Wednesday, August 24, 2016

Dim Sum : Bakso Ayam & Udang Rambutan


Kalau beli macam-macam Dim Sum itu kadang ada menu yang unik kriuk ini ya teman-teman...namanya salah satunya itu Bakso Rambutan..atau nama lain ada lagi sebutannya. Ya jelas aku suka yang kriuk gurih gini. Paling aku kurang suka kalau makan Dim Sum itu Ceker Merahnya..hihi. Rasa sausnya belum bisa aku terima di lidah Jowoku. 

Salah satu Dim Sum yang aku sukai ya Bakso Rambutan ini..luarnya kriuk-kriuk enak, dalamnya gurih, biasa dari ayam cincang dan udang cincang atau ayam dengan ikan tenggiri. Suka semua dech. Sekarang aku udah tau triknya. Kalau dulu bikin Bakso Rambutan gini, pakai ayam yang di halusin, malah kurang oke. Setelah beberapa kali makan di resto ko ayamnya itu masih ada tekturenya..ternyata di cincang saja.

Setelah aku coba tadi..wah..beneran..lebih enak jika ayamnya di cincang saja..lebih terasa gurih dan lebih juicy daging ayam gitu. Aku tambahkan juga udang cincang tadi..jadi makin gurih dech. Suka..sukaa..hasil eksperimenku hari ini. Enak sekali. Tadi aku buat dadakan ketika Yodha pulang sekolah..cepat dan enak. Dia suka..di makan sama sup bening. 

Kalau buat aku..aku cemil pakai saus Dim Sum ala aku juga. Alhamdulillah kok ya enak..mirip sama yang di jual-jual di resto gitu dech. Jadilah sore tadi nyemil Dim Sum enak..buatan sendiri. Asyik..! Oke dech..langsung saja ya..ini dia resepnya..buat teman-teman yang mau coba......:)

Dim Sum Bakso Rambutan

Bahan :
150 gram daging ayam cincang
100 gram udang cincang
1/2 sendok teh bawang putih bubuk ( atau bawang putih segar )
1 sendok makan kucai iris ( atau daun bawang )
1 buah wortel kecil, potong dadu kecil
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh  merica bubuk
1/4 sendok teh minyak wijen ( jangan kebanyakan ya..aroma minyak wijen itu kuat..ntar malah mblenger nanti ..:D...tapi gak pakai juga nggak apa2 jika  nggak ada )
2 sendok makan tepung sagu / tapioka / tepung bakso
Kulit pangsit 20 lembar, potong-potong panjang kecil

Cara Membuat :
Campur semua bahan kecuali kulit pangsit
Aduk rata
Panaskan minya goreng
Cicipi dulu, goreng sedikit adonan, jika sudah pas rasanya..bentuk bulat kecil kecil sebesar kelereng
Gulingkan ke pangsit yang sudah di iris-iris hingga menutupi adonan
Goreng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan renyah luarnya, dan matang dalamnya.

Noted : Api jangan terlalu besar ya..agar pangsit nggak cepat gosong


Untuk Saus Dim Sum..ala aku ya..kira-kira saja tadi..tapi hasilnya mirip kok sama saus di resto-resto..:D

Saus Dim Sum

Bahan :
200 ml air
4 buah cabai merah keriting, haluskan 
1 siung bawang putih, haluskan
1 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
1/4 sendok teh garam ( sesuai selera )
Cuka secukupnya ( aku pakai saus tomat aja biar alami asamnya 1 sendok makan )
1 sendok teh tapioka / sagu yang di encerkan dengan sedikit air, untuk pengental ( secukupnya )

Cara membuat :
Rebus air, cabai dan bawang putih hingga mendidih
Masukkan bumbu lain, cicipi rasanya..hingga pas manis gurihnya, boleh tambah sesuai selera ya..jika kurang 
Terakhir masukkan tapioka jika rasanya sudah pas, agar agak kental sausnya





4 comments :

  1. Kalau yg begini pasti disukai anak2 ya mbak. Coba ah! Terima kasih idenya.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  2. Woooww....kebetulan ni smua bhannya lgi ada...sya kan hobby 'nimbun' bhan mknan....hihihi....mksh mbaakk resepnyaa
    Dian

    ReplyDelete
  3. Jatuhnya kaya buat dimsum siomay ya mbak,cuma beda kulit pangsitnya di iris dan di goreng bareng adonan, saya suka buat mbak tpi buat siomay nya

    ReplyDelete
  4. Jatuhnya kaya buat dimsum siomay ya mbak,cuma beda kulit pangsitnya di iris dan di goreng bareng adonan, saya suka buat mbak tpi buat siomay nya

    ReplyDelete