Sunday, September 13, 2015

Tips Membuat Perkedel Dengan Potato Flour / Flakes


Hari ini..hari malas nasional ya buatku..mau masak kok malas, gara-gara nggak ada tukang sayur lewat..suami lagi kerja ngisi pelatihan..jadi nggak punya bahan di dapur...karena nggak ke pasar. Tapi..iseng tadi sama Yodha belajar bikin video. Maksudku aku yang nge shoot Yodha yang masak..tapi dasar Yodha..suka iseng aja..duch malah jadi kacau dech syutingnya
 tapi lucu haha. Nanti aku cek dulu..jika oke..baru di upload..jika nggak oke..ya besok syuting lagi ya Kak...hihi.

Rencana memang nanti secara rutin mau buat video tutorial memasak untuk teman-teman pemula..kira-kira request resep apa nich..yang belum pada ngerti caranya jika cuma aku terangin secara tertulis..jadi nanti aku buatin videonya ya. Kasih saran di komen sini atau email..atau inbox..seperti biasa lah ya.

Tadi tuch rencan bikin tutorial cara memakai tepung kentang seduh untuk bikin perkedel, karena walau sangat mudah, ternyata banyak yang penasaran, gimana caranya..dari tepung kentang kok di seduh, terus bisa jadi perkedel. Mudah banget sich..hasilnya juga oke..perkedel kentang menul-menul siap dengan cepat, tanpa perlu mengukus atau menggoreng kentang. Caranya tinggal di seduh aja tepungnya pakai air panas..campur bumbu dan telur jadi deach adonan perkedel. Siap di goreng.

Nah..tapi nich..kadang-kadang ada yang suka kelembekan nyeduh tepung kentangnya. Aku kasih tipsnya ya..agar hasilnya pas nggak lembek, itu di seduh sedikit demi sedikit ya, jangan langsung tuang air panasnya. Perciki air panas tepung kentang seduhnya, sambil di penyet-penyet agar air merata, dan semua bagian tepung terkena air panas, nanti akan jadi mengembang tepungnya..dan jadi adonan kentang kukus halus. Mau keset, bisa..mau di buat lembut buat mash potatoes, bisa juga..sesuai selera. Tapi kalau untuk perkedel, harus keset ya, agar nggak lembek perkedelnya.

Okay..selanjutnya di campuir bumbu dan telur agar lebih enak dan gurih. Bumbu untuk perkedel kentang, sesuaikan selera. Tapi kalau aku..suka bumbu kuat dan gurih, serta aku campur macam-macam, misal daging ayam rebus, daging rebus atau daging asap, biar makin enak perkedelnya. Agar bumbu perkedel pas sesuai selera, sebelum di bentuk, cicipi dulu rasanya. Caranya, goreng sedikit adonan, cicipin dan koreksi rasa. Jadi jika masih kurang gurih, dll, masih bisa di tambah bumbu dulu dech sebelum di bentuk dan di goreng.

Adonan perkedel yang sudah jadi, bisa di simpan di freezer juga atau jika hanya untuk besok harinya, bisa di simpan di kulkas bawah aja. Misal..untuk sarapan pagi, adonan bisa di buat malam, pagi hari tinggal goreng. Atau..mau nyetok adonan untuk beberapa hari sekalian, bisa, taruh freezer. Jika mau goreng, diamkan dulu suhu ruang, baru di goreng dech.

Okey...semoga bermanfaat tips nya ya teman-teman yang penasaran cara membuat perkedel dengan tepung kentang seduh yang aku jual ( potato flour / flakes ) begitu dech, caranya..mudah kan. Resep aneka perkedel dengan tepung kentang ini, sudah sering aku share di web ya...di search aja. Tunggu videonya ya..nanti jika bagus di upload di you tube dech..hihi. Nich hasil bikin video membuat perkedel sama Yodha tadi..menul-menul  kan..sama kayak pakai kentang kukus segar.

Ini videonya..tapi kepanjangan..plus Yodha yang ngga serius, malah kebanyakan becanda, hahah..memang masih perlu byk belajar membuat video yang efektif..maklum..merangkap juru kamera..hihi.


9 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sama2 :)

      Adonan sudah di ikat pakai telur ?..Terus di kepal-kepal hingga padat ya. Jika adonan perkedel pakai kentang biasa, kadang harus di ulek panas-panas ya kentangnya, lalu campur bumbu. Nah..kalau masih panas sesudah di bentuk diamkan dulu ingga dingin, jangan langsung goreng. Celup ke kocokan telur dulu agar nggak hancur.

      Delete
  2. mbak diah tolong dong tutorial bikin kremesan. klo baca di step2 sepertinya mudah tp ternyata pas praktek kok susah, hehe

    ReplyDelete
  3. Hi Mba Diah. Lam kenal ya. Sy sdh lama lht blog mba Diah tp br post coment hr ini. Sy mau nanya mba...tips agar hasil perkedelnya tidak hancur gimana mba? Padahal adonan tidak terlalu lembek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ituch udah ku jawab di atas ya mbaa :D

      Delete
    2. Aduh mba...maaf coment sy td kehapus. Hihihi...maklum newbie. Sy pake tepung kentang mba...sudah sy lumuri dgn telur sblm digoreng. Emang lbh gampang kl pake kentang asli. Tp lbh praktis dg tepung kentang....

      Delete
  4. Kalau aku buat nggak pernah hancur mba pakai tepung kentang, itu foto perkedel di atas pakai tepung kentang juga..adonan di kasih telur juga buat pengikat. Besok kalau udah upload di youtube tak kasih linknya..:)

    ReplyDelete
  5. Mbak Diah bikin tutorial bkin martabak mini dong..gimana ngelipatx dgn Isi adonan basah

    ReplyDelete