Tuesday, December 18, 2012

Yukk bikin Bakpia Pathuk khas Yogya sendiri.......



Tiba2 pengen makan  bakpia pathuk kemaren..ya udah buat aja..toh gak susah..sudah punya resep yang pas pula. Resep kulit masih sama kayak resep kulit bakpia telo ku yang pernah ku posting sebelumnya, Cuma kali ini pakai isian kumbu kacang hijau, jadi otentik rasa bakpia pathuknya. Aku sudah sreg dengan resep hasil coba2 ku ini..kulitnya otentik..lembut dan tidak ngeprul..udah sama kayak bakpia pathuk asli Yogya sana..yang mau coba..silahkan..ini ku tulis ulang resepnya ya..selamat mencoba..jadi nggak musti jauh2 ke Yogya kalau mau makan bakpia..bikin sendiri aja..lebih enak..karena bisa sesuai selera isinya..^^

Tapi bakpia ku kali ini sedikit kelamaan tadi manggangnya , karena ngoven sambil  ngerjain hal lain, jadi pas mateng hasilnya agak krispi kulitnya..tapi tidak masalah, jika terjadi seperti itu pas membuat bakpia , dan ingin hasil kulitnya tetep lembut, ada triknya..pas bakpia masih panas..segera masukkan ke wadah yang ada tutupnya, lalu tutup rapat..otomatis kulit bakpia akan melembut dengan sendirinya..seperti aslinya..atau diamkan sehari semalem di suhu ruang..esok hari kulit bakpia sudah lembut dan tidak krispi lagi.



Bakpia Pathuk

Bahan2 kulit lapisan pertama :

• Tepung terigu protein sedang 125 gram
• Tepung terigu protein tinggi 65 gram
• Gula pasir 2 sendok makan
• Garam 1/2 sendok teh
• Air kurang lebih 100 ml
• Minyak sayur 200 ml ( kurang lebih 50 ml untuk adonan, sisanya untuk merendam )
Bahan lapisan kulit kedua :

• Tepung terigu protein sedang 65 gram
• Minyak sayur 25 ml
• Margarin 1/2 sendok makan
 

 Cara membuat  :

1. Bahan lapisan ke 2 : campur semua bahan, aduk rata dan sisihkan.
2. Bahan kulit lapisan pertama : Panaskan air, masukkan gula. Aduk hingga rata dan gula larut.   Campur terigu dan garam. Tuangi air larutan gula lalu uleni hingga rata.
3. Tuang minyak sayur , kira2 aja 50 ml, jika sudah kalis..tidak usah di habiskan minyaknya,  uleni hingga adonan kalis.
4. Ambil adonan seberat kurang lebih 5 gram. Tipiskan adonan, ambil sedikit adonan lapisan kedua. Ratakan pada permukaan adonan secara merata.
5. Lipat seperti amplop lalu satukan ujung-ujungnya ( bulatkan ).
6. Masukkan bulatan adonan dalam sisa minyak, diamkan selama 15 menit. (jangan kelebihan ya waktunya..nanti hasil kulitnya jadi terlalu renyah kalau kelamaan di rendam )
7. Pipihkan adonan sampai agak tipis, isi dengan adonan isi. Betuk bulat pipih, panggang sampai matang, kurang lebih 15 menit , balik, panggang lagi sebentar sampai matang semua sisinya.



Bahan dan cara membuat isi kumbu kacang hijau :

Bahan Isi:
250 gram kacang hijau kupas, direndam 1 jam
200 gram gula pasir  ( atau sesuai selera ,kalau aku suka yang tidak terlalu manis )
1/8 sendok teh garam
50 ml santan dari 1/4 butir kelapa, daun  pandan 2 lembar
Cara Membuat :
Kukus kacang hijau 30 menit lalu haluskan. Tambahkan gula, garam, dan santan, dan daun pandan. Masak sambil diaduk hingga kering. Angkat dan dinginkan.





