Friday, May 20, 2016

Kikil Masak Kecap Pedas


Alhamdulillah menu maksi hari ini. Penampakannya seperti oseng kikil biasa ya..tapi percayalah..ini enak  banget..hihi. Cara masaknya sedikit berbeda dari oseng biasa. Selama ini, kalau ngoseng kikil, jika nggak lama masaknya suka kurang meresap bumbunya. Jadilah aku iseng modifikasi resep, kikil di ungkep dulu bumbu halus agak lama, setelah kuah habis baru di cabein..hihi. Dua kali proses, tapi hasilnya lebih enak..daripada yang di oseng biasa. Jadi bumbunya lumayan meresap ke dalam kikil..nggak cuma di luar aja.

Kikil...kenyil-kenyil enak. Kalau beli di warung makan itu suka neg..karena kadang aroma prengusnya masih terasa. Kalau masak sendiri itu lebih aman dan bersih..serta nggak tajam aromanya. Caranya..mudah saja..rebus kikil dengan jahe geprek, daun salam dan lengkuas, serta sedikit garam hingga kikil empuk. Tiriskan, baru di masak sesuai selera. Pasti dech aromanya nggak akan menyengat.

Tips memilih kikil yang bagus, pilih yang masih segar, belum di masak atau di rebus. Kadang ada pedagang nakal yang kikil kemaren di jual lagi dengan cara di rebus...atau di bakar. Pilih yang masih segar saja..di rebus sendiri ya teman-teman. Karena Yodha juga suka kikil kecap begini, aku masak pakai cabai teropong aja yang ngga terlalu pedas. Jika suka pedas, pakai cabai rawit merah tentu saja lebih nampol ya pedasnya..hihi.

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka..:)

Kikil Masak Kecap Pedas

Bahan :
400 gram kikil, rebus dengan 3 cm jahe geprek, 2 lembar daun salam, 2 cm lengkuas dan 1 sendok teh garam hingga empuk, potong-potong kecil
4 buah cabai merah besar, 4 buah cabai hijau besar
4 buah bawang merah, 4 di iris tipis
4 siung bawang putih, 4 di iris tipis
1 buah tomat
1/4 sendok teh gula pasir
4 - 5 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
500 ml air

Bumbu Halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan air, kaldu sapi, garam, gula dan kecap
Masukkan kikil, tutup panci, masak dengan api kecil hingga  bumbu meresap dan kuah hampir habis
Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga harum dan matang, masukkan ke kikil yang sudah di masak, aduk rata dan masak sebentar hingga meresap.
Bisa di buat agak berkuah atau kering, sesuai selera saja ya teman-teman.


9 comments :

  1. Assalamualaikum mba Diah..
    Air untuk merebus kikil 400gr itu barapa ml ya mba sebelum diungkep,diresep yg 400ml itu yg untuk ungkep kikilnya toh mba?
    Trims-lian ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secukupnya mba..sampai kikil terendam ya :)

      Delete
  2. Diah Bunda CheRaMay 20, 2016 at 3:41 PM

    sukaanku lagi...tp mesti hati2 jg mb..ada kikil yg bekas sisa dr pengrajin tas /sepatu di jual di pasar jdnya ga bs empuk krn udh diformalin dll..kta ibuku pilih yg bagian cingur yg aman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untungnya aku beli daging..kikil..dll.selalu dari satu tukang daging langgananku yang jualannya premium mba..selalu fresh tiap hari..:D

      Delete
  3. Mba kalo merebusnya kira2 berapa jam ya?

    ReplyDelete
  4. Mba kalo merebusnya kira2 berapa jam ya?

    ReplyDelete
  5. rasanya kenyal gurih rasa manis tambah pedas,,,rrrrr nambah

    ReplyDelete
  6. mba kalau mau kikilnya ga lengket gimana tuh

    ReplyDelete