Wednesday, May 18, 2016

Ayam Bakar Serepeh


Malam minggu kemaren kita jalan ke Semarang bawah..terus mampir ke salah satu pameran kuliner di Sri Ratu...buat nengok teman yang ada buka stand di sana. Ramai juga pamerannya..walaupun variasi makanan nggak terlalu banyak..tapi pengunjungnya benar-benar banyak. Jadi jika teman-teman punya usaha kuliner..jangan ragu dech ikut pameran-pameran seperti itu..ya minimal buat branding produk.

Waktu muterin stand aku tertarik salah satu menu unik yang jarang ada yaitu Ayam Bakar Serepeh. Kalau Sate Serepeh aku sudah pernah buat dan rasanya memang enak. kalau Ayam Bakar Serepeh aku belum pernah coba. Setelah aku coba..hemm...enak sekali rasanya...sedep..pedes manis gurih..pas sesuai seleraku banget. Cuma rada mahal..sepotong 20 ribu..hihi. Yodha juga suka banget. Akhirnya minta di buatin di rumah.

Nah baru tadi sempat masakin Ayam Bakar ini untuk Yodha. Biar nggak repot aku bakar ayamnya dari tadi malam, taruh kulkas, jadi pagi-pagi tinggal di ungkep bumbu. Buat kesabaran itu di bayar lunas oleh rasanya yang sedep banget. Sama dech enaknya dengan yang aku beli di Pameran kemaren. Aku pakai resep Sate Serepeh aja yang pernah aku posting dulu..karena aku yakin setelah mencoba makan Ayam Bakar ini di  pameran kemaren..rasa kuahnya..sama dengan kuah sate Serepeh..cuma di ganti ayam utuh..bukan sate.

Menu Serepeh itu khas Rembang ya teman-teman. Kalau mau tau sate Serepeh silahkan meluncur ke postingan lamaku di SINI. Kali ini aku buat versi Ayam bakarnya. Jadi pakainya bisa ayam kampung atau ayam  pejantan aja yang murah tapi enak..35 ribu udah dapat 1 ekor. Ayam kemudian aku lumuri garam dan diamkan hingga meresap, baru di bakar. Tujuannya agar ayam matang dulu, lebih kesat dagingnya dan harum aroma bakaran..serta di lumuri garam agar tidak anyep bagian daging ayamnya, karena nanti di ungkepnya nggak memakai banyak santan seperti  membuat opor, dll. Citarasa Ayam Bakar Serepeh ini pedas, gurih manis..pokoknya sedep khas masakan Jawa ya..bukan rasa kuat berempah seperti rendang..gulai, dll...karena bumbunya lebih sederhana.

Oke..mau coba..ini aku tuliskan kembali ya resepnya teman-teman..:)
Ayam bakar Serepeh

Bahan :
1 ekor ayam pejantan ukuran kecil
500 ml santan kental
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera
2 lembar daun salam2 lembar daun jeruk

Bumbu Halus :
20 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah ( sesuai selera pedasnya )
10 buah bawang merah
4 siung bawang putih

Cara membuat :
Lumuri ayam dengan 1 sendok teh garam, ratakan , biarkan meresap
Bakar dengan panggangan di atas kompor atau bara api hingga matang dan kesat serta harum aroma bakarannya.
Tumis bumbu halus hingga harum dan benar-benar matang
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan dan masak sebentar hingga bumbu meresap
Koreksi rasa kuahnya..sudah pas atau belum
Masukkan ayam bakar
Kecilkan api hingga kecil sekali, tutup panci dan biarkan bumbu mengental dan menyelimuti ayam
Jika suka masih ada sedikit kuah juga bisa


5 comments :

  1. Kayanya enak ya, Insya Allah besok mo nyoba ah, makasih mba resepnya :)

    ReplyDelete
  2. Mba diah request donk bikin rujak degan, barusan hbs nyontek resep sambal kol dan tempe trs pas asik baca eehh si rujak degan kok kayak nya menggiurkan hehehe...makasih mba resep sambal nya, bikin laper hehe. Di tunggu y mba rujak degan nya :D

    ReplyDelete
  3. mba diah, salam kenal ya :)
    aku kebetulan gak punya panggangan nih mba. kalo misal lgsg diungkep gitu kira2 masih ttp enak gak ya mba rasanya? makasih :D

    ReplyDelete
  4. Wenak tenan...apalagi kalo rawitnya 1 ons. Mercon banget dah...kmaren dah nyobain.ga hanya ayamnya yg ludes.to bumbu2nya juga ga bersisa...

    ReplyDelete
  5. Wahh, kok sama yaa mba, ini kemarin pas saya ke food fest itu jg nyobain ayam nya, mahal jg si mba, tapi wort it jg samaa rasanya. Jadi pingin nyoba sendiri buat masak pake resepnya mba Diah deh. Makasii share nya ya mba :)

    ReplyDelete