67 comments :

  1. Uwaaa, liat resepnya gampang Mak, prakteknya itu :D Mudah2an berhasil kalau praktek nanti. Btw karena jarang banget masak :( saya gak tau kalo emang udah ada kacang ijo kupas, saya pikir harus dikupas sendiri satu2, halaghhh :D Makasih resepnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang kok Mba Helda..cuma butuh sedkit telaten..^_^..banyak kok..kacang hijau kupas di Supermarket..lha..kalau ngupas sendiri kapan kelarnya ya Mak..hihi..bisa2 seharian nanti ngupas kulit kacang hijau doang..udah capek..nggak jadi dech bikin bakpianya ^_^,..tapi kalau emang nggak ada di t4 Mak..bisa pakai kacang hijau kulitan ya enak juga Mak..berasa bakpia pasar yang murah meriah itu lhomalah..tapi tetep enak ..krn bikin sdr..^_^

      Delete
  2. mba,nuangin air gula tunggu dingin apa ndak? pengin nyoba nih. Btw oseng merconnya aku dah coba lho, resepmu mak nyus. Makasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu dingin dulu Mba Ety ya..kalau langsung tuang..pas masih panas...nanti adonannya jadi mateng dan bantat kulit bakpianya..^^..Sipp2 Mba..uenak ya..kalau suka pedas oseng2 mercon emang..^^..met coba ya bakpianya Mba..

      Delete
    2. Sudah coba Mba Diah, tp renyah, hehehe kelamaan ngrendam, tp rasanya enak.

      Delete
    3. Iya Mak Ety..kalau kelamaan rendamnya jadi renyah..coba kalau masih panas di taruh di tupperware..lalu tutup rapat2..diamkan seharian nanti dia akan melempem dan melembek sendiri kulitnya..jadi lembut kayak bakpia pathuk..^^

      Delete
  3. mba mau tanya, aku dsini ga ada tepung yg spesifik protein rendah or tinggi,yg byk all purpose flour and self raising flour, pgn bgt nyoba tp binggung sm tepungnya.bs pake all purpose flour smua?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sana kalau bikin untuk roti rotian...pakai tepung jenis apa Mba Ninuk?..Nah..yang protein tinggi bisa di ganti pakai tepung yang buat roti itu?..Kalau all pupose flour..kandungan proteinnya berapa Mba?..Coba cek di kemasannya...Jadi bisa tau itu jenis protein rendah..sedang atau tinggi?

      Delete
  4. Mba, mau tanya.. kalau adonan kulitnya di buat semisal hari ini, tapi di pakai untuk esok harinya baru di isi dan di panggang boleh tidak? Akan ada perubahan tekstur kulit tidak yah? Satu lagi, saya ingin buat rasa keju, kalau isian saya masak seperti resep mba tapi santan saya ganti dengan susu full cream bagaimana mba? Dan setelah di dinginkan nanti baru di tambahkan keju parut dan susu bubuk apa benar resep isian saya ini yah, takutnya nanti malah isiannya yang keras.. hehe.. maaf banyak tanya yah mba, maklum baru belajar.. makasih yah mba.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak bisa Mba..nanti jadi kering kulitnya.
      Iya..bisa juga isian kejunya di bikin kayak gitu..:)...Selamat berkreasi ya..:)

      Delete
  5. Udah aku coba mba, bikin langsung 1hari.. rasanya enaakk sekali, seperti bakpia pathuk asli jogja.. makasih yah mba, resepnya membantu sekali.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..syukurlah jika suka..lumayan bisa jadi obat kangen bakpia Yogya ya Mba..:)

      Delete
  6. mba waktu nuang air larutan gulanya dlm keadaan pana apa nunggu dingin dulu mba?

