Monday, September 1, 2014

Sambal Cibiuk Khas Garut


Akhirnya bisa posting..setelah internet nyala lagi..tadi tuch seharian nggak bisa buka internet..email dll..lewat pc..cuma lewat tab aja..jadi maaf buat teman2 jika terlambat ya..daku balas email atau inbox di fb..dll.  Walaupun ada gadget lain juga kok mantep aja gitu kalau nulis..nerangin sesuatu dan ngetik di komp..hihi. Soalnya terbiasa kerja cepat. Kalau di komputer itu berasa bisa kerja sana sini..buka ini ini itu dalam waktu barengan gitu. Tapi kalau internet lagi lemot..yang akhirnya pegel..akhirnya wis..tutup komputer seharian..hihi. Setelah di top up pulsa nich..baru lancar..padahal harusnya masih lama lho jatahnya..hihi..dasar ya..sekarang nich mana ada yang bener2 sesuai janjinya..para penyedia jasa internet di negara kita tercinta ini...hihi.

Yo wis..yukk mari bahas masakan aja ya teman2..ndak usah bahas pulsa internet..hihi. Ini menu maksi tadi sich sebenernya..gara2 masih punya tomat ijo...cabe hijau rawit..dll yang hijo hijo..aku kok jadi teringat samabal yang pernah aku makan di salah satu resto gitu..yaitu sambel cibiuk. Akhirnya pas belanja di budhe sayur..ada ikan asin ..pas dech. Pedes dan seger dech sambelnya..karena semuanya mentah. Dulu aku ragu2 kalau makan sambel mentah gini tak kira aneh..tapi setelah sering coba2 di resto gitu..malah jadi suka dech sambal2 mentah..kayak sambel matah..sambel dabu2..dan sambel cibiuk ini. Yang penting rasanya pedes dan seger aroma khas kemangi gitu bikin berselera makan dech. Apalagi lauknya ikan asin..hihi..menu sederhana yang enak dan ngabisin nasi dech..hihi. Walau yang doyan kalau masakan gini di rumah ya cuma aku..makanya buat maksi aja sendiri..hihi. Buat Yodha dan papinya ya masak beda lagi.

Oh ya..sambel cibiuk ini adalah sambal khas daerah Cibiuk Garut ya teman2..yang sekarang ini udah nge top jadi sambal andalan di banyak resto ya teman2. Dulu konon katanya sambal ini adalah sambal khas peninggalan salah satu tokoh agama di daerah Cibiuk Garut. dan di hidangkan ketika ada tamu2 penting. Tapi ndak perlu ke Garut kok kalau mau makan sambal Cibiuk ini teman2..bahan2nya mudah di temui di dapur kita kok..yukk di coba ya..^^
Resep Sambal Cibiuk

Bahan
10 buah cabai rawit hijau
2 buah tomat hijau
1 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sdt terasi matang
1 cm kencur
1/2 sdt garam ( sesuai selera )
1/2 sdt gula pasir ( sesuai selera )
1 genggam kemangi, ambil daunnya

Cara membuat :
Ulek kasar semua bahan kecuali kemangi dan tomat hijau.
Masukkan tomat hijau, agak di bejek sedikit. Koreksi rasa.
Masukkan kemangi, aduk rata.
Sajikan dengan nasi anget ngepul sama lauk sesuai selera..kalau aku pakai ikan asin saja itu..hihi.




17 comments :

  1. wuuuu mak nyos ni mbak sambal gini nih yang emang bikin nasi habis... tp blm pernah ku makan sambal yg mentahan bahannya mbak. apa ga sakit perut nanti mbak. kan cabenya mentah yg mateng cuma terasi doang.... agak sangsi sih takut mules, pas makan sih pasti enak BGT.
    _marni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..aku dulu juga takut..tapi sekarang wis kebal..hihihi..ndak masalah mba.klu aku..:D

      Delete
  2. Duh enak bgt tuh mba,apalagi ditambah ikan gabus asin,sayur asem sama kerupuk ,,maknyusss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..itu ikan gabus asin ada..:)..

      Delete
  3. Mbak Diah... kangen berkunjung ke dapurnya. Lama banget enggak ngintip.
    Mama saya asli Garut, walau besar di Bandung.

    Walaupun saya belum pernah ke Cibiuk, sambal ini memang terkenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya Mak Devy,..miss u..wah bener terkenal ya mba berarti ini sambel..:)

      Delete
  4. Woalah mbak Di...ini sambel bikin laperrrr. Wis pokoke diet bubar deh. Simple tapi nglawuhi. Bakalan nambah dan nambah nasi terus...ampun deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba...diet jadi lupaaaaa..hihi

      Delete
  5. Lama gak sowan n ninggalin jejak dimari. Hehe.. Wah, bisa dijadikan menu nanti sore nie mbk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba...pa kabar...iya met coba ya..:)

      Delete
  6. Salam kenal, mbak Diah. Aku wong Semarang yang tinggal di Bogor. Sudah tak cobain tadi sambelnya buat maksi, tak makan sama ikan kembung goreng. Jan whuennak tenaan..
    Liza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik..udah di cobain..sippppp mba...salam kenal juga aku wongYogya..tggl di Semarang mba...:)

      Delete
  7. agak Exstrim tapi enak kayaknya..main ke blog aku ya mba'...

    ReplyDelete
  8. agak Exstrim tapi enak kayaknya..main ke blog aku ya mba'...

    ReplyDelete