Monday, August 8, 2016

Es Kacang Hijau Madura




Masih punya sisa bubur kacang hijau di kulkas,  sayang jika di buang..jadilah di daur ulang..jadi es kacang Hijau Madura. cara membuatnya mudah banget, ya tinggal bubur kacang hijau tambah pelengkapnya..hihi.

Aku kenal es bubur kacang hijau ala madura ini di Semarang juga. Di sini ada yang jual bubur kacang hijau Madura, tapi di beri es serut banyak. Kemudian di beri topping susu kental manis coklat dan sirup frambozen. Jadi..walau di kasih es serut banyak..akan tetap manis, karena ada tambahan sirup dan susu kental manis. Dulu aku kira itu ya agak aneh..bubur kacang hijau kok campur-campur. Tapi setelah aku coba..kok jadi suka sekarang.

Rasanya..seger banget lho..aku suka..dan ternyata kompak aja rasanya..bersatu padu membentuk rasa manis gurih dan segar..enak..:) Selain itu es ini mengenyangkan juga, karena selain ada bubur kacang hijau, ada ketan hitam, ada potongan roti tawar juga..komplet dech rasanya.

Oke..ini dia resep kompletnya ya..aku kasih dari awal aja..biar mudah ya teman-teman jika mau coba :)..Ini es batunya aku umpetin di bawah mangkuk, biar keliatan isi buburnya..hihi. Jika mau lebih gurih, masih bisa di kasih toping santan rebus lagi. tapi aku nggak pakai lagi..karena suka yang di campur aja...ke kacang hijau santannya.

Es kacang Hijau Madura

Bahan:
250 gram kacang hijau, rendam 1 jam
1.000 ml air
2 cm jahe kupas, dimemarkan
2 lembar daun pandan
2 lembar daun pandan
200 gram gula pasir ( sesuai selera ya manisnya, kalau aku suka nggak terlalu manis, soalnya masih di tambah sirup dan susu kental manis penyajiannya )
2 sendok teh garam
2 l santan dari 2 butir kelapa

Bahan Ketan Hitam:
200 gram ketan hitam, direndam 2 jam
50 gram gula pasir
1 lembar pandan
1/4 sendok teh garam
1.000 ml air

Pelengkap:
5 lembar roti tawar, dipotong bentuk dadu
Sirup frambozen
susu kental manis
Es serut secukupnya

Cara membuat:
Didihkan air, rebus kacang hijau, jahe, dan daun pandan sampai lunak dan
agak hancur ( Jika mau cepat pakai presto ) Masukkan santan dan vanili sambil diaduk perlahan sampai mendidih dan harum.
Ketan hitam: Kukus beras ketan 20 menit sampai mekar.
Didihkan air. Masukkan beras, daun pandan, dan garam. Masak sampai matang dan meresap. Sisihkan.
Sajikan bubur kacang hijau dengan ketan hitam dan pelengkapnya.



4 comments :