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Mbak Diah, namaku Ira. makasih banyak resep bakpia pathuknya... walaupun blm sempurna, buat yg baru pertama Kali bikin bakpia, lumayan lah.... ;-) makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ira..sama2 ya..semangat ya...nanti kalau coba lagi.pasti lebih baik..:)

      Delete
  8. Mbak, panggangnya dgn suhu brapa ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suhu sedang aja Mba..standart 170 - 180 C aja..:)

      Delete
    2. Maturnuwun Mbak

      Delete
  9. Pengen nyoba bikin mbak diah tapi di rmh adanya di rmh tepung protein tinggi aja kalo kalo dr tepung itu sja bisa jd ga ya mbak thanks^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy belum pernah coba Mba.kalau pakai tepung protein tgg aja..tapi sebaiknya di campur supaya hasilnya lembut.

      Delete
  10. Oh gitu ya mbak baiklah terima kasih advicenya ya mbak diah....pengen nyoba tp males keluar beli tepung he..he... tp stlh diksh saran jd semangat mo bikin dg sesuai bhn2 diatas^_*

    ReplyDelete
  11. Mbak saya dah bikin enak banget tapi bentuknya kok ga bisa cantik kayak punya mbak diah yak... bagian bawahnya tebal karena lipatannya numpuk dibawah....tapi meskipun begitu rasanya makyussssa thanks ya mbak diah.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba..sama2..syukurlah jika berhasil ya..:)

      Delete
  12. Salam kenal Mbak Diah.Nama saya Dias (agak mirip ya namanya hihi..).Baru "kenal" sama blog mbak kemarin gara2 browsing resep bakpia dan langsung jatuh cinta.. hehe.Bagus & bermanfaat banget isi blognya.
    Mau tanya soal bakpia ini mbak.
    - Kalau pakai oven listrik yg 18 L utk manggang bakpia ini,lebih baik pakai api bawah saja; atau api atas-bawah langsung dr awal; atau api bawah dulu di awal,baru pindah api atas?
    - Kalau santannya pakai santan instan, mis:Kara, akan mengubah cita rasa ga mbak?
    - Biasanya bakpia resep ini tahan berapa lama mbak? Dan kira2 jadinya berapa banyak?
    Terima kasih sebelumnya ya mbak. Maaf pertanyaannya borongan.Mudah2an berkenan :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa fleksibel aja Mba..ngovennya..aku pakai oven besar juga..kadang tak taruh tengah aja,..di oven atas bawah nggak masalah..:)..tapi kalau mau cepat matang ya coba dgn cara mba kayak gt..:)
      Santan instan yang rasanya alami : Bumas..kalau kara..neg..menurutku..:)
      Kalau jadi berapa byk..nggak pernah ngitung aku Mba..kalu bikin kue..hihi..di coba aja ya..tahannya..tergantung isinya..kalau sampai kering bgt ya tahan lama..tapi kalau isiannya nggak kering banget,..mudah basi dalam beberapa hari,.

      Delete
  13. Mbak, salam kenal. Saya tika di makassar, saya sudah coba resepnya. Enakk.. Cuma saya kok kesusahan buletin adonan kulit habis dikasi lapisan y mbak, sama buletin setelah dikasi isian, susahh.. Jadinya setelah dipanggang tekstur bakpianya yg bawah jd keras, g kaya atasnya. G bs mulus kaya kalo beli itu mbak. Bs minta tipsnya mbak biar mulus kaya pnya mbak. Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Tika..salam kenal juga..di puntir Mba..adonan sisa bagian bawahnya di buang..:)

      Delete
  14. Mbak Diah,
    aku coba yg bakpia pathuk juga, kan minyak utk ngrendem 150 ml, kok ga bs menyerap, malah wkt giles lbh berminyak gitu ya
    hslnya msh melendung atas tp overall enak, makasih resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang berminyak pas awal..nanti lama2 terserap sendiri di kulitnya mba..:)

      Delete
  15. O iya Mbak, ada lagi isian kacang hijaunya kok meleber keluar, pdhl ga keenceran, sdh bs dibentuk, apa msh krg kering ya isiannya ? kl utk kulit bawah dipuntir dibuang ato bisa dibuat kulit lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kurang kenceng berarti Mba nya membungkusnya..:)..di buang aja..sisanya duah nggak berlapis2 lagi hasilnya jika di pakai lagi.

