Thursday, May 19, 2016

Nugget ..Versi Beda Resep


Beberapa teman sering menanyakan bagaiman membuat nugget yang tekturenya seperti nugget kemasan yang beredar di pasaran. Tekturenya masih terasa cincangan daging ayamnya ya. Baiklah..setelah mencobanya kemaren..aku rasa tekturenya sudah cukup mendekati. Cuma kenyalnya yang masih sedikit belum sempurna..karena jika mau kenyal banget bisa pakai pati modied khusus ya jika nugget-nugget industri itu..dari yang aku baca. Ada juga yang bilang kalau nugget industri itu pakai tambahan pengenyal seperti bakso..nggak tau juga ah. Kalau buat sendiri..di rumah yang penting enak..nggak terlalu kenyal nggak masalah...yang penting enak. Aku pakai tepung yang ada di rumah aja..tepung bakso..sudah cukup kenyalnya. Atau bisa pakai sagu biasa teman-teman. 

Jadi resep versi ini nggak pakai tepung roti atau roti tawar ya di campuran adonannya, tapi pakai campuran sedikit tepung. Terus nggak di giling daging ayamnya, tapi di cincang. Jadi masih terasa tekture daging ayamnya. Yang unik lagi..resep ini nggak di kukus..di panggang dulu, baru di cetak dan di panir. Tehnik unik ini yang menarik perhatianku..karena secara logika memang jika di panggang...rasa juicy daging ayamnya masih terasa dan nggak hilang kena uap air ya seperti jika pakai tehnik di kukus nuggetnya. Setelah aku coba..memang lebih enak dan alami tekture dan rasa ayamnya.

Karena di panggang nugget ini pakai bumbu minimalis aja. Resep asli dari Tante yang punya toko bahan kue di dekat rumahku..katanya ini resep yang biasa di pakai untuk industri nugget rumahan dari toko mesin-mesin usaha gitu. Resep asli itu pakainya kaldu blok..garam, gula merica. Kalau aku aku tambahin bawang putih bubuk juga biar makin gurih. Setelah aku coba kemaren..hemm..memang lebih enak..dan tekture sudah mendekati seperti nugget kemasan. 

Ok..jika mau coba..ini dia resep dasarnya teman-teman..mau di kombinasikan aneka sayuran..keju, dll..silahkan ya. Takaran bumbu ini sesuai seleraku sendiri ya..silahkan di sesuaikan.
Nugget Ayam

Bahan :
300 gram daging ayam cincang
50 gram tepung sagu
2 butir telur ayam
100 ml susu cair tawar
1 sendok teh kaldu ayam bubuk dan garam sesuai selera ( resep aslinya pakai 2 blok kaldu ayam..:) ..tapi aku takut terlalu gurih...jadi sesuaikan selera saja ya ..)
1 sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh bawang putih bubuk ( aslinya nggak pakai )

Aduk rata semua bahan
Koreksi rasa dengan cara mengambil sedikit adonan dan di goreng hingga pas gurihnya sesuai selera.
Masukkan ke loyang yang sudah di oles minyak
Panggang hingga matang di suhu sedang sekitar 30 - 40 menit hingga adonan padat dan kesat aja...bukan gosong / kering ya
Dinginkan
Potong sesuai selera
Gulingkan potongan nugget ke tepung terigu, celup kocokan telur
Gulingkan ke tepung panir kasar, lalu simpan di kulkas sebentar agar panir melekat sempurna
Kemas rapat, simpan di freezer atau langsung goreng.
Noted :
Memanggangnya di suhu sedang..sesuaikan kondisi oven masing2..kalau ovenku besar soalnya.nanti beda kondisi jika aku tuliskan suhu. Pokoknya tujuan mengoven ini..mematangkan adonan hingga adonan jadi padat dan kesat, tidak sampai gosong atau kecoklatan seperti mengoven cake ya..hihi.
Di tes aja..sentuh permukaannya atau tusuk pakai garpu..jika udah padat adonannya berarti udah matang.
Jika mau untuk usaha, bisa pakai bahan pencelup yang murah meriah..terigu, air dan garam di larutkan seperti adonan tepung untuk pencelup gorengan, tapi lebih encer sedikit.


20 comments :

  1. mba didi.. kalau blm punya oven manggangnya gimana? bisa jadi dikukus aja x ya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya di kukus aja mba..cuma gak jadi keset ya tekturenya..:D

      Delete
  2. waaah makasih resepnya mba didi, pgn nyobain. abisan kl bkin nugget suka salah2 >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..semoga sesuai selera ya :)

      Delete
  3. Sedaap sepertinya ya , praktis pula ;)

    ReplyDelete
  4. mba diah, untuk pencelupnya ,pakai putih telur atau telur utuh.makasih

    ReplyDelete
  5. Wah...makasih banget resepnya mbak Didi. Anak-anakku suka banget sama nugget...kalo beli bisa sampe berbungkus-bungkus. Bisa nyoba bikin sendiri nih..

    ReplyDelete
  6. Mbak suhu sedang itu berapa derajat ya mbak... ��

    ReplyDelete
  7. Diah Bunda CheRaMay 19, 2016 at 2:27 PM

    hmm..dipanggang ya mb..klo aku terakhir kmrn kan di lontong,,next pengen coba yg dipanggang ini,,krn mmg blm nemu kenyel yg kenyel,,tp pake resep yg pake bwg merah n pala ga masalah kan mb soale rasa udh pas selera yg itu,,susu di skip pengaruh ga ya mb..oya mb,,video youtube udh tak lalap habis smua..tp msh penasaran video steaknya ko mlah blm ada...thx mb DD..

    ReplyDelete
  8. Susu cair bisa diganti air kaldu ga bu? Anak saya alergi susu. Sebenernya susu di resep nugget tu fungsinya untuk apa ya?

    ReplyDelete
  9. Susu cair bisa diganti air kaldu ga bu? Anak saya alergi susu. Sebenernya susu di resep nugget tu fungsinya untuk apa ya?

    ReplyDelete
  10. Mba diah kemana yaa banyak yg nanyaa tuh mba 😃😃😃😃😃.. nuwun resepnya nuggetnya mba..😃😃

    ReplyDelete
  11. Mba diah kemana yaa banyak yg nanyaa tuh mba 😃😃😃😃😃.. nuwun resepnya nuggetnya mba..😃😃

    ReplyDelete
  12. Mbak klo manggangnya pake happy call bs nggak ya soalnya gak py oven

    ReplyDelete
  13. Siap dipraktekan mbak...
    Ade-bekasi

    ReplyDelete
  14. Lagi kucobaaaa di rumah sama mami...,,semoga enyyaakk

    ReplyDelete
  15. mbak susu cair tawar itu apakah pakai susu low fat yg kemasan?

    ReplyDelete
  16. Udah cobain resepnya, enak mba Diah, tengkyu ya resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak lusia mau tanya dong manggangnya di suhu berapa ya? Sukses mateng sampe dalam kan mbak nuggetnya? Mau eksekusi galau kurang mateng dalamnya kalo suhu ga pas 😁

      Delete