Google Ad

Monday, June 20, 2016

Gembrot..Bukan *Gemuk ya..Tapi Nama Makanan


Wuaa..maaf teman-teman, kemaren absen posting...terus hari ini slow respon orderan di wa atau email. Kemaren nyiapin acara untuk syuting video resep hari ini..seharian wira-wiri cari properti..bahan dll. Ya..walau masih belajar, tapi tetap harus banyak belajar, kami ingin membuat hasil yang terbaik..jadi persiapan aja banyak..haha. Maklum bukan artis yang yang punya banyak assisten..saya mah ibu rumah tangga biasa yang..harus nyiapin semua sendiri jika ada acara..untung tadi di bantu banyak kru tadi..ada mba Elmi..ada mba Tri..ada Puji artku..untuk seksi beres2 dll...love you all hihi. Jadi syuting 3 resep sehari bisa cepat dan sesuai jadwal. Tunggu video COOK & SHARE with Diah Didi episode ke empat ya teman-teman. Menunya apa..tunggu tayang ya..di you tube aku. Insyaallah..nati nggak miring-miring nggak penting lagi kepalanya..hahah. Baca komen teman-teman mengenai video resep2 ku yang pertama, kedua, dan ketiga, pada kompak kalau aku suka miring-miring nggak penting.

Tapi..tadi pas di foto kok ya tetep miring..hahah, tapi kalau di video..nggak kok..:D


Nah..barusan aja selesai syuting videonya..langsung buka komputer..ingat dari kemaren belum posting dech. Untuk kemaren sempat buat menu baru. Menu yang unik..ndeso sich..ndak tau ada yang doyan atau tidak..hahah. Tapi menu ini menurutku menu yang eksotis gitu..jadi kok tidak ada salahnya aku dokumentasikan di webku ini.

Menu Gembrot ini dari kecil aku sering makan. Ibuku jika tidak ada lauk di rumah..dulu suka buat Gembrot ini. Tinggal ambil kelapa muda di kebun, di parut, di bumbuin..lalu di bungkus daun dan di bakar saja di atas bara api hingga matang. Di makan panas-panas pakai nasi hangat itu..enak sekali dulu itu..hahah..mungkin karena dulu ndak ada lauk lain kali ya..cuma sama goreng tempe aja biasanya..haha. Kenangan masa kecil di tengah keluarga besar, orang tua sederhana dengan banyak anak..itu kadang mengharukan, tapi juga menyenangkan. Salut sama perjuangan bapak ibuku..dan sampai sekarang alahamdulillah sudah mentas semua anak-anaknya, bisa masih bisa menyaksikan kebahagiaan anak cucu.

Nah kemaren lagi kangen gembrot buatan ibuku...jadi aku buat aja sendiri. Mau coba teman-teman..yukk ini dia resepnya ya.

Gembrot

Bahan :
1/2 butir kelapa muda yang sudah bisa di parut, tapi masih lemes, yang biasa buat bothok
5 buah cabai rawit merah
2 buah cabai merah
1/2 sendok teh garam (sesuai selera )
2 sendok teh gula merah
50 gram tempe semangit yang sudah lembek
Daun untuk membungkus

Cara Membuat :
Campur semua bahan, kecuali tempe semangit.
Koreksi rasa
Jika sudah pas, masukkan tempe semangit, aduk rata
Aduk rata
Ambil dua lembar daun pisang, beri adonan secukupnya
Bentuk pipih panjang
Bakar di atas bara api hingga matang 



6 comments :

  1. mbak kalau di tempatku gembrot itu bothok daun sembukan kalau kata orang dulu buat )maaf untuk mengurangi bau badan)dan buatnya kadang di campur sama daun luntas.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. aku tinggal di pacitan mbak, kadang masakannya mirip daerah jogja/jawa tengah.. gembrot yg biasa dibeliin sama nenekku pas aku masih kecil ya ini tp bumbunya putihan plus dicampur ikan asin, jadi agak mirip pepes ikan tapi pakai parutan kelapa muda yg banyak 😀

    ReplyDelete
  4. Assallamualaikum mba Diah..yg sukanya miring2 ga penting ..hehe jangan marah ya mba Diah,tp emng ganggu sih miring2 ga penting itu klo lg liat video youtubenya mba Diah..tp ya itulah gayanya n ciri khas Diah Didi hehe..piss
    Salut loh saya mba, udh sibuk orderan tiap hari ,urus keluarga,posting diweb ,masih sempet buat syuting video.
    Trims yaa..resep2nya semangat terus mba diah

    ReplyDelete
  5. Kl d cirebon, minus tempe semangit'y tp d tmbah terasi bakar, nama'y "Pelas Trasi"
    Tp sy ga doyan... rasa'y aneh buat lidah sy...
    Heheh...

    ReplyDelete
  6. Di Malang masih ada menu sate kelapa..di warung2 rawon biasanya. Rasanya enak..apalagi yg dipanggang

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel