Sunday, August 24, 2014

Spicy Fried Chicken.....Ayam Krispi Pedasss...^^


Yodha nich lagi suka ikan bakar sama ayam krispi..hihi..jadi hari2 lauknya mintanya itu terus..sampai aku mblenger dech masaknya. Nah..kemaren pas terakhir buat ayam krispi..biar aku nggak bosan makannya aku buat aja versi pedas sebagian..sekalian nge tes sample bubuk cabe dari supllier..hihi..* nambah produk jualan lagi...* Iya nich ada bumbu2 dapur juga lho teman2..nanti wis..kalau udah jadi warung onlineku..di tambah dikit2 dech produk jualannya. Bahan2 kue yang susah di cari juga nanti ada ya..buat bantu teman2 ya biasanya susah cari bahan2 kue tertentu.

Ayam kripsi pedas ini sich resepnya masih mirip2 sama resep ayam krispi yang udah sering ku posting ya..bedanya bumbu lapisannya itu di buat pedas aja. Bisa pakai cabai bubuk..atau lada hitam bubuk juga enak. Memang warnnaya terkesan kotor dan butek gitu ya lapisan tepungnya..tapi ndak pa2 itu karena adanya campuran bubuk cabenya teman2. Buat yang suka pedas..cobain dech.,.enak. Tingkat kepedasan bisa sesuai selera ya..dan juga tergantung cabai bubuk yang di pakai. Kalau cabe bubuk yang aku pakai ini fresh sich asli dari  cabe yang di keringkan terus di giling gitu ..satu produsen sama yang bikin cabe flake kemaren tuch lho teman2..jadinya ya puedes..padahal aku cuma pakai 2 sendok makan..hihi. Kalau mau pedesnya sedang2 aja..pakai 1 sendok makan udah cukup dech untuk campuran tepung bumbu.

Hemm..jadi punya ide juga nich buat bikin tepung ayam kripi..hihihi..*mulai dech..mikir jadi produk jualan lain..hihihi* Iya sich..suppliernya ndak masalah..dulu katanya pernah buat juga tepung ayam krispi..cuma kalau produksi tepung berbumbu dalam kapasitas banyak masih perlu mesin mixing yang cukup besar..hemm nunggu pak *Boss mau berinvestasi nich kalau gitu..hihi. Jadi semantara..mari kita bikin sendiri dulu ya adonan tepung berbumbunya teman2..ndak perlu mesin mixing kok..cukup di ayak saja pakai saringan..sekali pakai..hihi..Yukk mari selamat mencoba ya..jika suka..^^
Ayam Goreng Krispi Pedas

Bahan :
1/2 kg ayam, aku selalu pakai sayap kalau buat ayam krispi , karena selain lebih mudah matang, juga lebih gurih. Rendam ayam di campuran bumbu berikut selama 15 menit ya :
Air 100 ml
Garam 1 sendok teh
Jahe 2 cm, geprek aja..nggak perlu di haluskan
1 siung bawang putih, haluskan

Bahan tepung bumbu pedas, aduk rata dan ayak :
Tepung terigu protein rendah 300 gram
Tepung maizena / tepung kentang starch / pati 3 sendok makan
1 sendok teh baking powder
Bubuk cabe halus 2 sendok makan ( sesuai selera pedasnya )
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Bawang putih bubuk 1 sendok teh
Kaldu ayam bubuk 1 sendok teh  ( optional )
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Tiriskan ayam dari larutan bumbu.
Ambil 60 gram campuran tepung bumbu, aduk dengan 100 ml air , aduk rata. 
Celupkan ayam ke larutan tepung basah, kemudian gulingkan ke lapisan tepung  bumbu kering, sambil di cubit2 dan di angkat2 dengan kedua tangan hingga keriting. Ketok ketok agar sisa2 tepung berjatuhan. Goreng di minyak banyak yang sudah di panaskan...dengan api sedang saja agar matang sempurna sampai bagian dalam. Sajikan hangat.
Tips : Cara membuat tepung bumbu, siapkan bahan2 kering , lalu ayak dengan saringan saja..sudah jadi dech tepung bumbu homamade yang bisa di sesuaikan selera rasanya teman2..karena kalau beli tepung bumbu kemasan itu kan kadang terlalu asin ya. Dan yang jelas lebih murah kan..kalau bikin tepung bumbu sendiri..^^

Bumbu2 yang aku pakai untuk tepung bumbu ini..cabai bubuk dan bawang putih halus pakai produk jualanku. Semuanya dari bahan2 segar dan berkualitas..jadi ya asli terasa dech cabai dan bawangnya...* promo maning..hihi*




16 comments :

  1. Aduuh mba, enaaak banget itu ayamnya, g perlu nyocol saus sambal lagi sudah berasa pedasnya. Aku mau pesan dong mba. Tapi ntar aja sekalian kalau tepung talasnya sudah ada. aku mau bubuk cabainya ya mba :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..boleh..iya nich tepung talsnya belum ready..:)

      Delete
  2. Mbak Diah, adakah cara khusus untuk menyimpan bubuk bawang putih? setiap kali saya simpan selalu mengeras seperti batu.. padahal sudah ditutup rapat..
    terimakasih Mbak..

    ika - Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kalau ndak rapat kadang2 bs menggumpal ya bawang putih..tapi punyaku ndak ngummpal ini mba..hihi

      Delete
  3. Mba kalo mau order bubuk cabek dkk nya gmna ya mba? mkasih

    salam Lia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email di bundadidi@gmail.com aja ya mba..biar lebih detail..:)

      Delete
  4. Mbak Diah, bubuk cabenya bisa buat nasi goreng? Spy gak perlu ulek2 lombok merah. Kemasan terkecil 200g ya (kalau lihat gambar)? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba..buat masakan lain juga bisa....iya praktis..ndak perlu ngulek2..asli cabe aja kok mba yang di bubuk..gt..:)

      Delete
    2. Sayangnya kemasan 200g agak kebanyakan buat kami. He..he.... Anak2 belum bisa makan pedas.
      Sisca - Surabaya

      Delete
  5. waah makin byk varian jualan mba diah, dpt ide lagi buat ngabisin tepung kentang starch :D, mba bubuk bawang putih n bubuk cabe nya brapa hrgnya?

    ReplyDelete
  6. Klo gada bawang putih bubuk, gnt pakw bawput halus brp siung mb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 sendok teh bawang putih bubuk itu kira2 1 siung bawang segar uk besar mba :)

      Delete
  7. Hallo mba diah, salam kenal ya......

    Mau banget dong pricelist tepung2 dan bumbu jualannya...
    Contact kemana ya mba?

    Terimakasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aja di bundadidi@gmail.com ya mba..listnya banyak soalnya..atau inbox di fb ku nanti tersambung ke messenger..:)

      Delete