Wednesday, October 29, 2014

Garang Asem Jerohan Ayam


Lagi pengen garang asem Yang kayak RM Sari Rasa di Kudus nich aku teman2..hihi. Makanya pas tahu kalau sekarang buka cabang restonya di Semarang bawah..langsung hunting dech weekend kemaren. Membayangkan kuah garang asem yang seger, gurih dan pedas karena banyak ranjau cabe rawit hijaunya..hemm..kemecer dech...hihi.Tapi sayangnya tutup..huhu. Ya udah dech..daripada jauh2 ke Kudus..mari kita buat sendiri di rumah. Dan akhirnya kemaren aku sempatkan bikin garang asem..ribet..tapi terobati dech kangen makan garang asem yang seger dan pedes ala Kudus ini.

Kalau di RM Sarirasa aku paling suka garang asem Jerohan..jadi kemaren langsung nitip tukang sayur jerohan ayam kampung..dan untungnya ada dech..jadi plek..otentik..kayak garang asem  Kudus yang pakai jerohan ayam kampung gini. Yang nggak suka jerohan..jangan kuatir..di ganti daging ayam aja..enak juga teman2. tapi jika bisa ayam pejantan ya minimal..kalau mau sedep lagi ya ayam kampung.

Trik agar garang asem bisa pas rasanya..sebelum di kukus..kalau aku..aku masak sebentar kuah dan bumbu2nya sampai mendidih, jadi bisa di koreksi rasa bumbunya. Soalnya alau udah di kukus kan nggak bisa di koreksi lagi ya teman2..rasanya..karena udah di bungkus. Terus kasih bumbu garam dan gula juga harus pas, agak berani gak pa2..karena nanti pas di kukus kan akan bercampur dengan bumbu2 lain dan juga terserap di ayam gurihnya..jadi kalau nanggung kasih bumbunya..nanti kurang sipp garang asemnya.

Tips kedua, cara membngkus garang asem..agar tidak bocor ke mana2 kuahnya, pakai daun pisang kluthuk ya teman2..yaitu daun pisang yang lentur dan lemas, enak jika buat mbungkus2. Jika mau agak lemas lagi , bisa di jemur sebentar atau di panggang sebentar di atas bara api hingga lemas. Masih takut bocor juga bungkus garang asemnya ?..Ada lagi tipsnya..selipkan saja selembar plastik di antar 2 daun,   pasti dech kuahnya aman..nggak akan bocor ketika di kukus..dan aroma daun tetep masih dapat ya..karena plastiknya di selipkan di tengah2 daunnya.Mengukus garang asem memang harus agak lama ya teman2..min 1 jam..agar bumbu meresap dan ayam bisa empuk, jadi perhatikan air di kukusan agar tidak habis ya..jadi sering di tengak tengok. 

Oke..selamat mencoba ya teman2..nggak sulit lho bikin garang asem sendiri di rumah..daripada beli..mahal kan..sebagai contoh..garang asem di RM Sari rasa ini..udah samapi 25 rb per bungkus..kalau buat sendiri kan jadi banyak..hihi.
Garang Asem Jerohan

Bahan :
500 gram jerohan  ayam kampung ( ati ampela, usus, uritan , dll )
5 buah belimbing wuluh, dipotong-potong
15 buah tomat hijau, dipotong-potong
2 batang serai, diiris
2 lembar daun salam, disobek
3 cm lengkuas, diiris
1/2 sendok makan garam
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera )
300 ml santan sedang
30 buah cabai rawit hijau, biarkan utuh ( sesuai selera )
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu Halus:
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1/2 sendok teh ketumbar
3 butir kemiri

Cara membuat :
Blansir / rebus sebentar jerohan ayam di air mendidih . Potong2 sesuai selera.
Campur bumbu halus, bumbu iris dan semua bumbu lain dengan santan, rebus hingga mendidih. Koreksi rasa. Bumbui hingga benar2 mantap sesuai selera ya rasanya teman2...asin manis dan gurihnya.
Masukkan tomat hijau, belimbing wuluh, dan cabai rawit, serta jerohan .
Siapkan dua lembar daun pisang lebar, selipkan plastik di antaranya.
Ambil secukupnya beserta kuah dan bumbu2nya..bungkus tum dan semat dengan lidi.
Kukus  di atas api sedang selama 1 jam.
Sajikan dengan nasi hangat..nyam nyam..seger banget..^^

10 comments :

  1. Huadeuh bikin laper nih hujan2.... mau bikin kok ribet yo mbak, wis ngliat fotonya aja...ngeces deh...hihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..wua..di sana hujan ya mba..pas bingits itu anget2 pedes seger..mari ambil piring Mba Erti..tak bagi..:D

      Delete
  2. aku tuh dulu bngung apa sih garang asem itu ternyata enak ya mbak

    ReplyDelete
  3. buka cabang di jalan mana mbk? mau dong...

    ReplyDelete
  4. suwun resepnya ya mbak..... slruppp...

    ReplyDelete
  5. Thanks Bu Diah resepnya, ijin nyontek ya ^^. Sdh dicoba resepnya, Alhamdulillah enak cuma kemarin kurang belimbing wuluhnya.

    ReplyDelete
  6. halo mbak diah Didi....., maaf saya mau tanya, kalo tidak ada belimbing wuluh, apa bisa di skip atau diganti dengan apa ya mbak, soalnya ditempat saya tinggal tidak ada belimbing wuluh, terimakasih atas bantuannya mbak....,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misal ga ada blimbing wuluh gpp kok mbak klo aku sih misal lg ga ada blimbing wuluh aku skip aja,cm tomatnya aku tambahin hheheeee

      Delete