Wednesday, August 17, 2016

Tumis Jamur Kuping & Sayur


Yodha sekarang sudah seneng makan sayur. Tapi...alih-alih suka sayur bayam seperti anak-anak pada umumnya..dia kok sukanya kol..sama jamur..hihi. Kalau kol seperti aku..suka jamur..seperti papinya..hihi. Kalau bayam malah kurang suka Yodha. Mungkin karena sering ketemu kol di menu Nasi Goreng..Mie Goreng..cap cay dll..dia jadi suka.

Tapi menurutku..kol memang enak rasanya di buat aneka masakan. Setelah di masak itu rasanya jadi manis kreyes-kreyes. Masih mentah pun enak di buat campuran gado-gado..tahu campur, tahu gimbal, dll. Kol yang di pandang sayur remeh temeh ini juga sebenernya banyak manfaat ya teman-teman. 

Nah..kali ini aku mau share satu menu murah meriah dan praktis yang berbahan kol dan jamur. Ini menu favorit Yodha..karena rasanya gurih dan nggak pedas. Bumbunya juga sederhana saja..dan cara memasaknya juga cepat. Menu ini cocok nich buat menu bekal anak..atau menu sayur untuk catering yang murah meriah tapi enak.

Oke..aku kasih resepnya langsung saja dech..mau tujuh belasan nich..hihi. Ndak ding..mau ke pasar...belanja dulu...:) Selamat merayakan hari Kemerdekaan Indonesia ya buat semua teman di seluruh Nusantara atau yang di luar negeri..pasti malah semakin meriah ya acaranya...Merdeka..! ^_^

Tumis Jamur Kuping & Sayur

Bahan :
50 gram jamur kuping, rebus sebentar  hingga mengembang
1/4 buah kol, iris kasar
1 buah wortel, iris tipis
1/2 buah bawang bombay, iris panjang
2 siung bawang putih, geprek 
1 cm jahe, memarkan
1/4 sendok teh merica bubuk
1 1/2 sendok makan saur tiram ( sesuai selera ) dan garam secukupnya
1 - 2 sendok teh gula pasir ( sesuai selera , kalau Yodha suka agak sedikit manis gurih rasanya )
Air kaldu ayam 400 ml ( bisa pakai air biasa )

Cara membuat :
Tumis bawang bombay, bawang putih, dan jahe hingga matang dan harum
Masukkan wortel, jamur dan air serta bumbu lain
Masak hingga wortel agak lunak
Terakhir masukkan kol, masak hingga layu
Koreksi rasa
Angkat, sajikan hangat


3 comments :

  1. Wah, mantap banget ini :3 saya suka banget jamur kuping dan jamur es :3 hehe

    ReplyDelete
  2. Mbak didi, kalo masak jamur kuping apa harus selalu direbus dulu kah? Selama ini saya kalo masak asal cemplung aja.. Mohon pencerahannya. Suwun ��

    ReplyDelete