Friday, August 26, 2016

Rempeyek Kacang Mede


Kemaren lagi pengen makan rempeyek yang renyah tipis. Biasanya..kalau  buat peyek aku lebih suka yang klasik, ala Yogya yang bulat dan kacangnya utuh. Karena seperti itulah jenis rempeyek yang aku kenal sejak kecil. Membuat rempeyek bulat ini, adonan tepungnya murni dari tepung beras, agak kental, jadi ketika di goreng akan bisa berbentuk bulat dengan taburan kacang tanah utuh yang rentep..atau padat. Untuk menggorengnya perlu dua kali goreng. Pertama di goreng hingga alum..atau layu terlebih dahulu, selanjutnya di goreng kembali hingga kering. Kalau langsung di goreng, akan memakan waktu lama proses penggorengannya.

Ketika di Semarang, aku jadi tau jenis rempeyek lain, yaitu rempeyek yang tipis dan bentuknya nggak beraturan. Rasanya lebih ringan dan renyah, karena adonan tepungnya itu encer.  Selain tepung beras, adonannya di campur dengan tepung tapioka, jadi lebih renyah dan mudah sekali kering ketika menggorengnya. Cukup sekali goreng, langsung renyah dan matang.  Namun gigitan rasa rempeyek agak kurang di banding rempeyek tebal Yogya. Kalau ini terlalu kres seperti keripik..hihi.

Tapi...masing-masing punya citarasa dan ciri khas tersendiri, jadi aku ya tetap suka semua. Nah...kali ini, aku mau share cara membuat rempeyek yang tipis dan renyah, serta bentuk tidak beraturan ya..karena prosesnya lebih mudah dan menggorengnya lebih cepat. Rempeyek kali ini juga spesial, aku buat bukan dengan kacang tanah, tapi memakai kacang mede. Rasanya..tentu saja lebih gurih dan enak sekali. Kacang mede juga mudah kering ketika di pakai untuk isian rempeyek. Jadi..sangat cepat dan mudah kok membuatnya. 

Di coba yukk teman-teman...mudah kok membuat rempeyek renyah ini. Video cara menggoreng rempeyek versi renyah dan tipis ini..juga sudah aku upload di Intagram aku ya..@bunda_didi. Silahkan follow aja ya akun aku jika ingin secara langsung mengikuti keseruan live dari dapurku setiap hari...hihi. Karena biasanya, sambil masak aku suka foto langsung atau buat video singkat waktu lagi proses masaknya..jadi *live gitu..kalau di Intagram...karena langsung upload dari hape.

Rempeyek Kacang Mede

Bahan :
100 gram kacang mede, potong kecil-kecil tipis
100 gram tepung beras
25 gram tepung tapioka
1 butir kuning telur
250 ml air / santan
2 lembar daun jeruk purut, iris halus
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
1/8 sendok teh gula pasir

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar
1/2 cm kunyit

Cara Membuat :
Campur semua bahan rempeyek dan bumbu halus
Panaskan minyak goreng, lebih bagus jika pakai wajan cekung, seperti wok besi
Tuang satu sendok sayur kecil adonan, sambil di tipiskan di pinggiran wajan
Siram-siram minyak panas hingga terlepas
Goreng hingga matang dan renyah
Dinginkan
Simpan di toples


4 comments :

  1. Mba... aku suka bgt peyek jogja yg tebel dg aroma kencurnya..kalo dimakan mantep.. share resep peyek jogjanya dong mba..maturnuwun

    ReplyDelete
  2. Mbak... punya resep sambal kacang pake mete...?? Saya mau dong.. terima kasih

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah..resep2nya enak2 sekali. Saya suka sekali. Mbak numpang tanya..kenapa tiap goreng rempeyek besoknya kok jadi lembek? Padahal gorengnya lama, sudah dingin simpan di kotak kedap udara. Salah di mana ya?

    ReplyDelete
  4. mantap ini resepnya, saya suka banget makan kacang rempeyek. thanks mba.

    ReplyDelete