Thursday, August 4, 2016

Makaroni Skotel Ayam & Sayuran



Sibuk..kadang bablas lupa makan siang. Perlu trik nich biar perut tetap terisi on time..agar stamina tetap terjaga. Makanya tadi waktu aku melihat sebungkus makaroni di dapur, langsung kepikiran buat makaroni skotel untuk stok cemilan berat, pengganti makan. Jadi kan bisa di cemal-cemil..sambil kerja di depan komputer.

Lihat bahan pelengkap lain di freezer, adanya ayam dan sosis..nggak masalah..bisa di pakai untuk membuat Makaroni skotel ini. Tapi aku suka makaroni skotel yang pakai sayuran. Biasanya sich aku beli *mix vegetables di supermarket tuch yang ada wortel, jagung, dan kacang polong. Karena nggak ada..ya udah..tunggu budhe sayur lewat aja tadi. Dan harapanku terkabul..ada buncis, wortel dan jagung manis. Beli dikit-dikit aja..boleh kalau di tukang sayur langgananku.

Wortel, buncis di potong kecil-kecil, jagung di sisir..di blansir sebentar di air mendidih dan di tiriskan. Jadi dech mix vegetables homemade..murah meriah..hihi. Langsung nguplek sebentar di dapur..jadi dech Makaroni skotel ayam dan sayuran. Enak..aku udah ngemil dua kotak tadi buat ganti makan siang..alhamdulillah..nggak perlu makan nasi udah kenyang..hihi. 

Moga Yodha dan papinya suka juga nanti..biasa..ada sayurannya..hihi. Oke dech yang mau coba..ini dia resepnya. Untuk lebih lengkapnya..tunggu video tips singkatnya nanti jika udah aku upload ya..tadi sekalian aku buatin.

Makaroni Skotel Sayuran

Bahan :
150 gram makaroni pipa
100 gram daging ayam rebus, cincang kasar
3 buah sosis ayam atau sapi juga boleh. cincang kasar
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
1/8 sendok teh pala bubuk
1 siung bawang putih, geprek saja
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam ( aku  pakai Alsultan )
Garam sesuai selera
1 buah wortel ukuran kecil, potong dadu kecil, rebus sebentar
1 buah jagung ukuran kecil, sisir, rebus sebentar
50 gram buncis muda, potong bulat kecil, rebus sebentar di air mendidih
2 sendok makan tepung terigu
500 ml susu cair

Cara Membuat :
Rebus makaroni, jangan terlalu lembek ya. Panaskan satu sendok margarin di wajan
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
Masukkan ayam dan sosis
Masukka terigu, aduk hingga  berbutir
Masukkan susu dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan sayuran dan makaroni
Masak hingga mengental dan bumbu meresap
Cicipi rasanya..jika sudah pas, boleh di tambah keju parut secukupnya
Tuang ke cup alumunium foil kecil-kecil
Beri parutan keju di atasnya
Letakkan makaroni skotel ke dalam loyang yang di beri air mendidih
Panggang di dalam oven 30 menit hingga matang
Sajikan hangat
Noted :
Ini versi tanpa telur, karena ada teman yang minta resep skotel makaroni untuk anaknya yang alergi telur. Jika mau pakai telur, dinginkan adonan dulu..baru campur telur kocok, baru di panggang.


5 comments :

  1. mbak DD, kalo pake resep ini, tp cuman di kukus aja gimana mbak?? makasiihhh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pa2 mba..tapi jangan terlalu lama ya..kalau di kukus kelamaan jadi matang lagi nanti makaroninya..jadi menggumpal..:D

      Kalau di panggang kan mengering, tambah set adonan, tapi makaroninya ngga kematangan.

      Delete
    2. Brp menit mbak kalo ngukus idealnya?? Hihihihi. Nuwun sanget mbak DD ;)

      Delete
  2. Mbak Diah, nanya donk. Resepnya kan tanpa telur, apa bs melekat semua bahan ? Mksdnya gak pretel gitu kalo disendok, pgn bikin utk snack anak.
    Thanks, Na.

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah Didi gimana caranya mau pesen tepung untuk ayam kentucky mbak..sy di bali

    ReplyDelete