Saturday, August 27, 2016

Sop Pecok Ayam & Sayuran



Dua hari kemaren aku ngedrop, meriang..jadi maaf jika slow respon bales wa, inbox dll ya teman-teman.
Akhirnya masak yang seger-seger dan nggak terlalu berbumbu. Untungnya masih doyan makan..walau meriang..hihi. Jadi..lumayan cepat pulih. Kalau sebelumnya tidur itu nggak nyenyak..bisa 5 kali bangun karena kerigat dingin ngucur terus, tadi malem balas dendam..udah agak pulas. Ternyata memang istirahat yang cukup itu penting ya teman-teman. Janji dech nggak mau begadang lagi..hihi.

Menu kemaren Sop Pecok Ayam Kampung,  menu yang cocok ketika badan lagi kurang ena dan butuh asupan gizi lebih. Rasanya segar sekali. Sebenernya beli juga banyak dan deket rumah ya..tapi tak rasain sekarang kok agak amis Sop Pecok Ayam di warung dekat rumah itu. Karena menurutku mereka nggak di buat kaldu dulu, tapi dari ayam mentah di rebus dengan bumbu sup..jadi kuahnya keruh dan agak amis. 

Kalau aku buat..Ayam Kampungnya aku kaldu bening dulu, jadi lebih seger rasanya, dan tidak amis. Untuk membuat kaldu bening, rebus ayam dengan air, memakai api kecil hingga keluar air kaldunya, dari yang awalnya keruh berubah menjadi bening. Nah..kaldu seperti ini ini enak di baut sop..soto, bakso, dll. Biar lebih lebih bergizi, kali ini aku tambahkan sayuran. Membuat kaldu akan lebih gurih jika kita masukkan bawang bombay utuh dan sledri yang di ikat. Jadi sayuran yang di masak bersama sup ini kan juga nambah enak kaldunya..dan juga sari-sari sayurannya akan berguna buat tubuh yang kurang fit.

Oke dech aku tulis lagi ya resepnya, versi yang pakai sayuran kali ini teman-teman, selamat mencoba...:)

Sop Ayam Pecok Khas Klaten

Bahan :
1 ekor ayam kampung, 2 buah wortel, potong  kasar, 2 buah kentang, potong kasar , 1 buah bawang bombay, potong jadi dua bagian, 1 batang sledri, di ikat
2500 ml air
2 batang daun sledri
1 sendok makan bawang goreng
4 cm jahe, kupas, memarkan
1/2 buah pala, geprek
2 cm kayu manis batangan, biarkan utuh
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
Gula Pasir 1 sendok teh
6 buah bawang putih, geprek sampai bawang remuk
1 sendok teh merica butiran, haluskan

Cara Memasak :
Rebus ayam, bawang bombay, ssledri dan air dengan api kecil..sampai keluar kaldu beningnya. Buang bagian lemak yang mengapung di atas kaldu. ( Tips membuat kaldu bening yang enak..klik di sini )
Tumis bawang putih dan merica hingga harum, masukan ke rebusan kaldu, dan bumbu-bumbu lain. Masukkan sayuran. Rebus kembali sop hingga ayam empuk dan bumbu meresap.
Note : 
Jika mau original Sop Ayam saja, tidak usah pakai sayuran nggak masalah. Sop Original yang tanpa sayuran seperti ini ya penampakannya teman-teman. Sajikan dengan sambal cabai rawit rebus, kecap dan jeruk nipis jika suka. Seger...! Jika mau, ayam bisa di potong-potong ukuran lebih kecil, setelah Sop matang untuk penyajiannya.





No comments :

Post a Comment