      Delete
  16. Salam kenal Mbak Diah. Aduh..pasti keluarga senang kalo ibuknya pinter masak2 begini. Pengen nyobain resep bakpianya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Ina..mksh..salam kenal juga ya..met coba..:)

      Delete
  17. Mba di..itu digilingnya pake gilingan buat buat bikin kripik itu kan? Digilingnya d nomor brp mba? Trus santannya 50 ml g kedikitan y mba?
    Aida

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai rolling pin aja mba Aida..gilingan manual itu lho..kan satu2 aja nggilingnya. Santan..boleh di tambah jika suka..aku kadang malah nggak pake Mba..hihi..jadi lebih tahan lama isinya..sesuai selera saja ya..:)

      Delete
    2. Ooo gitu..kemaren saya udh bikin mba..tapi pake kacang ijo yg masih Ada kulitnya..kata suami enak. Thanks buat resepnya mba..kira2 tahan brp lama y?

      Delete
    3. Aku belum pernah uji coba sampai tahan berapa lama Mba..kalau bikin ya dua hari habis sich biasanya..kenapa nggak uji coba aja kalau udah buat dan masih ada sisa..simpan satu..di suhu ruang di toples gt..ebrap alam masih enak ndak..:)..soalnya tergnatung juga...bikin isiannya sampai benar2 kalis atau kering nggak..terus ngovennya sampai kering atau masih basah..kan pengaruh ke daya simpan Mba..:)

      Delete
  18. mbak diah selamat pagiii...laporan mbak :D...lama ndak laporan...hehehe...alhamdulillah kemarin aku dah bikin ini mbak...enakkk...tapi pas giling adonan dan nambah lapisan gilingnya tak lebarin baru tak potong2...jd ndak tak timbang mbak...soalnya aku ndak telaten...hehehe...kira2 pengaruhnya apa y mbak?? tapi secara keseluruhan enakkk mbak...makasih mbak diah ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Lupna..wah..sipp Mba..nemu cara praktis ya bikin bakpianya. Boleh kok Mba di tipiskan semua adonan gt. Nggak ngaruh..cuma kalu satuan lebih cepat dan praktis saja nggilasnya..:)

      Delete
  19. Salam kenal mbak, aku suka deh dengan blog mbak ini, resepnya kalau di praktekan hasilnya enak semua, mbak sorry aku sering copy paste resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba...salam kenal juga..iya mba..silahkan di coba ya resep2nya..semoga bermanfaat..:)

      Delete
  20. Mbk diah mau tny,minyak sayur itu apa sama kayak minyak goreng biasa?
    Makasih n salam kenal dr kiki di surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya KIki..itu minyak goreng biasa..:)

      Delete
  21. hallo mbak Didi..:) mbak aku dah nyobain ini resep. rasa nya enak..kulitnya pas spt asli nya. yg mau saya tanyain..minyak rendaman kulit bakpia kan msh bagus yaa, klo dibuat ngerendem bakpia lagi besok nya bisa nggak? mau bikin lagi gtu tapi dah keburu malem hehehe..belom puas sama bentuk kulitnya. terimakasih yaa mbak resepnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mba Dyah..aku malah suka ku buat goreng biasa aja sisanya..yang penting ambil adonannya pakai cepitan itu kan..tetep steril minyaknya..:)

      Delete
    2. okey mbak Didi..makasih jawaban nya :)

      Delete
  22. Aku ga lihat nih tuang airnya tunggu dingin.... Tapi rasa nya enak and... Nge bentuk Nya ga bisa sebagus mba didi ...hiks Rina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Rina..sering berlatih buat ..nanti pasti akan semakin bagus hasilnya Mba..:)

      Delete
    2. Malem mbak,lg ga bs tdr jg browsing resep bakpia.Msh punya umbu kacang ijo sisa bakpao.Tp aq msh bingung step by step kulit 1 dan 2 mksdnya gmn mbak? kulit 1 digiling,trs kulit 2 digiling diatasnya gt ya? ditumpuk? trs dibulatkan lg?

