Tuesday, May 31, 2016

Lontong Sayur Pepaya Muda Dan Kacang Panjang


Ini menu kemaren..lihat lontong masih ngganggur di kulkas kok sayang. Akhirnya pengen makan lontong sayur aja. Pilihan jatuh ke Lontong Sayur Pepaya Muda,..karena bahannya ada di depan rumah..tinggal metik..hihi. Kebetulan di Budhe sayur ada kacang panjang muda-muda juga..klop dech. 

Untuk bumbunya, karena pakai lontong aku pilih yang bumbu komplet..jadi mirip-mirip ketupat Betawi..selain bumbu utama bawang merah, bawang putih dan cabe, pakai jahe dan kunyit juga. Jadi warna kuahnya lebih cantik dan keliatan berbumbu *mlekoh gitu.

Biar makin sip..pakai tambahan ebi juga..hemmm..enak dech..jadinya gurih banget kuahnya. Yodha makannya sama semur daging dan telur. Tapi sebenernya pakai sayurnya aja udah enak lho. Yang kurang cuma kerupuknya..kemaren lagi kehabisan stok kerupuk.

Agar kacang panjangnya tetap cantik warnanya, masuknya jangan bareng pepaya ya teman-teman. Pepaya kan butuh waktu untuk empuk dan menyerap bumbu. Jika sudah setengah matang, baru masukkan kacang panjangnya. Jadi kacang panjangnya tetap cantik dan nggak overcooked. Tapi jika sayur sudah di panasin esok harinya..walau kacang panjangnya lembek ya tetep enak..hihi.


Jika susah cari pepaya muda..pakai labu siam juga enak kok teman-teman. Selamat mencoba ya..jika suka. Sajikan Lontong sayur ini dengan semur telur, tahu, daging atau lainnya..hemm..tambah enak sekali. Ini dia resepnya ya :

Lontong Sayur Pepaya Muda

Bahan :
300 gram pepaya mengkal, potong korek api
10 lonjor kacang panjang, potong-potong
800 ml santan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas 1 batang serai, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
1 sendok makan ebi, rendam air panas hingga mekar

Bumbu Halus :
10 buah cabai merah keriting, buang biji jika mau nggak terlalu pedas
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
1 cm jahe
1 cm kunyit

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar harum dan matang
Masukkan santan, ebi dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan pepaya
Mask hingga pepaya layu dan setengah matang
Masukkan kacang panjang
Masak kembali hingga kacang matang
Koreksi rasa
Sajikan hangat


9 comments :

  1. Masya Allah..hmmm 'menggoda iman' :)
    Terimakasih mbk Di..Cabe merah tak skip,ganti sweet paprika..Alhamdulillah sama menor merah nya.
    Salam dr Erna Jongmans.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba erna..wah..aku belum pernah masak pakai parika di ulek ya mba ?..Biasa cuma buat sapi lada hitam kalau paprika..:D

      Delete
  2. Assallamuallaikum mba Diah..
    Diresep airnya 800ml,tp di cara membuat pakai santan ,santannya berapa ml kah mba Diah dan setelah santan masuk apakah ditambah air lg yg 800ml mba Diah?
    Trims-Lian ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 800 ml santan itu mba..salah tulis......:D

      Delete
  3. waaaahh bikin lapar aj nich mbak di.. itu lontongnya beli apa bikin sendiri mbak..??
    tips cara bikin lontong yg cepet donk mbak..?? hehehe ^ _ ^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lontong ceet beras di aru dulu mba hgg setengah matang, abis itu di bungkus daun pisang..rebus dech..pakai panci presto lbh cepat lagi.

      Delete
  4. Duh enak banget ini mah.. Sudah lama gak makan pepaya muda.

    ReplyDelete
  5. Halloo mbak diah... saya penggemar mbaknya! Hihi... suka bgt sm semua resep mbak diah, menurut saya resepnya sangat membantu dan bisa di praktekkan di dapur sendiri..
    Kalau mb diah gak keberatan boleh dong share bagaimana cara penggunaan microwave oven, dan apa bedanya dg oven. Terima kasih banyak sebelumnya 😊

    ReplyDelete