu tadi..mbledos atau loncat ke mana2..hihi. Tapi kalau kita buat kecil2 dan agak tipis jadi cepet matang akanlebih aman dech. Untuk bestanya juga..pakai api kecil ya teman2..di aduknya sampai benar2 kental dan berambut agar bestanya bisa jadi cantik dan mau mengeras ketika dingin.

Oke..met coba ya..
Kue Getas Ketan Hitam

Bahan :
100 gram tepung ketan hitam.
100 gram tepung ketan putih.
1/2 sendok teh garam.
150 gram kelapa parut sedang ( nggak terlalu tua..nggaak terlalu muda )
 Vanili bubuk secukupnya jika suka.
 Santan hangat kurang lebih 100 - 150 ml  ( secukupnya hingga adonan bisa di pulung, nggak perlu di habiskan semua jika adonan sudah bisa di pulung, jika kurang tambahin aja sedikit demi sedikit, karena kelapa yang digunakan muda atau tua, kandungan airnya beda2.. )

Lapisan :
125 gram gula pasir ( sesuai selera )
3 sendok makan air
1/8 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur semua bahan getas, tuangi santan sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga adonan bisa di pulung. Bentuk gepeng lonjong sesuai selera, lalu goreng di minyak yang sudah di panaskan dengan api sedang hingga matang.
Besta : Panaskan semua bahan besta sambil di aduk2 hingga benar2 kental dan berambut dengan api kecil. Jika udah berambut dan kental, masukkan getas, aduk cepat hingga besta menyelimuti semua permukaan getas. Dinginkan hingga mengeras.
Sajikan.

13 comments :

  1. Pagi, Mbak Diah Didi.... Kalau ingin pesan tepung ini dan tepung yang lain bisa lewat mana ya? Terus terang sebenernya udah lama tertarik nyobain tapi tangan baru ngetik sekarang...nunggu apa ya... hehe Oya ..klo dengan tepung ketan item yang ini ketika dimakan di mulut masih ada kasar-kasarnya sedikit kayak pasir gitu tetep ya Mbak? Matur Nuwun sebelumnya atas pencerahannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya mba..hayukk di pesan..email aja ya biar lebih privat komunikasinya..atau isi contact form di pojok kanan atas..atau inbox di fb..atau jika males..tinggalin aja no hp ntar ku sms ya..hihi.

      Delete
  2. Klo di priok jakarta ini kayanya namanya gemblong...enak ada juga pake gula merah...kartinichandra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..sama ya dgn getas ini..kalau di Jawa sukanya gula putih gini Mba..balutan bestanya. tapi aku udah pernha coba yang pakai gula merah ya memang enak juga..:)

      Delete
  3. tepung beras ketan hitam seperti itu, nyarinya dimana ya mak? di supermarket seperti Giant atau carrefur ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau merk lain mungkin ada ya Mba Santi..klu yang aku jual ini khusus aku jual online..:)

      Delete
  4. mba mau pesan tepung ketan hitamnya gmna caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mba..tggl isi contact form di bagian pojok kanan atas blog ini..atau inbox di fb..email juga boleh di bundadidi@gmail.com

      Delete
  5. Mbak Diah, tepung kentangnya udah datang. Aku bisa ya kalau mau pesan lewat sms? Ganggu ngga? Thanks Mbak.
    ella- salatiga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh bingits mba Ella..ntar tak ksh no yang stnya juga yg di tab,biar enak ngetik sms nya aku..gede2 hihi..:)

      Delete
  6. Sayang sekali ga diliatin campuran adonannya. Hi..hi... jdnya nebak2 deh saat adonan bisa dipulung. Aku takutnya kelembekan aja nih... Thanks receipnya ya Jeng Diah..

    ReplyDelete
  7. Sudah dicoba mbak, dan berhasil. Enak! Empuk, gurih, tdk meletus. Hanya saja bestanya kudu mrotol, apa memang begitu? Jadi wkt makan harus pakai alas tisyu atau piring kecil. Saya lega sdh bikin getas ini, sebab permintaan mama sdh lama, sekalian habiskan stok tepung ketan hitamnya yg bakal kadaluarsa Desember ini. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  8. mks resepnya mb didi.. pingin nyoba ntr..

    ReplyDelete