Wednesday, August 3, 2016

Tahu Bulat Isi Sosis


Menu cepat kilat buat cemilan sore. Masih ngejar deadline banyak kerjaan..tapi aku usahakan tetep posting mn satu resep per hari di sini kok teman-teman. tapi masih menu-menu yang simple dulu ya..biar bisa cepat..dan semua kerjaan beres. 

Kali ini memanfaatkan sebungkus tahu putih yang aku beli kemaren. Masuk kulkas dech, karena kemaren ngga sempat masak tahunya. Nah..paling sipp di buat tahu bulat aja nich yang keriting..kan tahunya udah dingin. Tahu bulat keriting ini memang tipsnya tahunya di dinginkan dulu di kulkas, jadi ketika di goreng dalam kondisi dingin, terkena minyak panas..langsung keriting cantik dech tahunya.

Cuma tadi kan aku sekalian ambil video singkat untuk tips..jadi kebanyakan prepare properti, dll..jadinya nggak terlalu dingin waktu masuk minyak panas..jadi nggak bisa keriting banget seperti biasanya. Tapi lumayan ya..tetep cantik luarnya..hihi.

Biasanya aku pakai satu butir telur...atau putihnya saja jika mau buat tahu bulat. Cuma hasilnya biasanya kalau dingin jadi agak kisut. Nah..aku pengen tahu bulatnya tetap stabil cantik bulat hingga dingin..jadinya aku pakai kuning telurnya saja. Tapi karena pakai kuning telur, tahu bulatnya kurang mengembang, jadi ukuran aslinya saja hasilnya. Jika mau mengembang dan dalamnya kopong..pakai putih telur saja ya teman-teman..namun kelemahannya..jika dingin akan sedikit mengempes tahu bulatnya. 

Jadi silahkan sesuai selera..mau yang tetep bulat cantik..pakai kuning telur atau yang bisa kopong dalamnya, tapi ketika dingin mengkerut...pakai putih telur aja...:) Untuk tahu bulat kali ini aku isi dengan sosis. Sebenernya lebih pas bakso kali ya..tapi aku lagi ngga punya bakso tadi..udah habis buat kwetiau Yodha..:D
Tahu Bulat Isi Sosis

Bahan :
300 gram tahu putih yang kesat, jika berair..peras dulu ya ( tahu kondisi dingin keluar dari kulkas ya )
1 sendok teh kaldu ayam ( aku akai alsultan ) atau garam jika nggak suka..sesuai selera
1/2 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh  merica bubuk
1/4 sendok teh bawang putih bubuk
1 butir kuning telur
Isian : Sosis atau bakso secukupnya
Cara Membuat :
Haluskan tahu, aduk rata dengan semua bahan lain
Bentuk bulat pipih, isi dengan sepotong sosis atau bakso
Bulatkan, goreng di minya yang sudah di panaskan hingga matang dan kering luarnya

Noted :
Usahakan minyak merendam tahu bulatnya ya
Jangan di balik-balik sebelum kulit tahu terbentuk set ( keriting ), agar tidak pecah



7 comments :

  1. Wow tahu bulat kesukaan anak-anakku

    ReplyDelete
  2. enak dimakan anget-anget yo, mbak :D

    ReplyDelete
  3. Waduh mantap sekali sepertinya mbak.....
    HARUS DICOBA NI,
    THNK INFONYA

    ReplyDelete
  4. wah, harus di coba, lebih baik bikin sendiri. makasih ya mb

    ReplyDelete
  5. Mantap mbak.. di daerah dingin begini buat sndri lbh sehat..maturnuwn resepnya yg bergizi.

    ReplyDelete
  6. Sangat kreatif mba...semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Gag pke Baking powder kah mbk??? aku pernah coba tapi dalamnya kok gag bisa kopong2 banget ya mbk???salahnya dimana??

    ReplyDelete