      Delete
  23. Halo mbak, piye kbre?aku udah nyoba resep mbak yg bakpia renyah isu coklat....wenak tenan:-).....cuma pas nyoba yg bakpia pathuk kok nggak gitu sukses yo....kulitnya jdnya keras. Apa krn bhn lapisan kulit ke2 ngasihnya kebanyakan ya, aku kasih 1sdt ....trus adonannya jg nggak gumpal spt lapisan 1....jd rada buyar gitu....trimakssih banyak mbsk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik Mba..:) coba di giling mba..pakai rolling pin kan nanti nempel ke adonan 1..:)

      Delete
  24. ta coba lagi wes, trus ngasih nya lapisan kulit ke dua itu takerannya seberapa banyak ya[ soale kan nggak bisa di bulat-2in]? biar semua sama rata gitu. Natur nuwun mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. :-) upps salah ...mbak, hehe...ternyata yg pathuk - semua bahan kulit 1 n 2 jdnya ok bisa dibulet-2in...sorry ketuker dgn pia renyah [kan yg bhn 2 memang rada mrupul].....sorry....

      terus kalo gitu kenapa jdnya keras ya setelah dipanggang ya....kira-2 menurut mbak salahnya dimana ya? natur nuwun meneh hehe

      Delete
  25. Hlo mbak Diah, mo tolong tanya kalo minyak untuk ngrendam bulatannya kurang (nggak kerendam semua bgn) boleh nggak ya ditambahin? Thankyou

    ReplyDelete
  26. makasih mbah diah resepnya. sys sdh praktekkan kemarin, kt suami dan anak2 sy ueennak. :) jd gak perlu jauh2 ke jogja klo pengen, skrg bs bikin sendiri. tp aku mau tanya nih mbak, klo yg rasa keju dan coklat ada resepnya ngga mbk? thx

    ReplyDelete
  27. halo mbak. saya kemaren eksekusi resep ini. tapi kenapa hasilnya setelah di panggang jadi keras ya mbak. padahal saya ngikutin step dan malah saya rendamnya sampe 1 jam gitu. saya manggang pake otang krn blm familiar otangnya saya hanya set suhunya 130an jadi manggangnya lamaa 1 jam an. apa krn kelamaan manggang jadinya keras ya mbak? salah di mana ya kira2..

    ReplyDelete
  28. Mba Diah.. salam kenal.. Terima kasih resepnya.. saya sudah coba mba...bener-bener enaak looh.. :)

    ReplyDelete
  29. Ass wr wb mba.saya ada niat mau buka usaha itu.apakah d tempat mba terima kursus membuat kue bakpia.kalo bisa,dimana alamat mbany dan saya minta no hp ny mba,modalny berapa,tq

    ReplyDelete
  30. Ass wr wb mba.saya ada niat mau buka usaha itu.apakah d tempat mba terima kursus membuat kue bakpia.kalo bisa,dimana alamat mbany dan saya minta no hp ny mba,modalny berapa,tq

    ReplyDelete
  31. Ass wr wb mba.saya ada niat mau buka usaha itu.apakah d tempat mba terima kursus membuat kue bakpia.kalo bisa,dimana alamat mbany dan saya minta no hp ny mba,modalny berapa,tq

    ReplyDelete
  32. Salam Kenal Mbak, Sy ijin Copy resep bakpianya ya..makasih..*Didi Serang*

    ReplyDelete
  33. lebih enak dimakan dingin apa hangat?dan disajikan sama minuman apa?

    ReplyDelete
  34. Mb diah,kenapa kumbu kacang ijo cepet basi ya? Makasih mb

    ReplyDelete
  35. Mb diah,aku mo nanya,bakpia isi kumbu kacang ijo kok cepet basi,kenapa ya mb? ,makasih

    ReplyDelete