Friday, August 15, 2014

Awug Awug Sagu


Wah..bersih2 dapur kok ternyata masih banyak sisa stock bahan2..salah satunya ini nich sagu panjang2..tengok di freezer masih ada stock kelapa muda parut juga..sipp dah...pagi2 tadi udah bikin ini nich..lumayan buat cemilan. Kue ini kalau di tempatku di sebut awug2 sagu..mungkin di tempat teman2 beda ya namanya. Ada yang pakai sagu panjang kayak yang aku buat ini..ada juga yang pakai sagu mutiara. Kalau aku sich suka dua2nya..dari kecil suka...^^

Kue awug2 sagu ini buatnya mudah banget tinggal campur campur bahan, bungkus daun, lalu kukus dech. Biasanya jajanan ini biasanya jadi salah satu jajanan di acara hajatan2 gitu karena memang murah meriah tapi rasanya enak. Di pasar juga kadang2 masih ada satu dua yang jual..walaupun nggak banyak ya..karena sekarang ini jajanan gini udah kurang di sukai sich.

Sagu panjang ini..bisanya di beli di pasar atau di toko bahan kue banyak ya teman2..kebanyakan dominan warna putih..dengan campuran beberapa yang berwarna..jadi ketika di masak nanti jadi agak berwarna gitu semuanya. Biar ngukusnya cepat..di rebus dulu hingga agak empuk ya teman2..sagu ini...kalau nggak ..wah bisa sejam di kukus ndak matang2...hihi.
Awug2 Sagu 

Bahan :
250 gram sagu panjang, rebus sebentar sampai agak empuk dan mengembang,dinginkan.
80 gram gula pasir ( atau sesuai selera )
Kelapa sedang ( setengah muda ) 1/2 butir, parut panjang
garam 1/2 sendok teh
vanili 1/4 sendok teh

Cara membuat :
Campur semua bahan. Ambil selembar daun pisang, beri adonan 1 - 2 sendok, bentuk tum segitiga atau sesuai selera. Kukus kurang lebih 20 menit hingga matang. Sajikan ketika sudah dingin.


21 comments :

  1. Kangeeen mbak Di.... lepi & modemku error mbak, kena virus...pasti sudah buanyak resep2 mbak Di yg blm aku intip. Maaf lahir batin ya mbak...telaaaat banget ya minta maafnya,tapi bulan syawal kan blm usai to...heheh. Itu awug2 kalo di tempatku pake sagu mutiara mbak...salah satu jajanan yg sering dibuat oleh alm.ibuku... manis gurih..enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba...wah iya..lama nggak keliatan tak kira masih mudik je..:) Sama2 ya mba..maaf lahir batin juga..:) Iya..aku kadang yang pakai sagu mutiara yang kecil2 bulat. tapi pas adanya yang panjang kmrn..enak juga lho mba..hihi.

      Delete
  2. Dulu nenekku kalo bikin pake sagu mutiara, namanya awug2 tapi kadang disebut juga "plethotan" mungkin karena bungkusnya mlethot gak kayak bungkus tum gt ya?
    Iya mb Di, ini dulu adanya di hajatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba IDa..tambah cantik ya kalau pake sagu mutiara..:)
      Hihi..memang kadang suka mlethot2 ya mba bentuknya..suka keluar2 isinya..:D

      Delete
  3. ini favoritku jg nih, awug-awug..ditempatku isinya ya kelapa muda aja. memang biasanya ada di hantaran selamatan, sayang sekarang jrang yg bikin, lebih banyak pake jasa katering yg praktis..
    ternyata mudah aja ya bikinnya...
    btw,tepung basonya blm dikirimkah...daku menunggu hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh..isinya kelapa muda thok mba Sri ?..atau tambahin ketan ?..soalnya ada juga awug2 ketan atau tepung beras..:)
      Senin besok ya mba..:)

      Delete
  4. Wahh jd pengin nihh..., klo d tempatku namanya kue kipas tp pakenya sagu yang bulat mba .. dan biasanya adanya di tempat orang hajatan - ganti, tegal -

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.,..kue kipas ya mba Ganti..oh kali bentuknya karena mirip kipas gt ya..seru..:)

      Delete
  5. Hihi, ak malah ga pernah tau ada jenis jajanan kyk gni.. Di Jakarta gada sih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada mba Ida..di Jateng biasanya...ayukk di coba ya..bs pakai sagu panjang atau sagu mutiara bulat2..:)

      Delete
  6. pertama kali tau makanan ini di bawen namanya emang awug-awug hihi...Dengernya terasa lucu gitu. Dan ini salah satu cemilan favorit juga. kalo ada nangka dikasih nangka tambah wangi ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Rina..biasa di Jateng juga lucu2 ya kasih nama makanan..kali krn bikinnya di awug awug gitu mba..alias di campur2 pakai tangan..hihi..*ngarang *
      Eh mba..maaf lahir batin juga ya mba..*telat ndak pa2 ya..*

      Delete
  7. mb di.. ini jd brpa bungkus kira2..?
    pgn buat jualan sandingan mbaa... hehe
    thx before~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..aku bikinya gede2 itu mba..jadi beberapa biji aja, ndak nyampe 10..hihi

      Delete
  8. waaah... ini jajanan yang sederhana tapi ngangenin. kalo ada arisan, justru ini yang laris daripada bolu/cake....eh Mba...tolong dong ditunjukion step by step ngelipet daun pisangnya biar rapih gitu...kalo aku sering jelek...jadi bingung deh hehehe ^emma^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..aku bias aya asal bungkus aja gt mba Emma..hihi. Coba ukuran daunnya di samain..jadi biar isi dan bentuknya ukurannya seragam..:) kpn2 kalau buat lagi tak fotoin ya..:)

      Delete
    2. Iya...gitu Mbak maksudnya....minta daun pisangnya ukurannya berapa...seringnya gak seragam...jdinya kadang kegedean atau kalo nggak malah kekecilan hehehe...Maaf Mba kalo ngerepotin...

      Delete
  9. Mba di klo bikin jajanan pasti slalu bkin ngiler...

    ReplyDelete
  10. Mbak Didi, daya tahan kue ini berap alama ya? Kalau kita buatnya malam hari, pagi masih kuat atau tidak? Terimakasih responnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih baik buatnya subuh aja mba..jadi masih bs tahan hgg sore ya..:)

      Delete