Saturday, August 2, 2014

Ketupat & Lontong..Efektifkah Buat Menu Diet ?



Alhamdulillah..walaupun semangat masak belum tinggi..karena memang belum punya banyak bahan di kulkas..tapi semangat nulis di blog udah kembali..hihi. Jadi..mari kita tulis hal2 ringan saja ya teman2..buat intermezo selain postingan resep2 ya. Tapi biarpun postingan ringan..semoga tetep bisa memberi sedikit informasi dan manfaat ya buat teman2 yang membacanya..yang pasti..tetep seputar dapur kok.

Nah..mumpung masih dalam suasana lebaran..tentu masih banyak kan..ketupat atau lontong bergantungan di dapur..hihi. Nah..aku mau sharing dan cerita nich tentang ketupat dan lontong ini..bagus nggak ya sebenernya buat diet. Dari dulu penasaran..dan akhirnya rasa penasaranku terjawab tadi..ketika aku baca ulasan dari seoarang ahli gizi yaitu Ibu Dra. Emma S wirakusumah, Msc..dari tulisan beliau di sebuah media. Jadi kesimpulannya..memang benar lho..ketupat dan lontong itu bagus buat yang mau diet..karena setelah melalui proses pemasakan yang lebih lama serta kandungan airnya yang lebih banyak di banding nasi..maka kandungan kalorinya jadi lebih rendah di banding nasi putih biasa. dari 100 gram nasi dan lontong atau ketupat..beda lumayan lho kandungan kalorinya. Kalau nasi 180..lontong atau ketupat cuma 144 per 100 gram nya..lumayan kan teman..hihi. Memang bisa di katakan ketupat dan lontong ini bagus buat diet..asal...lauknya juga yang sehat ya..hihi...misal sayuran rebus seperti gado2, pecel dll. Jangan pakai opor ayam sama sambal goreng bersantan atuch..hihi..sama aja nggak jadi diet dech.

Ketupat dan opor dulu awalnya hanya di sajikan di acara2 khusus ya teman2..misal lebaran atau pesta2..dll. Tapi sekarang ini..hampir setiap hari banyak kok yang jual lontong atau ketupat. Ataupun kita bisa buat sendiri juga di rumah..lebih mudah dan murah. Kelebihan ketupat atau lontong ini di banding nasi adalah lebih praktis..tahan lama dan juga nggak perlu di sajikan dalam keadaan hangat. Banyak juga yang bilang..ah..ketupat dan lontong kan kandungan gizinya udah nggak ada..eits..jangan salah lho..tetep ada kok..kandungan protein dan karbohidratnya nggak hilang walau di masak dalam waktu lama...cuma turun dikit. Tapi yang jelas kandungan kalori yang bikin kita gampang tambah ndut tuch berkurang banyak..hihi. Rasa ketupat dan lontong memang jadi berbeda..lebih lembut dan lebih banyak kandungan airnya di banding nasi biasa..jadi tentu saja membuat kita cepat kenyang ya..jadi cocok dech buat diet. Nah..biar lebih efektif dietnya..kita musti bijak ya..pilih2 lauk pendampingnya..misal kalau pakai telur..telur rebus aja..di padu dengan sayuran rebus..dan saus kacang..kacangnya..jangan di goreng..tapi di sangrai..udah dech..jadi kok makanan diet yang enak...bisa berupa lontong pecel..gado2..lotek..rujak pengantin dll..banyak sekali dech masakan Indonesia yang pakai lontong atau ketupat ini. Asal jangan di tambah mendoan atau bakwan ya..ntar kebablasan pasti karena enak..jadi banyak makan gorengan juga.

Duch jadi pengen diet lagi ini..puasa turun lumayan..begitu lebaran..kok ndak mau turun lagi..hihi. Oke..selamat berlebaran ketupat ya bentar lagi buat teman2 yang tinggal di Semarang, Pantura dan sekitarnya..hore..lebaran lagi...hihi.

7 comments :

  1. Klo sini lontong plastik deh mb..daun pisang ga ada..walo buah pisang melimpah..haha..apalg janur..hrs di export dr rumah..lagi pengin lopis ki mb..lg minta paketan daun dr rmh hihi..gmn resep lopis mb..share duuunk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..mahal di ongkir ya Mba..hihi..daunnya..:) Bikin lopis..beras ketan mentah..di bungkus daun pisang terus di rebus berjam2 mba hgg empuk dan lembut..:)

      Delete
    2. Bisa pake presto ga mb..trus isian ketannya brp byk? 80% ato kyk bikin lontong sekitar 50% gitu? Senin ini sih mb dikrm daunnya.nyampe hr jumat...ga sabar tgg daun datang..hihi

      Delete
    3. Biasanya di bentuk segitiga mba..pakai daun pisang..penuh aja..isinya..:) Kalu pake presto aku blm pernah ya..:)

      Delete
  2. Benar kah mba... Ya ampun, aku juga mau bikin lontong deh kalau gitu, tapi g tau kenapa kalau punya lontong pasti pengen sebagai pelengkapnya yang berkuah dan bersantan :P trus pedes2 gitu kuahnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya Mba..memang enak pake yang berkuah dan bersantan ya..kupat nich..Tapi di makan pakai sayur juga enak lho mba..:)

      Delete
  3. Kalo lauknya pake bumbu sate gmn mba.hehe

    ReplyDelete