Thursday, August 4, 2016

Telur Dadar Kelapa Bumbu Rempah


Sore tadi nggak masak lauk..karena sudah buat Makaroni skotel untuk Yodha dan papinya. Tapi dasar akunya itu bosan ya..jika makan makanan yang sama dengan menu siang harinya. Jadinya kok ya tetap tengok-tengok kulkas ada apa gitu yang bisa di olah jadi lauk. 

Akhirnya nemu kelapa  muda parut, sisa buat bothok kemaren. Tapi tinggal sedikit, kira-kira seperempat butir. Akhirnya aku keingat menu jaman kecil, waktu sering di buatin ibuku. Telur dadar kelapa..hemm..enak dech..lama nggak makan. Akhirnya aku buat tadi..wah..memang enak sekali..rindu rasa menu masa kecil seperti ini.

Untuk membuat dadar kelapa ini, kelapa yang di pakai musti kelapa yang masih agak muda ya teman-teman..yang biasa buat bothok..jadi rasanya itu..lembut banget dan gurih. Kalau kelapa tua kurang enak..karena nanti agak kasap ( kasar ) rasanya.

Untuk membuat dadar ini, agar lebih set dan renyah luarnya, di tambah sedikit tepung beras. Kalau dulu, kami keluarga besar, suka di buat dadar ukuran kecil-kecil sama ibuku..jadi hasilnya malah lebih garing dan enak...kreyes-kreyes gitu dadarnya...garing di luar..lembut dalamnya. Tapi tadi aku lagi malas, langsung aku buat dadar satu aja, tuang semua ke wajan wok yang cekung. Nah jika mau langsung tuang tipsnya, jika sudah mengembang dadarnya, kecilkan api ya..agar matang sempurna hingga ke bagian dalamnya. 

Oke..selamat mencoba..ini dia resep mudahnya :

Dadar Kelapa Muda Bumbu Rempah

Bahan :
2 butir telur, kocok lepas
1/4 butir kelapa agak mudah yang biasa buat bothok..parut panjang
5 buah cabe rawit merah, iris halus atau haluskan kasar
1 lembar daun jeruk, iris halus
1/8 sendok teh ketumbar bubuk
1 siung bawang putih, haluskan 
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh kaldu ayam
Sedikit garam
1/8 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan
Koreksi rasa, ambil sedikit adonan..goreng..cicipi..udah pas belum gurihnya sesuai selera
Jika sudah oke, goreng dadar di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Potong-potong
Sajikan hangat



8 comments :

  1. Ini favoritnya bapakku mbak, telur goreng kelapa, tetapi bumbunya lebih simpel aja, garam, ketumbar, bawang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..kalau ibu saya suka pedas..jadi pakai cabe juga..:)

      Delete
  2. Mbaaakkk ini juga lauk masa kecilku mamaku suka bikin cuma beda bumbu aja..seneng deh liat menu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..biasa masing2 rumah punya bumbu andalan sendiri ya..kalau buat telur dadar seperti ini..:D

      Delete
    2. Masya Allah..."sueerr" deh mbk Di yg inspiratief.Insya Allah km akan cukuran/syukuran cucu di mesjid Indonesia dg tradisi makan bareng..ini jd slh satu pelengkap menu.Posting yg barokah Jazaakillah khoir.(Salam dr O v O).

      Delete
    3. Wah pas banget bunda..kalau buat lauk nasi gurih atau nasi kuning enak banget, tapi di goreng kecil-kecil saja biar bagus bentuknya..pakai snack maker double pan gitu..pasti lebih cantik bikin dadar kecil2nya..:)

      Delete
  3. Lauk favorit kami dg nasi hangat yg pulen. Kata istri.. ngalahin mbak. Hehehe. Met kreatifitas dg bahan makanan sederhana menjadi enak bergizi n sehat. Sukses selalu y mbak..

    ReplyDelete