Sunday, August 21, 2016

Kue Sagon


Lagi seneng masak pakai Skillet baru ku..seperti pan besi tapi ala-ala luar...bisa di pakai untuk masak atau panggang kue. Kemaren buat martabak bisa...terus aku coba bikin Sagon basah pakai ini juga bisa..hasilnya mateng sempurna..garing di luar..lembut dan chewy dalamnya.

Kue jadul dari Yogya ini..dulu aslinya di panggang pakai cetakan khusus dari besi yang di gapit dua buah anglo yang di isi bara api arang..jadi istilah kate..api atas bawah..hihi. Jadi..walau kuenya tebal itu bisa matang sempurna juga. Kue sagon dulu biasa buat  suguhan kalau lagi punya hajatan...bersanding dengan lemper, utri..mendut..coro bikang, emping melinjo..sama tape ketan...hihi. Sudah di pastikan enak semua jajanan jaman dulu itu..lha semua fresh..tepung numbuk dulu..kelapa metik dulu..emping melinjo bikin sendiri dulu..tape ketan bikin sendiri dulu...hahah.

Dulu..kalau ada hajatan di rumah itu senengnya minta ampun..karena dari seminggu sebelumnya..udah mulai sibuk...dan yang pasti bakalan banyak makanan. Hahah..suka makanan..kayake memang dari kecil nich aku. Paling suka itu kalau acara ndeplok ( numbuk) beras dulu rame-rame...untuk bikin peyek. Untung aku dulu masih kecil..nggak di suruh bantuin ndeplok beras pakai alu lesung...hahah. Kebayang kan pegelnya..dari beras hingga jadi tepung beras gitu..di tumbuk manual. Tapi karena di kerjakan ramai-ramai ya seru dulu kali ya..sambil ngerumpi di bantu tetangga kiri kanan..atau istilahnya..Rewang.

Kalau tepung beras itu untuk bikin peyek dan kue seperti Nagasari, sedang tepung ketannya untuk membuat kue sagon seperti ini sama buat kue mendut. Kelapanya petik di kebun..parut sendiri juga..hihi. Kelapa yang di pakai masih agak muda, tapi udah bisa di parut..jadi rasanya manis enak. Kelapa kemudian di campur, tepung ketan, sedikit garam dan vanili bubuk..lalu di aduk, di awur-awur saja..tidak di uleni. Kemudian di beri warna merah sebagian, sebagian putih..di lapis, tengahnya di beri gula pasir. Di panggang dalam loyang jadul..api atas bawah..pakai anglo. 

Sagon rasanya gurih kreyes-kreyes..dan ketiga kita gigit bagian dalamnya..akan dapat bonus rasa manis..dari gula yang meleleh..hihi. Enak banget..sensasinya itu beda ya. Beda lho..sama wingko atau sengkulun yang di kukus..pokoke enak..cobain dech..:)

Sagon Yogya

Bahan :
1 butir kelapa parut agak muda
1/2 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili bubuk
200 gram tepung ketan
Gula pasir secukupnya
Pewarna merah secukupnya

Cara Membuat :
Campur kelapa, tepung ketan, garam dan vanili, aduk dengan cara di awur-awur saja..jangan di uleni. Jika terlalu kering..perciki sedikit air, namun  jangan sampai menggmpal ya.
Ambil separo adonan, beri pewarna merah sedikit, aduk rata 
Siapkan loyang
Letakkan adonan merah, ratakan
Taburi gula pasir secukupnya hingga rata
Tumpuk adonan putih, ratakan
Panggang hingga matang
Potong-potong..sajikan

6 comments :

  1. Bikin ngilerrr mb kuenya. Kalau nggak punya panggangan kayak punya mb diah bisa diganti apa mb ? Teflon apa oven ?

    ReplyDelete
  2. Bikin ngilerrr mb kuenya. Kalau nggak punya panggangan kayak punya mb diah bisa diganti apa mb ? Teflon apa oven ?

    ReplyDelete
  3. Mbak beli skilletnya dimanaa?? Hehe. Maaf oot. Hehe

    ReplyDelete
  4. yang model gini nggak lengket yo, mbak?
    kalo yang besi kayak di bakul-bakul kui kan pertama dipake lengket, mesti dikasi parutan kelapa dulu :)

    ReplyDelete
  5. Aku ngalami tuh mba ndeplok beras pake alu... huadeh pegel tangane tapi jajanan yg dihasilkan lebih enak lho... khas wanginya dibanding tepung jadi...

    ReplyDelete