Friday, May 8, 2015

Lauk Serba Kriuk..Serba Crispy..^^


Cemilan atau lauk yang kriuk gurih...pastinya di sukai banyak orang ya teman-teman. Itulah mengapa..tepung crispy..adalah salah satu tepung best seller jualanku yang tiap hari selalu laku. Dulu sempat  rada pesimis juga dengan tepung crispy ini..secara kan di pasaran banyak sekali bertebaran aneka tepung bumbu crispy dengan berbagai merk ya..teman-teman. Tapi alhamdulilah..banyak teman yang memberikan testimoni positif setelah mencobanya..jadilah aku sekarang justru sangat pede menawarkannya ke teman-teman yang membutuhkan tepung bumbu homamade yang bisa kriuk..renyah..tanpa pengawet..dan nggak terlalu asin atau over gurihnya. Bahkan teman-teman bisa pilih sendiri juga..mau yang gurih atau yang tawar berbumbu garam dan rempah saja..juga ada. Kelebihan lain tepung crispy yang aku jual ini..ya selalu re stock maks 3 hari sekali..jadi tepung di mix baru terus. Kelebihan lainnya lagi..rempahnya beneran asli..pakai bawang putih bubuk yang harum dan berkualitas, yang biasa aku jual juga bubuk bawangnya. Pakai merica bubuk juga beneran merica bubuk tuch yang bermerk. Tepungnya juga dari tepung terigu kemasan yang bermerk juga..bukan terigu curah karungan gitu. 

Jadilah tepung crispy ini salah satu andalan jualanku. Banyak teman bertanya...apa beda tepung crispy dan tepung kremes yang juga ku jual. Jelas sangat berbeda..kalau tepung kremes..itu terbuat dari tepung tapioka, tepung beras dan bumbu-bumbu rempah..yang cara pemakaiannya dengan cara di tambahkan air, dan jadikan adonan encer, kemudian di goreng hingga bersarang. Biasa untuk membuat kremesan ayam,..kremeasn udang, lele, bandeng dll..bahkan sosis pun enak di buat kremesan. Sedang tepung crispy adalah tepung bumbu mix dengan bahan utama terigu dan bumbu rempah, yang biasa di pakai sebagai tepung lapisan luar untuk ayam goreng krispi, tempe krispi..jamur krispi....dll. Banyak teman yang mengira tepung crispy hanya enak untuk membuat ayam goreng crispy. Padahal jika mau kreatif..kita bisa buat steak ayam crispy, STEAK DAGING CRISPY, JAMUR CRISPY, bayam crispy, seafood crispy dll. Sudah banyak resep yang ku posting yang menggunakan tepung crispy ini ya teman-teman di web ku ini. Silahkan search aja di pojok kanan atas, olahan tepung crispy..gitu. Atau resep yang paling most wanted..ya steak crispy dan jamur crispy..di klik aja tulisan steak dan jamur crispy yang ku tulis huruf besar itu ya..nanti akan menuju ke link resepnya.

Nah..biar nambah variasi olahan tepung crispynya berikut aku kasih contoh dan tips cara mengolah tepung crispy yang lebih bervariasi ya teman-teman..semoga bermanfaat ya. Yang mau nyetok tepung crispy buat masak puasa nanti..ayuk..segera di order ya..hihi. Jadi jika kepepet bangun kesiangan di saat saur..masih tetep bisa buat lauk saur yang enak..apalagi buat anak-anak teman-teman..pasti semangat dech nanti saur..pakai lauk yang kriuk-kriuk gurih. Jangan lupa masakin sayur juga ya..pastinya..biar anak-anak jadi sehat dan kuat  berpuasa.

Okey..ini dia beberapa tips memakai tepung crispy yang aku jual ya teman-teman..^^

  • Pertama..siapkan bahan-bahan yang mau di goreng krispi..misal aku sekarang ini buat 3 macam ya..ada cumi krispi, usus krispi dan kulit ayam krispi.
  • Bersihkan dulu bahan-bahan dengan air mengalir hingga bersih, jika perlu untuk menghilangkan aroma amis, sewaktu mencuci bahan bisa di lumuri air jeruk nipis, lalu di bilas lagi hingga bersih ya.
  • Jika memakai bahan yang aroma tajam seperti usus, bisa di blansir dulu di air mendidih selama 5 menit, lalu bersihkan kembali agar usus benar-benar bersih dan nggak ada aroma amis
  • Jika suka lebih gurih, bisa di beri tambahan bumbu untuk bahannya, seperti garam, bawang putih, bisa pakai bawang putih segar yang di haluskan atau bawang putih bubuk dan merica bubuk sedikit, Rendam sekitar 5 - 10 menit. Tiriskan, dan lap kering dengan serbet bersih, agar nggak basah ketika di lapis adonan tepung pelapis
  • Siapkan sebagian tepung crispy, beri air secukupnya, hingga jadi adonan basah agak kental untuk  adonan pencelup. Tujuannya..agar tepung lapisannya nanti bisa tebal dan keriting cantik. Jadi adonan basah ini berfungsi sebagai pengikat tepung keringnya.
  • Jangan di lapisi dulu bahan yang mau di goreng dengan tepung, sebelum minyak panas. Jika minyak sudah panas, segera celup bahan ke adonan basah, lalu gulingkan ke tepung crispy kering , baluri bahan dengan tepung crispy hingga rata dan sambil di cubit-cubit agar hasilnya kerting.
  • Lalu tinggal cemplungin dech ke minyak yang sudah di panaskan
  • Jika udah terlihat mengembang, kecilkan sedikit nyala apinya, lalu goreng hingga kering dan renyah
  • Siap di santappp..sajikan dengan saus sesuai selera
Selamat mencoba ya..teman-teman..semoga bermanfaat sedikit tips mengolah aneka lauk crispy.




5 comments :

  1. Hargany berapa mba tepung krispynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inbox aku ya mba..di bundadidi@gmail.com..Tq

      Delete
  2. Aduuuuh, jdi pingin bayam crispy buatan tante diah didi. . . :D

    ReplyDelete
  3. Bayam crispy blm pernah coba, besok coba ah...thx mb didi idenya

    ReplyDelete
  4. Singkong keju dikasi tepung krispy bs mbak didi?

    ReplyDelete