Monday, August 4, 2014

Tahu Guling Ala Yogya


Masih punya ketupat teman2 ?..Yukk..kita buat masakan yang seger dan praktis dari ketupat dan teman2nya ini. Karena kemaren di sini lebaran ketupat..jadilah di rumahku banyak ketupat lagi..kiriman dari Eyangnya Yodha. Nah..karena bosan dengan lauk bersantan..kemaren aku buat tahu guling ala Yogya saja. Sepintas mirip tahu kupat Magelang ya teman2..tapi beda lho rasanya...tahu guling ini. Kalau tahu kupat Magelang kan bumbunya pakai kacang ya..kalau tahu guling ala Yogya itu kuah kecap aja..jadi seger gitu..apalagi jika di makan dengan kuah yang agak banyak dan pedes..enak banget lho. Tapi memang citarasanya agak manis ya..kalau tahu guling gini..karena bumbu utamanya ya gula merah dan kecap. Tapi manisnya itu seger kok teman2 dan di padu isian tahu tempe goreng yang gurih..jadi pas aja..cobain dech..:)

Ciri khas lain tahu guling khas Yogya itu biasanya selain tahu..pakai tempe juga. Kalau yang versi jadul gitu biasanya pakai tahu dan tempe bacem yang di iris kecil2..jadi tambah enak dech. Tapi karena aku lagi malas mbacem2 kemaren..jadi aku goreng langsung aja..enak juga kok teman2. Kuah kecap yang seger..di padu gurihnya tahu dan tempe goreng serta kres2 dari sayur kol mentah dan taoge pendek yang khas..bikin lahap dech makannya. Penasaran rasanya..yukk di coba ya teman2..jika masih punya ketupat..:)
Tahu Guling 

Bahan :
2 buah ketupat, potong2 kasar
4 buah tahu putih, rendam di air garam dan bawang putih sebentar, goreng, potong2 kecil
4 potong tempe, rendam di air garam dan bawang putih sebentar, goreng, potong2 kecil
3 lembar kol, potong2 halus
2 batang daun sledri, cincang halus
1 sendok makan bawang goreng
50 gram taoge pendek, rendam di air panas sebentar
Kerupuk kanji atau udang secukupnya

Kuah :
400 ml air panas
4 buah cabai rawit ( sesuai selera )
2 siung bawang putih ukuran kecil aja
1 lembar daun jeruk
50 gram gula merah
Kecap manis 3 sendok makan ( sesuai selera )
Garam 1/2 sendok teh ( sesuai selera )

Cara membuat :
Haluskan bawang putih, daun jeruk dan cabai merah, masukkan gula merah dan garam , ulek hingga halus. Tambahkan air panas dan kecap. Aduk rata. Koreksi rasa..udah sesuai selera belum manis asinnya.
Susun bahan2 utama tahu guling di piring, tuangi kuah secukupnya. taburi daun sledri dan bawang goreng. Sajikan dengan kerupuk. Segerr..! ^^






11 comments :

  1. Oalah tyt namanya tahu guling ya mba, sering makan tp kalo aku biasanya ditaburi kacang tanah butiran gitu mba hihihi. Wini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Wini..kalau di Yogya tahu guling..enak juga kalau di taburi kacang utuh ya..jadi kayak tahu acar Solo..:)

      Delete
  2. Pake tahu dan tempe bacem tambah maknyooos,mbak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mba Dini...tambah enak krn udah berbumbu..:)

      Delete
  3. Duuuh enaaak ini mba kebetulan masih punya tahu dikulkas,,, mau coba bikin deh, tapi g pakai ketupat g apa2 ya, g punya soalnya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Tina..seger..ndak pa2 mba..malah lebih ringan buat cemilan aja..tanpa kupat..hihi

      Delete
  4. Aku kadang malah buat makan nasi plus tambah irisan timun...nyam...nyam

    ReplyDelete
  5. Siap mencoba.Di rantauan (Batam) nggak ada yg jual.coba buat sendiri dech.makasih resepnya.....

    ReplyDelete
  6. Aku orang jogja (wates). Kalo di tempatku namanya tahulek. Makanan favorit yang praktis dan gampang buatnya.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete