Tuesday, August 19, 2014

Resep Abon Cabe Udang Rebon



Cabe....siapa yang bisa nolak ya teman2..apalagi buat pedas mania kayak aku..serasa hampa dech..kalau sehari aja makan tanpa cabe..hihi. Nah..selain di buat bumbu masakan langsung olahan cabe kini juga sangat beragam..dari di buat berbagai saus pedas..samai anek sambal instan Ada lagi salah satu olahan cabe yang awet dan kering yang banyak di sukai yaitu abon cabe. Nah..paling enak memang sich nyambel sendiri fresh di dapur gitu ya teman2. Tapi jika buat emak2 sibuk..tentu menyimpan cabe olahan dalam bentuk sudah matang atau kering sangat praktis ya..jadi sewatu2 mau makan pedas tinggal di cocol sambal atau di tabur taburan abon cabe gitu. ..praktis banget. Aku kalau bikin nasi goreng kalau buat bertiga nggak pernah terlalu pedas..karena yodha kurang suka pedas..jadi biar praktis aku tetep bisa makan pedas..ya aku taburi abon cabe ini nasi gorengnya..enak dan praktis. Buat makan sayur2 gurih yang nggak pedas juga praktis tinggal tabur aja..ataupun jika kepepet ndak punya lauk tapi udah kelaparan..hihi..ada nasi putih aja pun udah nikmat dech di makan pakai abon cabe ini.

Beberapa waktu lalu aku udah pernah posting resep abon cabe yang pakai teri medan ya teman2..nah kali ini aku mau posting varian baru abon cabe, yaitu pakai udang rebon kering kecil2. Enak juga lho ternyata di buat abon cabe. Dan..kali ini buat abon cabenya lebih praktis..karena pakai cabe flake kering yang udah siap pakai...biasa..produk jualanku yang baru..hihi. Jadi ceritanya beberapa waktu lalu di inbox temen di fb minta abon cabe dan cabai kering. Jadilah kepikiran buat produk baru untuk jualan onlineku. Akhirnya aku kontak suppliernya yang biasa bikin bubuk cabe , bubuk bawang putih dll..aku tanya bisa ndak bikin cabe kering flake yang udah siap pakai dan kering gitu buat abon cabe..jadi dech akhirnya produk baru untuk jualan onlineku..cabai kering flake ini. Tapi masih plain ya teman2 rasanya ini..belum di bumbuin..jadi bisa serbaguna gitu..bisa buat abon cabe..buat bumbu taburan pedas atau buat campuran masakan juga bisa..biar multi fungsi gitu. Aku tes kemaren untuk bikin abon cabe udang rebon kering ini. Hasilnya oke dech..sipp..ndak perlu ribet ngoven2 sendiri..cabe lama2 buat bikin abon cabe..cukup pakai cabe flake ini tinggal di bumbuin..praktis sekali teman2. Untuk kualitas..jangan kuatir..pakai cabe2 segar yang udah di cuci bersih kemudian di keringkan..lalu di bikin serpihan kecil2 kayak gini. Cocok banget buat bikin abon cabe..atau untuk buat bumbu taburan misal..keripik setan..dll yang lagi nge trend pedas2 gitu. di jamin asli pedas dari cabe segar..ndak ada bahan tambahan lain. Jadi ini murni cabe flake kering gitu teman2. Atau mau di buat campuran masakan juga bisa..jika males nyetok cabe segar kan ndak awet ya..kalau udah bentuk flake gini di jamin awet dech.


Nambah satu lagi dech varian jualanku teman2..hihi..yukk mari yang suka bikin abon cabe tapi males ngoven cabe hingga seharian..ayukk boleh pesan sama aku nich cabe kering flake..ready stock . Yang punya usaha cemilan pedas2 juga..praktis lho menghemat waktu untuk buat bumbu tabur pedasnya. Jika minat mau pesan seperti biasa, hubungi aja aku di email bundadidi@gmail.com atau lewat contact form di pojok kanan atas web ini atau inbox di fb ku atau di page juga boleh. Jangan lupa sertakan no hape juga..jadi bisa aku hubungi jika ada yang males komunikasi lewat email ya.

Serpihan cabe keringnya kalau udah di buka dari kemasan kayak foto di bawah ini nich..belum di bumbu aja udah menggoda ya teman2..hihi..karena memang ini terbuat dari cabai segar yang di keringkan..jadi warnanya tetep cantik dech walau udah kering..jadi serpihan2. Jadi buat masakan yang bertema *setan2*..alias yang pedas2 gitu cocok dech..hihi. Ndak tau juga ya..kenapa masakan pedes2 selalu di namakan pakai setan2..lol..!..


Cabe flake kering ini tersedia kemasan 250 gram ya teman..banyak dech jadinya kalau di buat abon cabe buat di rumah sendiri, bisa tahan sebulan kali ya..hihi...kan pedas kan..jadi dikit2 aja makannya...jadi irit lho. Jika ndak suka terlalu pedas..bisa di tambah campuran bahan lain agak banyak..misal abon kentang..jadi di campur kentang kecil2 yang di goreng kering kayak kentang mustafa itu..jadi kan lebih netral rasa pedasnya. Atau sesuai selera aja dech mau di buat apa aja bisa kok cabe kering flake ini teman2.

Oke..aku kasih resepnya ya..abon cabe yang pakai cabe kering flake produk baruku ini..jika teman ingin bikin abon cabe tapi males ngoven cabe sendiri ya...^^
Abon Cabe Udang Rebon

Bahan :
250 gram cabai kering flake ( cabai serpih kecil2 kering siap pakai , bukan cabe bubuk lho ya )
200 gram udang rebon, cuci bersih lalu sangrai hingga kering
Bawang merah 100 gram, iris tipis dan goreng hingga kering
Bawang putih 100 gram, iris tipis dan goreng hingga kering
Garam secukupnya
Gula pasir halus / blender 1 sendok makan ( sesuai selera )
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh

Cara membuat :
Campur semua bahan.
Panaskan sedikit minyak goreng ( 1 sendok teh aja kira 2 ), masukkan semua bahan aduk rata di atas kompor dengan api kecil hingga bumbu meresap. Koreksi rasa. Jika sudah pas asin manis pedasnya..matikan api. Dinginkan. Kemas di wadah tertutup.

Tips : Pastikan menggongseng abon cabenya di api kecil ya teman2.agar abon cabe nggak gosong. Gunakan wajan atau panci tebal juga,..agar tidak mudah gosong. Jika gosong nanti jadi pahit rasa cabenya.^^


15 comments :

  1. kalo mau pesen cabe flaakenya gimana mba? berapa harganya? aku di mataram mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Bun..emaila ja di bundadidi@gmail.com ya bun..biar lebih jelas dan detail..atau via contact form di pojok kanan atas itu tinggalin no hape ya..^^

      Delete
  2. Mba,saya mau pesen dong cabe nya.tolong info hrganya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aja ya mba Sallys di bundadidi@gmail.com atau isi contact form di atas biar lebih detail dan enak komunikasinya ya..:)

      Delete
  3. mba didi ini ade,,
    td aq kirim email, tepungku ktinggalan dikereta mba hiks..
    bales ya mba,,
    makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udha krm lagi ya mba..td malam..di tgg..:)

      Delete
  4. di mkan sma mie instan,mantapp nih ya mb,jadinya mie godog rebon,hehe.blum ada kmentar nih tahu campur my hand made,hehe.tahu cmpur'nya bkin sndri mb,yg beli lontongnya.mau bkin lontong sndri yah,nunggu lbran lgi X yah,hahaha,bros gas bkin lontong.
    Elmi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak mba tahu campurnya..kurang kecap dikit aja kalau aku..hihi..penggemar kecap..

      Delete
  5. wah kayaknya enak tu mba, syg aku nggak suka makanan pedes2 ;)
    oh iya mba di aku mau tanya dirumah ada singkong kukus tapi nggak kemakan taro di kulkas seharian pengen diolah tapi gtw enaknnya diapain, ada resep buat ngakalin nggak mba biar kemakan singkongnya sayang2 nih..
    -lala-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bumbuin bawang putih, ketumbar , garam, terus di goreng aja mba..:)

      Delete
  6. Duuuh ngiler ngeliatnya, dimakan pakai nasi hangat2 wuuuah... Btw sukses selalu ya mba Diah buat usahanya. Makin beragam aja nih dagangannya mba Diah. Sukses ya mba ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..mksh Mba Tina..iya mba..buat stock aku sdr ini abon cabenya tggl tabur2 klu makan..Yodha jls ndak mau..hihi.

      Delete
  7. Mbak aku dah isi contact form nya. Tak tunggu balesannya yo mbaak ^_^ Kalo sm yg pedes2 aku mudah tergoda nich hehehe

    ReplyDelete
  8. mbak Diah, mau pesan donk cabenya berapa harganya ya pleas add BBM 56BB43F1, WA 0813 9601 0489, makasih ya

    ReplyDelete
  9. Salam Kenal, Jika Ada yang mnat jadi reseller Bon Cabe, Silakan hub kita

    ReplyDelete