Tuesday, August 9, 2016

Ikan Pindang Berkecap


Kalau masak mengandalkan tukang sayur, ya apa adanya yang ada...hihi. Karena biasa tukang sayur itu jualnya apa yang biasa di jualnya tiap hari. Kalau di pasar kan  kita bisa puas pilih-pilih apa yang mau kita masak. Nggak tau ya mungkin ya mereka hafalan aja..apa yang biasa di jual..ya itu-itu terus. Sering ngobrol..sama Budhe sayur langgananku..kok nggak jual ini..itu....aku sarankan gitu. Budhenya bilang takut nggak laku..hihi.


Jadi..jika nggak ke pasar..akhirnya masaknya ya ikutan itu-itu saja..sesuai apa yang ada di tukang saayur. Salah satu lauk yang mesti selalu ada di tukang sayur, pasti ini nich..ikan pindang keranjang. Kalau lagi kepepet nggak punya lauk..ya udah..aku ya beli apa adanya. Untungnya kok ya aku suka ikan pindang..suami juga. Kecuali Yodha..nggak suka blas..hihi.

Untungnya lagi..ikan Pindang ini pun enak di masak apa saja..jadi aku nggak pernah bosan sich. Kemaren..waktu beli pindang lagi..aku masak kecap pedas aja...favorit suami. Di masak agak berkuah..pakai potongan tomat hijua, rasanya jadi seger..pedes dan gurih. Enak dan nglawuhi walau masakan sederhana pokoknya.

Kalau memilih ikan pindang yang fresh, pilih yang warnanya masih mengkilat..nampak segar ya teman-teman. aromanya juga masih fresh..aroma gurih..karena ikan pindang ini sebenernya udah di masak ya dengan cara di rebus dengan garam. Oke dech..ini dia resepnya ya :

Ikan Pindang Pedas Berkecap

Bahan :
4 buah ikan pindang
10 buah cabai merah, iris miring
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih, iris tipis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
5 buah tomat hijau, potong kecil-kecil
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh kaldu sapi, dan garam secukupnya
2 sendok makan kecap ( sesuai selera )
1/2 sendok teh terasi bakar
500 ml air

Cara Membuat :
Goreng ikan pindang hingga matang dan agak kering
Tumis bawang merah, bwang putih hingga layu dan harum
Masukkan cabai dan daun salam serta lengkuas, terasi, aduk hingga cabai layu
Masukkan air, ikan, tomat dan semua bumbu lain
Mask hingga meresap dan kuah sedikit menyusut
Cicipi rasanya, jika sudah pas, angkat
Sajikan hangat

4 comments :

  1. Mbak, ini bumbunya mirip asem-asem tempe ala Mbak Diah itu yaa.. :) saya sering bikin asem-asem tempe resep Mbak Diah, enaaak.. matur nuwun dah berbagi Mbak.. :)

    ReplyDelete
  2. Wuiiiiihh Mantap banget yanh chef boleh ga aku nyicipin

    ReplyDelete
  3. slah satu makanan kesukaanku nih.. pindang... hehe nyum..nyum.. :9

    ReplyDelete