Wednesday, August 31, 2016

Sambel Goreng Kacang Tholo & Krecek


Maaf kemaren absen posting teman-teman..kemaren seharian hingga malam syuting video lagi yang untuk program COOK & SHARE diahdidi.com. Jadi program di You Tube chanel ini adalah program yang resmi dari web aku dalam pembuatan video resep. Dalam program ini biasa aku membuat menu-menu baru yang kreatif, unik dan belum pernah aku posting di web. Makanya syutingnya juga beneran, pakai konsep..di buat oleh team profesional, dan tentu saja dengan kualitas video yang bagus. Kalau yang  video harian biasa berisi tips-tips ringan saja..kadang aku buat sendiri dengan kamera biasa yang ada di rumah...kadang aku upload langsung di Instagram aku di @bunda_didi atau di You Tube juga tapi di segmen tips harian aja.


Oke..tunggu video terbaru aku yang di program COOK & SHARE ya. Sekarang aku mau share dulu resep sambel goreng Kacang Tholo dan krecek, yang rasanya tidak terlalu pedas, tapi warna dan penampilan tetap menggugah selera, sehingga masih bisa di konsumsi anak-anak atau buat teman-teman yang kurang suka rsa pedas berlebih. Kuncinya adalah kita buang biji cabai yang akan kita gunakan untuk membuat sambel goreng ini, maka rasa pedas akan berkurang. 

Untuk mendapatkan warna yang cantik pada kuahnya, sebelum di haluskan, rebus cabe hingga berubah warna saja, tidak perlu sampai lembek ya cabainya..jadi cukup sebentar di masukkan ke air mendidih. Selanjutnya, tinggal di haluskan kembali seperti biasa dan di tumis bersama bumbu lain. Untuk mendapatkan warna masakan yang cantik juga, kita harus menumis bumbu hingga benar-benar matang, baru masukkan santan dan bumbu-bumbu lain. Agar citarasa sambel gorengnya lebih ringan, terutama untuk anak-anak yang kurang menyukai masakan berbumbu, iris tipis saja bawang merah dan bawang putihnya, maka citarasa sambel gorengnya akan terasa lebih ringan dan segar.

Oke..sekarang aku share langsung ya resepnya :

Sambel Goreng Kacang Tholo & Krecek

Bahan :
100 gram kacang tholo, rendam dalam air selama 3 jam
50 gram krecek / rabak sayur
1000 ml santan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas
1 sendok teh kaldu sapi ( aku pakai ALSULTAN..udah ready lagi nich stoknya teman-teman..:D )
1 sendok makan gula merah atau sesuai selera
6 siung bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
8 buah cabai merah keriting, buang biji, rebus sebentar, haluskan

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga benar-benar matang dan harum
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan kacang tholo, masak hingga setengah matang dengan api kecil
Jika sudah agak empuk kacang tholonya, masukkan rambak atau krecek
Masak hingga matang semua bahan dan bumbu meresap dengan api kecil hingga warna berubah cantik kemerahan kuahnya.


No comments :

Post a Comment