Wednesday, May 25, 2016

Nastar Keju



Maaf ya teman-teman..telat terus posting..ini lagi menyiapkan banyak kerjaan dan kerjasama dengan berbagai pihak..jadi bagi waktunya sampai bingung. Belum ngurusi orderan harian...plus kemaren badan bonus meriang lagi sedikit. Makanya aku akan mulai nabung foto buat postingan menjelang puasa ini..biar nanti bisa jadi panduan teman-teman menyiapkan hidangan puasa, dan kerjaan tetap jalan..:D

Oke..hari ini kita baking dulu ya,..ini nich hasil dari pagi bikin prakarya di dapur..hihi. Banyaknya teman yang menanyakan resep variasi kue kering lain selain yang sudah aku posting, baiklah..aku akan buat satu persatu ya..kali ini dari yang basic aja..Nastar selai nanas, namun aku modifikasi jadi Nastar Keju, adonannya di tambah keju..jadi lebih gurih dan enak. Terus selainya nggak di isikan di nastar, tapi di taruh di atasnya..jadinya beda dan cantik bukan teman-teman.

Cetakannya pakai cetakan nastar keranjang ya. Memang kecil-kecil dan imut banget. Jadi musti telaten membentuknya. Sebelumnya cetakan di  oles dulu pakai margarin agar lebih mudah di lepas ketika matang. Banyak yang tanya..selainya nanti kering atau tidak...?..Nggak asal buat selainya jangan terlalu kering ya..kesat tapi masih lembab itu pas jika di buat nastar bunga gini. Jadi selainya masih moist waktu di gigit...enak banget berpadu adonan nastar yang ngeprul dan gurih.

Okeh dech langsung saja ini resepnya ya..selamat mencoba..ayuk..mumpung belum  masuk bulan puasa..coba-coba dari sekarang ya..siapa tahu jadi peluang usaha..buat nambah-nambah uang saku buat Lebaran..:D

Nastar Keju

150 gram margarin ( jangan pakai mentega ya..ntar melebar nastarnya..:D )
50 gram tepung gula
1 kuning telur
150 gram tepung terigu protein rendah 

50 gram keju, di parut
2 sendok makan tepung maizena
2 sendok makan susu bubuk 

1/4 sendok teh vanili bubuk

Bahan Isi:
600 gram nanas parut
100 gram gula pasir ( sesuai selera )
1/2 sendok teh garam
3 cm kayumanis

Bahan Olesan :
2 kuning telur


Cara Membuat :
Masak nanas dan kayumanis sampai air terserap habis.
Tambahkan gula dan garam. Aduk sampai kesat, tapi jangan terlalu kering ya...soalnya selainya di taruh di atas nastar...dan ikut di panggang.

Angkat dan dinginkan.
Kocok margarin, gula, kuning telur. Kocok rata tapi jangan terlalu lama.
Tambahkan tepung, tepung maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata. Tambahkan  keju parut. Aduk rata.
Ambil sedikit adonan pipihkan, masukkan ke cetakan nastar keranjang kecil-kecil yang sudah di oles margarin hingga rata.

Oven 5 - 10 menit hingga mengembang
Oles dengan bahan olesan. 

Oven kembali sampai matang dengan suhu sedang..sesuai oven masing-masing ya.


Tips :
Jika mau kinclong..boleh di poles dengan kuning telur hingga 2 kali ya


Adonan kue kering bisa mengering, jika mencetaknya perlu waktu lama, tutup adonan dengan plastik agar tetap lembab dan mudah di bentuk
Jika adonan agak lembek..jangan panik dulu, biarkan sebentar di kulkas, baru di bentuk, tapi jika mengocok gula dan margarin tidak terlalu lama, adonan akan pas, mudah di bentuk.


Oh ya sekalian mau kasih pengumuman..nanti tanggal 4 aku ada acara mengisi pelatihan food photo..jika teman-teman di wilayah Semarang dan sekitarnya..mau ikutan..silahkan baca brosur di bawah ini ya..ayuk..kopdaran..sekalian yang punya produk makanan di bawa..ntar aku fotoin di sana..dan bisa di jadikan brosur, bahan promosi di media sosial..dll. Terbuka buat teman-teman di Semarang dan sekitarnya..yang mau belajar motret makanan atau punya usaha kuliner, dll...gabung yukkk...:D
Pakai kamera saku boleh..smartphone juga boleh..ntar langsung praktek motret juga sama-sama ya. Contoh foto yang pakai smartphone..itu yang proses buat nastar ini..aku motretnya pakai kamera smartphone aja. Eh..ntar ada Bapak dosen Anas juga akan mengajarkan seluk beluk dan teori basic photography ya...kalau sama aku sich langsung aja praktek motretnya.




11 comments :

  1. Mbak pasti maknyusss ya, mau tanya mbak kalo adonannya kelembekan di tarih kulkas dlu di tutupi pa biar terbuka mkasih mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di tutup plastik boleh mba :) Tapi jgn kelamaan ya..nanti keras..:D

      Delete
  2. Mbak cantik aku ngiler bngt liat kue nya...tks yaa udh jd inspirasi aku u trs berkarya di dpr hihihi..semoga mbak diah semakin sukses

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin..mksh mba..ayuk di coba ya..:)

      Delete
  3. Mb Diah, musti telaten banget yah utk bs bikin nastar imut dan cantik spt itu? Butuh kesabaran tingkat dewa deh kayaknya. Mudah2 event mb Diah berikutnya pas ada di Indo yah, jd bs ikutan. Secara YK dan Semarang kan lumayan dekat lah?
    P.S. Mba, masukan dikit yaaa...kata "Early birth" di brosurnya rada kurang pas yaa...yg bener adalah "Early bird"..just in case next time bikin flyer lagi *wink2
    Thanks

    ReplyDelete
  4. Mbak,aku g punya cetakan yang kecil imut itu,kalo dibentuk bulat bulat klasik gitu bisa ya mbak ¿

    ReplyDelete
  5. infonya sangat bermanfaat ini boleh saya coba di rumah nanti

    ReplyDelete
  6. Mbak kalo satu resep ini kira2 bisa jadi berapa toples ya? Hehe

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Mbak Diah Didi... blog mbak dia ini sangat menginspirasi saya. Saya juga food blogger, tapi masih amatiran... hehehe... Tiap hari saya selalu mantengin blognya mbak Diah. Makasih ya mbak...

    ReplyDelete
  8. Mba di itu nastarnya dipanggang bersama dengan cetakannya atau di keluarkan dr cetakan dulu baru dipanggang? thx.

    ReplyDelete