Sunday, August 14, 2016

Tips Membuat Mix Vegetables Homemade


Dalam berbagai masakan, aku sering menggunakan sayuran campur untuk campuran...seperti untuk membuat  risoles, nasi goreng, pizza, skotel makaroni, dll. Dulu sering mau  praktis ya beli saja langsung. tapi kalau di pikir-pikir kok lumayan mahal ya. Dan biasanya sudah dalam kondisi frozen, jadi kurang fresh.

Sebenernya ada cara mudah kok untuk membuat campuran sayuran seperti ini. Bahannya juga murah-murah saja. Jadi..selain bisa lebih hemat, juga lebih sehat kan..karena memakai benar-benar sayuran segar. Cara membuatnya mudah banget, simak yuk tips berikut.

Pertama pilihlah sayuran yang akan kita pakai yang kondisinya masih segar. Untuk Mix vegetables yang murah meriah, aku biasa memakai sayuran wortel, jagung manis dan buncis. Pilih wortel yang warnanya cantik orange, dan masih segar. Kupas wortel, dan potong dadu kecil

Untuk jagung, pilih jagung yang mudah dan manis ya, agar rasanya lebih enak. Pipil jagung sesuai ruas agar bentuknya tetap bijian cantik. Pilih jagung yang fresh, jangan yang sudah di lemari pendingin di supermarket itu manisnya sudah berkurang. Beli saja di pasar..selalu segar dan lebih murah.

Oke, warna orange dan kuning sudah kita dapat dari wortel dan jagung manis, selanjutnya..kita pilih satu warna kontras lagi untuk campurannya. Bisa pakai kacang polong atau buncis. Kalau kacang polong agak susah ya cari yang segar, jadi pilihan kita gar tetap murah meriah, ya buncis. Pilih bunci yang masih muda, agar rasanya masih manis dan nggak keras. Siangi kedua ujungnya, lalu potong-potong kecil serais dengan ukuran wortelnya ya.

Selanjutnya, tinggal kita didihkan sedikit air, sesuai takaran campuran sayuran yang kita buat. Beri sedikit garam, agar ketika kita rebus, warna sayurannya tetap cantik dan cerah. Ketika air sudah mendidih, segera masukkan wortel dan jagung terlebih dahulu. rebus sebentar saja, sekitar 2 menit sampai jagung dan wortel berubah warna. Lalu masukkan buncis, diamkan satu menitan kira-kira sampai buncis jadi lebih cerah warnanya. Angkat sayuran, siram dengan air es. Diamkan hingga air menetes semua dan dingin, siap di gunakan. 

Jika mau di simpan di freezer, bagi mix vegetables menajdi beberap kantong plastik sekali pakai agar ketika mau di gunakan, tinggal ambil saja satu kantong, jadi nggak perlu mengeluarkan semua. jadi kesegaran Mix Vegetables ini akan tetap terjaga. Mudah kan teman-teman membuat campuran sayuran sendiri di rumah. Campurkan ketika kita membuat ragout untuk risoles, nasi goreng untuk anak-anak..pastia kan lebih sehat dan bergizi. Selamat mencoba...:)


11 comments :

  1. Jadi pengen bikin juga. Kan gampang kalau mau bikin sup sayur ala-ala. Tinggal tuang aja mix vegienya ke kuah.. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..sup sayur ayam serabut telur..pas pakai ini ya :)

      Delete
  2. Ahh semua masakan jadi seperti mudah kalo liat mbak diah yang bikin. Jadi pingin bikin juga. Salam kenal mbak dri bondowoso.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sama2..selamat mencoba ya :)

      Delete
  3. Wah ide bagus Mbak, yang dimasukkan plastik-plastik sesuai takaran serving. Biar nggak bau udara juga ya ..

    ReplyDelete
  4. Mbak, kantong sekali pakai tu yang kayak gimana? apa plastik biasa gtu kayak yang buat es?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Plastik kecil-kecil biasa..cari yang agak tebal mba di toko bahan kue ada :)

      Delete
  5. ni cocooook banget buat mengurangi kerempongan pagi hari.layak dicoba ni biar bs hemat waktu nyapin sarapan ama bekal si adek.mb Diah emang seperti biasa, penolong biar ga mati gaya d dapur hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuppp..biar lebih sehat dan cantik menu buat Dedek ya Mba..semangat :)

      Delete
  6. Klo langsung dimakan untuk diet enaknya sayurannya tinggal tambah mayo gt enak gak ya???

    ReplyDelete