Google Ad

Tuesday, August 5, 2014

Bola Bola Mie Tepung Kentang Flake


Memenuhi request teman2 yang udah pada punya tepung kentang flake di rumah..agar sering2 posting variasi resep yang menggunakan tepung kentang flake ini..baiklah..aku nanti buat kan macam2 resepnya ya. Intinya..pakai tepung kentang flake ini bisa di pakai untuk berbagai olahan makanan lho teman2..jadi sangat serba guna dan praktis..ndak perlu repot2 ngupas atau ngukus kentang..tinggal seduh aja..jadi dech kentang kukus halus siap ndak nyampe 5 menit..hihi. 

Hemat waktu..tenaga dan juga hemat gas..ya tho. Dan lebih irit juga lho teman2. 1 kg tepung kentang flake itu jika di pakai buat perkedel atau kroket bisa 10 kali pakai..sekali pakai hasilnya setara dengan kalau kita pakai kentang  segar 500 gram an gitu. Buat yang bakulan kue2 di rumah sangat efektif juga lho menghemat waktu..di proses kupas dan kukus kentang..hihi. Di mana beli tepung kentang flake ?..Di Tbk besar mungkin ada juga..tapi mahal lho..60 - 70 ribu per kg..kalau aku lebih murah dech..karena produksi lokal..tapi kualiatas juga oke..malah selalu fresh buatan baru terus..hihi. Mau pesan..boleh..email aja ya di bundadidi@gmail.com atau inbox di fb..atau lewat contact form di pojok kanan atas blog ini tuch tinggal di isi..nanti nyampe kok pesannya ke emailku..selanjutnya bisa ku terangin lebih lanjut secara detail ya di email atau inbox cara pesannya.

Oh ya..nyeduh tepung kentangnya..jangan langsung tuang ya..air panasnya..sedikit demi sedikit saja..asal basah tepung kentangnya..sambil agak di tekan2 pakai sendok..nanti akan ngembang kok..dan jadi kentang kukus yang keset..siap di buat olahan perkedel..kroket..campuran donat dll. Nah..oke..aku kasih tambahan respe lagi ya..yang pakai tepung kentang flake ini. Resepnya mudah banget dan bahan2nya mudah juga di dapat..yukk di coba ya. Rasanya..yummy dech..ndak mau berhenti makan nich sebelum habis 3 biji aku tadi..hihi. Duch bobot yang udah turun beberapa kg puasa kemaren bakalan mbalik lagi nich..hihihi. Ok met coba ya teman2 yang udah punya tepung kentang flake di rumah..^^

Bola Bola Mie Tepung Kentang Flake ( Hasil jadi 15 - 20 buah tergantung ukuran )

Bahan :
Tepung Kentang Flake 100 gram, seduh dengan air panas kira2 150 ml hgg jadi adonan kentang kukus lumat ( yang belum tau apa itu tepung kentang flake..klik di SINI ya ) 
Tepung kentang halus / starch 30 gram ( kalau nggak ada bisa ganti terigu )
Mie kering kuning 50 gram, rebus hingga matang ( jangan terlalu lembek ya biar nggak hancur )
Daging ayam 100 gram, rebus, cincang halus.
1 buah wortel, potong dadu kecil2
1 butir telur untuk adonan
1 butir telur untuk pencelup
100 gram tepung panir orange untuk lapisan
2 sendok makan margarin
100 ml air
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Bumbu2 :
1/2 buah bawang bombai, cincang halus
3 butir bawang merah, haluskan
1 siung bawang putih , haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk ( sejimpit kecil aja )
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional )
1/2 sendok teh garam / sesuai selera 
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Panaskan margarin, tumis bawang bombay, bawang merah dan putih halus hingga harum dan matang, masukkan daging ayam dan wortel, aduk hingga layu. Tuangi air. Masukkan tepung kentang halus, kentang flake yang sudah di seduh, aduk rata hingga jadi adonan kental. Masukkan mie dan bumbu2 lain. Koreksi rasa..jika sudah pas..matikan api. tambahkan 1 butir telur, aduk rata. Dinginkan.
Bentuk bulat2 sesuai selera, celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir. Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang. Sajikan dengan cabai rawit..yummmyyy..! ^^


11 comments :

  1. mbak diah,,rima td isi form tuk pemesanan tepung kentang,mupeng sm tepung kentangnya ^^
    tolong dicek ya mbak,,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba rima..udah ku bales ya moga2 krn kemaren ada dua nama Mba Rima gitu yang email..hihi. Kabarin ya mba..jk belum ku bales..:)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. iya mbak,,ini rima maryami yg dr sukabumi,
      mbak balesnya ke gmail kah?

      Delete
    4. Oh kemaren itu yang dari Kulonprogo sama jakarta Mba...coba email mba apa..soalnaya ada beberapa email itu failed ketika ku bls mba..mbalik gt..dari contact form juga..Atau tgglin no hp di sini mba..nanti aku hapus jk udah ku catet ya..:)

      Delete
    5. Ok mba..udah ku catet no ny aya..tgg sms ku..aku hapus ya komen di atas..biar aman ..hihi

      Delete
  2. Menggugah selera ini mba, bahannya simple dan gampang lagi :) Cocol ke saus sambal nyyuummy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mba Tina...enak lho..sambil tetep nyeplus cabe rawit kalau aku mba..hihi

      Delete
  3. kelihatannya enak n praktis, gak sabaran tunggu kiriman tepungnya. mba diah tar coba bikin pakai tepung ubi unggunya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah krm ya mba..tggl tgg aja paketnya..kabarin ya jk udah nyampe..dan met coba..resep2 lain udah ada ya..di blog..resep donatnya juag udah ku sertakan di pengiriman..:)

      Delete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel