Saturday, May 14, 2016

Sate Ayam Rebus Ala Warung Soto



Maaf ya teman-teman..telat posting menu baru. Kemaren ada acara cooking class di luar seharian..di undang Dharma Wanita di Undip..pulang ngerjain kerjaan harian...packing dll. Alhamdulillah aku kok seneng ya..sesekali sharing ilmu di luar..bisa ketemu banyak orang. Sampai banyak teman yang tanyain aku buka kursus masak atau nggak. Kalau buka kursus privat belum saat ini, tapi jika teman-teman punya kelompok ibu-ibu..komunitas, sekolah, dll..jika mau mengundang saya untuk acara cooking class silahkan..Saya bersedia berbagi ilmu ya. 

Jadinya dari kemaren masak yang simple-simple aja. Ini tadi cuma buat soto dan sate rebus. Punya ayam kampung separuh..paling enak buat soto aja..kalau di goreng tanggung bumbunya. Nah..biar lebih mantep..daging ayamnya aku buat sate rebus ala warung-warung soto itu lho teman-teman. Jadi satenya nggak di bakar..tapi cuma di rebus aja. Sate rebus ini, tapi paling enak pakai ayam kampung ya teman-teman..kalau pakai ayam biasa kok kurang enak. Karena sate rebus ini paling enak agak kenyal liat khas ayam kampung..nggak terlalu empuk gitu satenya. Jadi tekture ayam kampung masih terasa gurih dan manis citarasanya.

Cara membuat sate ini cukup mudah..Setelah ayam di rebus kuah soto, angkat, lalu potong-potong kecil agak lebar-lebar. Tusuki dengan tusukan sate, sisihkan. Selanjutnya siapkan kuah soto secukupnya, masukkan sate dan kecap manis secukupnya. Lalu rebus kebali hingga bumbu meresap ke dalam sate. Koreksi rasa. Sudah..matang..gitu aja kok cara masaknya. Sajikan sate ini dengan sedikit kuah..jadi kalau makan sambil di celup-celup kuahnya. Mudah kan..!

Sate rebus ini ada berbagai versi..ada yang berwarna putih bercitarasa gurih aja..berarti nggak pakai kecap. Ada juga yang kecoklatan rasanya gurih manis. Kalau agak kecoklatan itu di tambah kecap sesuai selera. Kalau aku suka agak manis...jadi pasti aku kasih kecap...kalau buat sate rebus seperti ini. Mau coba teman-teman ?..Silahkan. Resep sotonya..bisa pakai resep soto apa aja ya..soto kuning bisa..dll..silahkan di search di webku ini..banyak resep soto. 

Oke..happy weekend teman-teman...! 



10 comments :

  1. Mb dyy,,kpn2 boleh dong cooking class di kampung kita..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba..aku nek mudik kayak kilat..kadang langsung bolak bbalik Yogya Semarang :D

      Delete
  2. apa bumbunya mbak diah d ? sate rebus itu ?

    ReplyDelete
  3. mbak aku punya kantin, di kampus. dulu saya jual mie ayam n bakso, awalnya laris manis, kok....lama lama mahasiswa pada kurang berminat, kok sekarang pada suka soto n kare ayam. Kalo mbuat soto Lamongan yang enak apa resepnya ? SALAMMUN'ALAIKUM.

    ReplyDelete
  4. Bumbunya sama dengan bumbu sotonya Pak..kalau Saya ambil sebagian kuah soto untuk merebus satenya, bersi sedikit kecap.

    ReplyDelete
  5. wahhh...
    mantep banget nih satenya, lezat banget...
    kayaknya istri saya harus coba-coba masak ini nih....
    mantap, terim kasih dan salm kenl mba.

    ReplyDelete
  6. Mbak Diah,

    Kalau ayam diganti telur puyuh, ati ampela, usus dll bisa ga Mbak? Ala-ala sate pelengkap soto gitu. Yang biasanya ada di tukang bubur jugak. Hehe. Resepnya sama ga sih, Mbak?

    Terima kasih.
    Siwi

    ReplyDelete
  7. waow..mantaab..enak banget tuh kayaknya..jadi pngen nyicipi

    ReplyDelete