Wednesday, August 27, 2014

Resep Bitterballen Lembyutttt...^_^


Judulnya Lebay..judul yang benar adalah Resep Bitterballen Lembut ya teman2..hihi. Yapp...masih dalam rangka ngutak atik resep pakai tepung kentang flakes..hihi. Jangan bosan ya teman2..biar banyak variasi resep mudah dan praktis gitu..selain memang karena agak sibuk beneran..makanya aku juga bikin cemilan yang mudah dan praktis aja..pakai tepung kentang flakes pastinya. Tenang.buat yang udah bosan postingan tepung kentang dkk..sebentar lagi udah mau jadi kok teman2..web warung onlineku..jadi nanti pindah ke dapur uji coba di sono dech semua resep yang berkaitan dengan lelembut alias yang  lembut2..alias tepung2..hihi. Jadi next ada dua dapur dech..yang di sini, tetep posting buat resep2 harian seperti biasa..yang di web satunya resep2 khusus yang pakai aneka tepung produk jualanku begitu...^^

Nah..kali ini bikin cemilan yang mudah dan praktis dulu yukk..enak dan bergizi pula buat bekal anak2..buat cemilan orang dewasa juga enak. Bisa jadi variasi snack box nich..imut2..ekonomis..tapi enak..pasti laris manis kalau buat jualan snack gitu. Apa itu bulat2 menul2..hihi..kayak kroket yach ?..Bukan teman2..itu bukan kroket..beda tipis sich sama kroket..ini adalah Bitterballen..cemilan khas Negeri kincir angin Belanda. Snack hurih ini udah akrab juga di lidah kita ya..orang Indonesia..karena ya memang warisan Belanda jaman dulu gitu pas mereka nyasar ke negara kita ya..walau pada perkembangannya..bitterballen kita cenderung lebih gurih kayak kroket. Apalagi buatanku ini..wis..bitterbalen Jowo dech..hihi. Tapi enak lho..tetep khas bitterballennya ada kok..yaitu lembut adonannya...karena pakai susu. Apalagi di tambah tepung kentang flakes yang di seduh adonannya..wah ya tambah enak bingits dan lembut. Resep ini ekonomis pula..ndak perlu pakai daging kayak aslinya..cukup pakai ayam cincang aja dikit udah enak kok. Nah..dari resep dasar bitterballen kentang ini..teman2 bia berkreasi sendiri menciptakan bitterballen favorit ya..misal..dalamnya di isi keju mozarella yang meleleh tuch.atau adonan di campur keju parut..dll sesuai selera aja. Kalau aku..cukup bitterballen Jowo polosan gini aja..udah enak kok..lidah lokal aja..seleranya..hihihi.

Aslinya bitterbalen ini bumbunya minimalis..cuma kalau aku kok kurang mantep..jadi..tetep aja bumbunya harus ada gurih manisnya.hihi. Aslinya pakai daging cincang..aku pakai ayam saja yang murah..aslinya pakai daun petterseli..mahal belinya musti di supermarket..aku pakai sledri aja 2 batang cukup boleh di kasih ama tukang sayur..gratis..hihi. Jadi ini bitterballen beneran ekonomis lho teman2. Soal takaran bumbu2..sesuaikan selera saja ya teman2..kalau punyaku ini gurih manis seusai kayak lidah kita orang Indonesia..kalau mau kayak yang aslinya..cuma pakai garam, merica bubuk aja..tamabh pala bubuk jika suka..jadi..sesuaikan selera masing2 aja ya..^^

Bitterballen Kentang Flakes

Bahan :
100 gram TEPUNG KENTANG FLAKES , seduh dengan 200 ml air panas hingga jadi kentang tumbuk yang halus.
50 gram daging ayam rebus, cincang
150 ml susu cair putih ( misal Ultra kotak )
50 gram tepung terigu protein sedang
1/2 buah bawang bombay
1/4 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional ) 
Garam sesuai selera 
Gula pasir 1 1/2 sendok teh / sesuai selera ( aslinya malah ndak pakai )
Wortel rebus 1 buah, iris kotak kecil2
Jadung manis rebus pipil 50 gram
2 batang daun sledri, cincang halus

Pelapis :
1 butir telur
100 gram tepung panir halus

Cara membuat :
Tumis bawang bombay dengan sedikit margarin, masukkan daging ayam dan sayuran, aduk rata. Kecilkan api. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga berbutir. Masukkan susu cair, aduk hingga jadi adonan yang kental dan licin. *nggak masalah jika awalnya keliatan bergumpal2..nanti akan halus dan licin sendiri ketika di aduk terus, kan lumer kena  cairan susu terigunya*. Masukkan tepung kentang flakes yang sudah di seduh..aduk rata. Masukkan semua bumbu2 lain. Aduk dan koreksi rasanya udah sesuai selera belum. Terakhir masukkan sledri. Aduk rata. Hasil jadi adonan keset tapi lembut mudah di bentuk ya teman2..^^
Bentuk bulat2 kecil. Gulingkan ke tepung panir , celup ke kocokan telur, gulingkan lagi ke tepung panir. Lalu goreng di api sedang hingga kuning keemasan. Sajikan hangat dengan cabe rawit..hihi..Jowo bingits. Kalau aslinay itu pakai saus * mustard. Cuma aku ndak doyan je..saus2 gitu..jadi enakan di cocol cabe rawit gitu..lol..*

Adonan bitterballen nya gini nich teman2..kalis keset..tapi lembyut banget rasanya..karena ada campuran terigu dan susu..jadi kayak adonan ragout gitu lho teman2.






7 comments :

  1. Mba saya sudah nyobain bitterballennya enak dan lembut banget tapi saya ngk punya tepung kentang flakes jadi diganti kentang tumbuk biasa... makasi sudah berbagi resepnya ya mba :)

    ReplyDelete
  2. ijin share ya miss , btw tepung kentang flakes itu apa ya ?

    ReplyDelete
  3. Hallo mb Diah Didi boleh tanya unt resep diatas bisa jadi brp butir ya?? Rencana mau bikin buat arisan PKK hehehe
    Makasih ....

    ReplyDelete
  4. Mba diah, sy pengen bikin ini untuk baby sy, tp dia alergi susu sapi, susunya bisa diganti apa ya? Terimakasih

    ReplyDelete