Thursday, August 11, 2016

Perkedel Kimpul



Berbelanja ke pasar itu selalu menyenangkan..karena selalu ada bahan-bahan unik atau nggak biasa yang bisa kita olah. Karena pasar memang  pusat ekonomi, tentu saja...banyak penjual dan pembeli. Nah..kalau di pasar tempatku tuch unik..suka ada produk hasil bumi musiman yang di jual oleh Mbah-Mbah yang udah sepuh dan jualan apa adanya dari hasil bumi mereka. Seneng aku belanja ke mereka itu..selain menolong mereka agar dagangannya laku..juga yang di jual itu mesti unik-unik dan nggak biasa. 

Moga selalu sehat ya Mbah..agar bisa jualan terus. Salut dech..biar udah tua renta..mereka itu masih lincah jualan..kadang-kadang suka gimana gitu ya..melihat pengemis yang masih belum tua..badannya seger sehat, tapi lebih suka mengemis. Kalau aku lebih salut ke Mbah-Mabh yang jualan di pasar itu..walau nggak banyak hasilnya..tapi membuat mereka terlihat lebih bersemangat dan bahagia..menjalani hari-hari tuanya.

Nah..tadi aku tuch borong kacang rebus dari Mbah langgananku..terus nengok Mbah sampingnya kok jualan talas yang udah di rebus juga. Hemm..jadi kepikiran pengen beli..namun belum terpikir mau aku buat apa. Pertama mau aku buat gethuk..kangen gethuk talas yang unik gitu rasanya. Tapi kok males juga ntar yang makan aku sendiri..hihi. Akhirnya..aku buat perkedel aja.

Dulu waktu aku ngadain Give Away, banyak resep yang belum aku coba karena keterbatasan waktu. Nah aku ingat salah satu teman..mba Asma fauziah pernah mengirim resep perkedel Kimpul atau perkedel Talas ini. aku coba dech tadi. Ijin share resepnya di sini ya mba. Kata mba Asma..perkedel ini merupakan menu khas di daerahnya..yaitu Mungkid Magelang.

Perkedel ini unik..nggak pakai telur, dan berbumbu pedas..rasanya..kriuk di luar..lembut di dalam..malahan bisa kopong juga dalamnya..:D. Enak gurih rasanya. Cara membuatnya mudah, cuma yang sedikit tricky mungkin pas membentuknya, olesi tangan dengan minyak, agar tidak lengket ya teman-teman. Ok..ini dia resepnya ya, aku sesuaikan takaran dengan yang aku punya aja :

Perkedel Kimpul

Bahan :
300 gram talas kukus ( Kimpul ), yang sudah di lumatkan, 2 sendok makan tapioka
2 siung bawang putih
2 cabai rawit merah
3 cabai keriting merah
1/2 sendok teh kaldu ayam
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 cm kunyit bakar
Garam secukupnya

Cara membuat :
Campur semua bahan, aduk rata
Cicipi rasanya, jika sudah pas rasanya, bentuk bulat pipih
Goreng di minyak yag suah di panaskan hingga matang

Note :
Melumatkan Talas di lakukan ketika talas masih panas, bisa dengan garpu atau ulekan, karena tadi udah dingin, aku pakai food processor buat ngalusinnya.


2 comments :

  1. Kalau lihat yang jualan Mbah-Mbah itu sering timbul rasa kasihan. Kadang ada yang memang karena kebutuhan hidup, kalau nggak jualan nggak dapat uang. Ada juga yang karena nggak betah nganggur di rumah. Jadi malu kalau malas-malasan padahal yang Mbah-Mbah aja semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupp mba..moga kita tetep bisa berkarya terus juga ya hingga tua..amin..:D

      Delete