Friday, August 5, 2016

Bubur Sumsum Jagung


Menu makan siangku tadi..Bubur Sumsum. Kemaren malam itu tidur jam 2 malam..karena ada masalah kerjaan yang harus dibereskan. Tapi tetap harus bangun pagi-pagi menyiapkan segala keperluan Yodha sekolah. Jadinya itu rada kliyengan..pusing..kepala berat..dan badan seperti melayang tadi pagi. Eh kok ya harus ada urusan keluar rumah seperti ke bank dll..setelah itu. Akhirnya pulang ke rumah jam 11 an itu kok..nggak nyadar aja tiduran bentar di day bed depan tivi...untungnya setelah itu agak mendingan. Padahal biasanya aku paling nggak bisa tidur siang. Tadi antara sadar dan tidak..tidur apa nggak..pokoknya badan udah menyerah  minta rebahan gitu...:D

Tapi anehnya..sambil tidur, karena perut laper, mimpinya kok makanan..hihi. Jadi aku mimpi makan Bubur Sumsum yang enak banget. We alah..cuma mau makan Bubur Sumsum aja kok di belain mimpi..Lol. Akhirnya jam 12 an bangun itu siang-siang aku masak Bubur Sumsum..buat makan siang..hihi. Gak pas banget ya menunya..makan siang Bubur Sumsum. Tapi tetap saja enak menurutku..lha wong kepengen..dan tinggal menelan aja saking lembutnya. Pas banget buat kondisi badan yang kurang fit.

Di kulkas masih ada semangkuk kecil jagung manis rebus, sisa buat skotel kemaren..aku masukin aja ke Bubur Sumsumnya..jadilah Bubur Sumsum Jagung manis..hihi. Aneh ?..Nggak kok..enak rasanya..lembut bubur berpadu kreyes-kreyes manis dari jagungnya...lumayan buat ngemil sehat..:D

Mau coba teman-teman..yuk di coba ya..pilih tepung beras yang baru ya..agar Bubur Sumsumnya nggak bau apek tepung. Masak Bubur Sumsum di api kecil, sambil terus di aduk agar hasil buburnya halus, nggak bergerindil.

Bubur Sumsum Jagung

Bahan :
100 gram tepung beras
600 - 650 ml santan ( tergantung tingkat kelembutan yang di inginkan )
50 gram jagung manis pipil yang sudah di rebus
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan

Saus, rebus hingga mengental :
100 gram gula merah
200 ml air
1 lembar daun pandan
1/8 sendok teh garam

Cara membuat :
Campur semua bahan bubur 
Masak hingga mendidih dan meletup-letup, sambil di aduk agar tidak bergerindil 
Cicipi rasa, jika sudah pas gurihnya, angkat
Sajikan dengan saus kinca gula merah


3 comments :

  1. wah pas bgt mbak diah,.si kecil lagi demam mw tak buatin ini aj..makasih mbak resepnya

    ReplyDelete
  2. wah pas bgt mbak diah,.si kecil lagi demam mw tak buatin ini aj..makasih mbak resepnya

    ReplyDelete
  3. WAH, enak banget mb harus di coba nich. Makasih resepnya ya mb

    ReplyDelete