Thursday, May 5, 2016

Udang Goreng Mentega Pedas Manis




Selamat libur panjang teman-teman...:)
Kalau kita di rumah aja nich..nggak ke mana-mana..nunggu 7 harian Eyang Yodha. Sebenernya pengen pulang ke Yogya juga sich..ibu juga lagi gerah..tapi ya nggak apa-apa..gantian aja nanti kalau ada libur panjang lagi.

Efek liburan nich..kok jadi males masak yang ribet-ribet juga. Menu ini simpel..cepat saja...15 menit udah mateng..:D. jadi cocok buat hari libur yang lagi pengen malas aja sebenernya, tapi masih menyelesaikan beberapa kerjaan, beres-beres rumah, dll. Jadinya tadi masak yang super simple dan cepat saja. Udang Pedas Manis. Aslinya resep Udang Goreng Mentega biasa, aku mofifikasi dengan tambahan saus sambal..jadinya pedas manis dech..enak..Yodha suka. Alhamdulillah dia udah suka udang dan kepiting, jadi lumayan nggak bingung lagi buatin lauk untuk dia. Tapi Yodha sukanya ya yang bersaus asam manis atau pedas manis gini.

Tips Memasak udang, pilih udang yang segar ya teman-teman. Tandanya bdan masih kesat..kencet..nggak kisut-kisut..dan jika di pencet masih keras. Kepala udang juga belum terpisah dari badannya. Aromanya masih fresh bau udang segar, bukan amis ya. Kalau udang segar, di masak akan berubah jadi orange cantik, dan bagian ekornya tidak ada totol-totol hitam. Kalau makan di restoran, udangnya ekornya bertotol hitam kecil-kecil..itu tandannya udang sudah tidak segar lagi..:D

Udang segar itu di masak apa aja enak. Nggak perlu bumbu yang ribet juga udah enak. cukup di cuci bersih, belah punggungnya..lumuri dengan sedikit garam dan tepung tapioka ( kalau aku lebih suka potato starch, lebih kriuk hasilnya ), lalau di goreng. Udah..di makan pakai sambel dan nasi hangat aja udah nikmat banget itu. Tapi, untuk Yodha ya harus di lanjut dengan di masak saus pedas manis. 

Mau coba..ini dia resepnya ya :
Udang Goreng Mentega Pedas Manis

Bahan :
300 gram udang jerbung segar, bersihkan, belah punggung, lumuri dengan 1/4 sendok teh garam halus dan 2 sendok makan potato starch ( atau tapioka )..diamkan hingga meresap
Goreng Udang di minyak panas sebentar saja hingga kering luarnya.
*( potato starch berfungsi melapisi udang agar tidak kering dagingnya, jadi kriuk di luar, lembut daging udang dalamnya )

Bahan Saus:
1 buah bawang bombay, iris panjang
2 siung bawang putih, geprek, cincang halus
2 batang daun bawang, potong serong
2 sendok makan margarin
1 sendok makan kecap inggris ( aku ganti saus tiram, karena lagi nggak punya kecap Inggris )
2 sendok makan saus sambal extra pedas
1 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh gula pasir
100 ml air
2 sendok teh maizena dan 1 sendok makan air, dilarutkan untuk mengentalkan

Cara Membuat :
Tumis  bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan matang
Masukkan air dan semua bumbu lain kecuali daun bawang
Didihkan, koreksi rasa
Jika sudah pas rasanya, masukkan larutan maizena
Masak hingga meletup sausnya
Masukkan udang dan daun bawang, aduk hingga terbalut saus
Sajikan segera

5 comments :

  1. Langsung nyodorin hape ke istri.. Minta dibuatin.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp...selamat mencoba ya Pak..:)

      Delete
  2. Mb dyy,,fotonya ganti ne ye?cantikk bgt mb dyy..*salah fokus* hihihi

    ReplyDelete