Tuesday, August 16, 2016

Mendoan Kucai




Aku punya dua pohon kucai sudah beberapa bulan ini bertahan hidup di pot di kebun belakang rumahku. Tumben ya..hihi. Soalnya ada yang nyiramin sich Pak tukang kebunku yang datang dua hari sehari. Kalau aku yang merawatnya..ya pasti sudah kering dari dulu kala..hihi. Aku suka sekali kucai..karena aromatik dan enak untuk campuran masakan atau gorengan. Rasanya itu lebih gurih dan aromatik misal kita membuat cireng, jika memakai kucai.



Beberapa daerah juga banyak yang memakai kucai ini untuk campuran menu masakan. Seperti wonosobo..biasa pakai kucai untuk taburan Mie Ongklok, Cirebon..kucai juga banyak di pakai untuk aneka hidangan di sana, seperti Empal Gentong, dll.

Kucai selain untuk campuran hidangan, bunga kucai juga bisa di jadikan taburan pizza lho..dari yang aku bca..katanya akan lebih spicy...masak sich ya..?..Kapan-kapan aku coba dech. Jika kita punya stok kucai dalam jumlah banyak, cara menyimpan terbaik adalah membekukannya di dalam air..ini juga baru mau aku coba, karena memang kalau di simpan di kulkas itu cepat sekali rusak kucai ini.

Tips menanam kucai, bisa dari bibit pohon atau biji. Kalau saran aku sich beli saja yang sudah tumbuh bibitnya, di tukang tanaman, biasanya ada..tinggal kita tanam saja. Punyaku aja masih di plastik bag aslinya belum aku pindah bisa awet berbulan-bulan..jadi nyimpan kucainya di pot..hihi. Awet segernya. Walau belum sempat numbuh dan berkembang biak, jika udah panjang, langsung aku potong buat masak..hihi.

Nanti aku eksplore lagi menu-menu dengan kucai dech...hari ini tadi cuma buat mendoan dengan campuran kucai..enak banget. Tadi ada sambal petis pedas cup yang baru di kirim dari supplier, jadi pengen nyemil mendoan..pakai sambel petis ini..hemmm..yummy dech. Teman-teman yang kemaren menunggu sambal petis pedas dalam cup yang enak..udah ada lagi nich setelah beberapa waktu absen nggak buat supplierku. Dan sambal ini fresh..buatan baru..ketika aku pesan lho..serta pakai udang asli..bukan cuma limbah udangnya. Jadi ini petis kualitas bagus yang kental dan tahan lama. Selain di colek langsung ke gorengan,  bisa buat masak rujak cingur, tahu gimbal, dll.

Untuk resep mendoan..sudah pernah aku share ya di webku ini beberapa versi resep..di search aja ya.



1 comment :