Friday, August 12, 2016

Ongol Ongol Tepung Garut & Kelapa Muda




Beberapa hari kemaren kok perut kurang nyaman, agak panas..kebanayakan makan sambal kayaknya..hihi. Untung masih ada stok Tepung Garut bawa dari Yogya kemaren. Langsung kepikiran pengen  bikin bubur Garut buat ngademin perut. Tapi..kok pengen dan kangen Ongol-Ongol juga. Wis..akhirnya buat Ongol-Ongol aja..lebih enak maemnya..karena bisa di cemil-cemil dan lebih gurih karena ada taburan kelapanya. Biar lebih enak di adonan Ongol-Ongolnya aku kasih campuran potongan kecil-kecil..kelapa yang masih agak muda...jadi ada sensasi kreyes-kreyes enak gurih, mengingatkan aku pada Ongol-Ongol versi pasar di Yogya. Tapi kemaren keburu sore matahari keburu menghilang..jadinya nggak sempat nunggu dingin untuk di potong-potong, jadi aku cetal pakai sendok bulat-bulat pipih aja Ongol-Ongolnya. Yang mau coba tepung garut masih ada beberapa kg nich..aku nggak berani bawa banyak sich kemaren..pesanan teman-teman yang udah sering pesan garut ini aja. Sekarang masih ada beberapa..jadi yang kemaren butuh tepung garut ini untuk obat, dll..silahkan sms atau wa ke 089654712500 ya.



Oke..sebelum aku kasih resep Ongol-Ongol..mau curhat dulu ya..kemaren nggak sengaja nemu Web abal-abal ini nich yang isinya banyak sekali copian postingan dari Webku...CARAMASAK.CO.ID 
Ya ampun..nekad banget ngopinya Mas..atau Mba yang punya Web ini ? Di copi sak pengantar serta tulisanku semua dari awal hingga akhir plus semua fotonya. Mbok ya menghargai hasil karya orang lain. Lha kalau Web ku ini kan isinya gado-gado..dari jualan..cerita pribadi..curhat..dlll..lha terus di copi plek itu maksudnya apa ya..aku sampai bingung teman-teman..kok ada ya yang seperti itu . Kalau mau punya web masakan ya mbok masak sendiri. Resep pakai resep orang lain..boleh kok..tapi ya di recook..di foto sendiri..terus posting dengan versi cerita dan ulasan sendiri. 

Kalau web ini sungguh aneh..langsung copi paste semua..dan semua yang aku posting kayaknya langsung di copi sama dia. Lha kok enak banget ya..kita aja posting tuch sampai menyempatkan waktu masak..foto..nulis di sela-sela kerjaan yang menumpuk..lha situ enak..tinggal copi..paste..terus bisa dapat postingan baru gitu tiap hari juga..terus mau buat cari trafic cepat dan dapat iklan serta dapat bayaran dari google gitu ya tujuannya ?..Hemmmm..! 

Oke dech..tetep..walau udah sering ngadepin copi paste...seperti itu..tapi yang ini kebangetan memang..karena sampai kata-kata pengantar yang notabene aku banget dengan cerita keseharianku..di copi juga..wew..aneh kan teman-teman...Lol..!

Ya kita doakan saja semoga sadar dech ya punya web tipu-tipu begitu..amin..yukk ah..masak lagi aja..ini resep Ongol-Ongolnya ya teman-teman..masih sama dengan yang biasanya..cuma aku tambahin potongan kelapa muda aja biar lebih gurih. ( UPDATE..barusan webnya di bikin *under contruction*...setelah aku posting ini...hihi..syukurlah jika langsung sadar..! )

Ongol Ongol Tepung Garut 

Bahan 1 :
150 gram tepung garut, ayak atau blender halus pakai blender kering jika masih bergerindil
100 - 150 ml air ( Sesuai selera ya tingkat kekentalannya...jika masih agak terlalu kental boleh di tambah lagi airnya )
Campur tepung garut dan air, aduk hingga larut, sisihkan

Bahan 2 :
125 gram gula aren atau gula merah yang warnanya coklat tua.( boleh di tambah jika suka manis )
400 ml air
2 lembar daun pandan
Masak air , gula dan daun pandan hingga gula larut, saring.

Bahan 3 :
1/4 butir kelapa agak muda, kupas, potong tipis kecil-kecil untuk campuran adonan. 50 gram kelapa parut kasar dan sedikit garam, aduk rata lalu kukus untuk  lapisan.

Didihkan kembali air gula, masukkan larutan tepung garut, potongan kelapa kecil-kecil, lalu masak sambil di aduk hingga menjadi adonan yang kental dan bening. Awalnya memang adonan keliatan menggumpal..tapi jangan khawatir..aduk terus saja di api kecil hingga adonan bening dan halus. Lalu tuang di loyang yang di alas plastik. Padatkan. Biarkan hingga benar-benar dingin..baru di potong-potong.
Noted : Ketika masih panas..adonan ongol ongol ini seperti lengket..tapi ketika sudah dingin akan mudah di potong. Kemaren aku buru-buru, jadi aku sendokin saja Ongol-Ongolnya..dan langsung aku gulingkan ke kelapa parut. Jika mau di potong-potong..alasi pisau dengan plastik agar potongan ongol ongol rapi dan halus. Gulingkan di kelapa parut. Sajikan.




2 comments :

  1. Kalo di semarang cari tepung garitnya fi mn mbk diahdi, matursuwun

    ReplyDelete