Tuesday, May 17, 2016

Sambal Bawang Iwak Pe



Menu hari ini yang pedes-pedes...hihi. Tadi ke pasar iseng kok beli cabe rawit hingga 250 gram. Jadilah aku ingat waktu makan di salah satu Cafe Mie pedas berlevel beberapa hari lalu..ada menu unik..mie goreng pedas..dengan tingkat kepedasan berlevel..dari cabe 1 hingga cabe 75. Berapapun cabe yang di request..harga sama setiap porsinya. Hihi..apa nggak rugi ya..tuch resto. Tapi tak pikir-pikir yo nggak ya..karena mana mungkin ada yang berani pesan satu porsi mie dengan memakai cabai rawit sejumlah 75 buah yang sama saja hampir 250 gram. Jadinya kan sambal mie ya kali..hihi. Nama menunya Unik..Mie Dugem Nggak Pulang. Iya..kalau makan cabai segitu dalam sekali waktu dan sepiring ya memang nggak pulang ke rumah kali ya..tapi pindah nginap di RS..hihi. Tapi salut dech sama kreatifitas pengusaha kuliner sekarang ini..unik-unik..dan memang ternyata bisa menarik pelanggan tersendiri.

Nah..untuk menguji seberapa pedas cabai rawit merah 75 biji itu jika di buat sambel..aku tadi coba hitung cabai rawit merah yang aku pakai untuk sambel bawang ini..75 biji persis..hihi. Sudah di campur bawang merah banyak aja..tetep nampol pedesnya. Aku makan sesendok aja udah bisa ngabisin 1 piring nasi..hihi. Nggak kuat dech..kalau suruh ngabisin 75 cabai rawit langsung. Jadi karena ini sambelnya awet..ya di makan dikit-dikit aja sesuai kebutuhan. Kali ini aku kombinasi pakai Iwak Pe sambel bawangnya. Hem..enak  banget...tinggal bikin sayur gurih atau sayur lodeh nangka besok..buat temen makan sambel bawang iwak pe ini.

Untuk membuat Sambal Bawang...aku tetap pakai terasi..agar citarasanya lebih enak. Kalau ngga pakai terasi terasa agak cemplang  menurutku sambel bawang itu..jika cuma pakai garam thok..hihi. Kalau pakai terasi..jadi lebih gurih dan sedep. Apalagi pakai terasi Juwana yang aku jual..hemm..enak..harum dan fresh terasinya. Ayuk..yang mau nyetok terasi buat persediaan bulan puasa nanti..segera di order ya..hihi..mumpung kurir masih lancar..:D. Buat persiapan puasa..terasi Juwana di pakai untuk membuat stock sambal terasi matang atau sambel bawang seperti ini..sungguh enak.

Bahan tambahan sambelnya..Iwak Pe. Iwak Pe nya aku goreng dulu kemudian  di potong-potong kecil. Lalu di masak bersama sambalnya. Rasanya enak sekali..sambal bawang yang pedas dan gurih berpadu harum aroma khas Iwak Pe nya..hemm...sesendok aja udah ngabisin nasi..hihi. Sambel bawang ini  bisa di simpan ya teman-teman. Jika mau lama..simpan di kulkas..jika mau buat stock sambal di meja makan, simpan di toples atau wadah tertutup dan jika ngambil sambalnya, pakai sendok kering ya...agar sambelnya awet.

Ok..buat penyuka pedes...yang mau coba..ini dia resepnya :

Sambal Bawang Iwak Pe

Bahan :
Iwak Pe 5 buah, goreng hingga kering, potong-potong kecil
200 gram cabai rawit merah ( 75 biji..:D )
100 gram bawang merah, potong-potong
3 siung bawang putih, potong-potong
1/2 sendok makan terasi bakar
1/4 sendok teh peres garam ( atau sesuai selera )
Gula pasir atau merah sedikit..sesuai selera
Minyak goreng agak banyak, 150 ml kira-kira

Cara Membuat :
Goreng cabai merah, bawang merah dan bawang putih
Haluskan kasar aja, cabai, bawang merah dan bawang putih, garam serta terasi
Tumis kembali menggunakan minyak sisa menggoreng Iwak Pe dan bahan sambal 
Tambahkan gula, aduk rata
Koreksi rasa
Dinginkan, simpan di wadah tertutup ketika sambal sudah dingin.

Iwak Pe itu seperti ini ya teman-teman..jika tidak ada ya di ganti ikan lain aja yang di goreng atau ganti teri, ebi, dll ya tetep enak juga.


14 comments :

  1. waaaaahh pedez nya sampek ranguati ati mbak.. sampek ngeces nich liat nya.. *_*

    oya mbak diah request aneka olahan ikan nila merah donk..?? kyaknya mbak di blom pernah posting resep ikan nila nich..

    di tunggu postingannya ya mbak..?? *_^

    ~zahra jaksel~

    ReplyDelete
  2. Mb Diah ini pinter banget bikin lauk yang nglawuhi hehe...iwak pe ini ikan asap ya ? temennya ikan manyung ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..manyung..pari..bisa di buat iwak panggang..:D

      Delete
  3. Hahaha.. mba alu baca cabe rawitnya mpe tak ulang2 mba 😄😄😄😄 cocok dehhh.. endesss mesti kalo bikin ini.. 😄😄😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...asal tahan pedes yo mba..:D

      Delete
  4. Hahaha.. mba alu baca cabe rawitnya mpe tak ulang2 mba 😄😄😄😄 cocok dehhh.. endesss mesti kalo bikin ini.. 😄😄😄😄

    ReplyDelete
  5. Waaaahhh kemecer plus mules2 nek iki mb dyy..tur ngabisin nasi..😂😂

    ReplyDelete
  6. Hot bgt itu ya mbak, tp saya suka pedas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau cuma dikit ra po po mba Lisna..mba Jiah..:D

      Delete
  7. Mbak diah..minyaknya 150ml tuch untuk nggongso sambel lagi setelah diuleg kasar kah atau untuk nggoreng bawang cabe sebelum di uleg..suwun nggih mbak sebelumnya..sherly liphandika

    ReplyDelete
  8. Mbak diah..minyaknya 150ml tuch untuk nggongso sambel lagi setelah diuleg kasar kah atau untuk nggoreng bawang cabe sebelum di uleg..suwun nggih mbak sebelumnya..sherly liphandika

    ReplyDelete
  9. Buat goreng bahan sama numisnya mba :)

    ReplyDelete
  10. Mba Diah, mau tnya itu iwak pe itu ikan jenis apa ato nama lainnya apa ya? Bli uda yg di asap ya Mba?

    ReplyDelete