Saturday, August 30, 2014

Ca Bakso Ikan


Masih membahas soal bakso2 an ya teman2. Kan kemaren aku cerita soal bakso daging..sekarang ganti bakso ikan. Nah..kalau bikin bakso ikan ini relatif lebih mudah..karena tanpa pengenyal pun udah bisa kenyal gitu. Kunci utamnya kalau bikin bakso ikan adalah proses pengilingan dagingnya musti harus sampai benar2 halus..jika cuma di cincang saja..akan terasa amis sekali nanti  baksonya. Kalau di giling halus pakai food procesosr dengan bumbu2 dan bahan lain, maka tidak akan amis..yang ada rasa gurih yang muncul dan aroma khas ikannya. Jika tidak punya fp..tenang..bisa pakai mixer kok..kan adonan ikan ini cukup lembut ya..jadi mudah ketika di mixer jadi pasta ikan yang lembut juga. 

Pilih ikan tenggiri juga yang masih bagus ya teman2..kalau bisa yang masih kenyal dan keras ketika di sentuh badan ikannya. Kalau udah lembek gitu biasanya akan terasa amis kalau di buat bakso. Jika mau dan suka bisa di ganti ikan kakap juga..jadi dech bakso ikan kakap..cuma kalau aku kurang suka..karena agak amis  juga ya..kalau kakap..tapi ya sesuai selera aja dech ikannya ya..^^

Kemaren aku buat bakso ikan tuch..udah bisa kenyal walaupun tanpa pengenyal. teurs lanjut jadi Ca bakso ikan dech, di tambah sawi kecil itu namanya cuciwis..bener kan ya..hihi. enak dech klop bingits.  Ini di resepnya ya teman2..^^
Ca Bakso Ikan

Bahan :
10 buah bakso ikan / bakso lain juga boleh
3 ikat sawi cuciwis / sawi sendok / sawi lain atau sayuran lain juga boleh sesuai selera
1 buah bawang bombay ukuran sedang
2 siung bawang putih, geprek saja
2 cm jahe, geprek
1 sachet saus tiram kecil 
Gula pasir 1/4 sendok teh
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Garam secukupnya jika masih kurang asin, tapi cicipi dulu ya karena saus tiram itu biasanya udah agak asin.
Air 200 ml
1 sendok teh tapioka / maizena yang di larutkan dengan sedikit air untuk pengental

Cara membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe hingga harum, masukkan bakso, air dan bumbu2 lain. Tunggu hingga mendidih, masukkan sawi cuciwis. Aduk hingga layu.Terakhir masukkan larutan tapioka..aduk rata hingga mengental. Koreksi rasa. Jika udah pas..matikan api. Sajikan hangat ..^^
Resep Bakso Ikan

Bahan :
175 gram fillet ikan tenggiri, cincang halus
1 butir putih telur ukuran kecil
25 ml air es
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 - 1 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica

Cara membuat :
Giling ikan di food processor bersama air es, putih telur, dan semua bumbu lain hingga jadi adonan pasta ikan yang halus dan lembut. ( Jika tidak ada fp bisa pakai mixer ).
Masukkan tepung bakso, giling sebentar saja hingga rata. Koreksi rasa..ambil sedikit adonan..goreng , lalu cicipi udah pas belum gurihnya. Jika udah pas..bentuk bulat2, masukkan ke air hangat, lakukan hingga adonan habis. Jika udah masuk semua ke air hangat, rebus dengan api sedang hingga bakso mengapung.
Bakso ikan siap di olah sesuai selera.

11 comments :

  1. Cuciwis itu pokcoy bkn mba?
    Bakso nya mulus skl...
    oh ya, untk 1 resep bakso diatas bs jd brp butir bakso ya mba? Thanks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kira2 20 an bakso lebih itu mba..kalau kecil2..:)

      Delete
  2. enaknya rek, baksonya bikin laper

    ReplyDelete
  3. kalo di tempatku itu sawi daging/ sawi sendok/ pokcoy mbak Diah... bukan cuciwis.. cuciwis beda lagi.. hehe.. mgkn beda daerah beda penyebutan ya..

    ika-Malang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya mba..bener..sawi sendok juga sebutan di sini.....lupa ingatan..lol..aku jrg masak ini sich..krn yg doyan cm aku..hihi

      Delete
  4. cuciwis kayanya jarang aku dapatkan di penual sayur disini mbak

    ReplyDelete
  5. Dihaluskan pake blender bisa juga kan mba?

    ReplyDelete