Monday, May 9, 2016

Ayam Gulung Saus Jamur


Halooo...teman-teman...liburan akhirnya berlalu juga ya..:D
Kami nggak ke mana-mana sich..cuma kena efek liburan juga. Dari Jumat 7 harian Eyang Yodha..capek banget hingga malam..Sabtu masih packing karena kurir udah buka dna packingan numpuk..jadi Minggu kemaren seharian pengen leyeh-leyeh aja..saking capeknya. Akhirnya pilihan jatuh ke Korea..hihi..lewat drama sich. Akhirnya nonton mas ganteng Rain, lewat Please Don't Go Mister..bagus banget teman-teman..seru..lucu dan menyentuh jadi satu dech ceritanya.

Kalau Yodha..nonton The Jungle book dll..jadi di rumah buka dua bioskop kemaren seharian pada malas-malasan..cuma siang keluar sebentar anter pesanan tepung leker ke pelanggan grosiran..karena sudah kehabisan bahan. Makan siang di luar, pulang lanjut nonton lagi hingga malam..hihi.

Oke..back to normal..ayuk semangat kerja lagi ya teman-teman..sebentar lagi puasa dan Lebaran..harga-harga pasti melambung tinggi...saatnya bekerja keras lagi menyingsingkan lengan baju..buat sangu Lebaran..hihi. Okeh..tapi jangan lupa masak ya untuk keluarga...ini aku kasih menu yang praktis untuk anak-anak..pasti di suka. Daging ayam berpadu daging asap..di padu saus yang gurih dan seger, enak dech. Menu ala resto yang bisa kita sajikan di rumah sendiri.

Jika mau praktis, beli daging ayam fillet di supermarket itu biasanya sudah bersih dan daging aja ya teman-teman, jadi nggak perlu repot-repot memotong lebar-lebar. Jika mau bisa di tambahkan kentang goreng atau sayuran juga ya agar gizinya makin komplet. Oke..selamat mencoba ya...:)


Ayam Gulung

Bahan :
400 gram fillet dada ayam, potong bentuk lembaran tipis lebar
6 lembar daging asap
Garam 1/8 sendok teh dan merica secukupnya
1 sendok teh saus tiram
1 butir telur
100 gram panir orange kasar
Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Ayam Gulung :
Lumuri daging ayam dengan garam, merica dan saus tiram, biarkan 15 menit hingga meresap
Ambir selembar daging ayam, isi dengan daging asap, gulung..semat dengan tusuk gigi agar gulungan padat, sisihkan.
Panaskan minyak
Lepas tusuk gigi pada gulungan ayam, padatkan. Celup ke kocokan telur
Lumuri dengan tepung panir
Gireng di minyak yang sudah di panaskan hingga matang
Sajikan dengan saus jamur
 

Bahan Saus Jamur :
1 cup jamur kancing, cuci, tiriskan
1/2 buah bawang bombay, iris panjang 
1 siung bawang putih, geprek
400 ml kaldu sapi
1 sendok makan saus tiram
1 sendok makan kecap inggris
1 sendok teh kecap manis
2 sendok makan saus tomat
¼ sendok teh gula pasir
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk
2 sendok makan margarin untuk menumis
2 sendok teh maizena dan sedikit air, larutkan

Panaskan margarin 
Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum
Masukkan jamur
Tuangi air / kaldu, masukkan  bumbu-bumbu lain. Masak sampai mendidih.
Kentalkan dengan larutan maizena atau tapioka hingga meletup-letup.


16 comments :

  1. Hhmmmm....masaknya sederhana tp kelihatan mewah ya mb.Diah, jdi pingin nichh....(^_^)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..ayuk buat lebih murah..hihi..drpd jajan di resto :)

      Delete
  2. Mbak Diah, tepung panir oranye dikemas berapa gram/pak? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  3. Diah Bunda CheRaMay 9, 2016 at 12:01 PM

    berasa cordon bleu ya mb,,,lapor ah mb DD,,kmrn hr minggu aku bkin es stik pisang + nugget ayam wortel 2kg...u stock n skalian pesenan bulik..kali ini tak bungkus daun pisang kyk lontong mb,,hasilnya lbh kenyel...jd semangat pngen jualan hihi...thx mb DD,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh mba :D

      Sipp ayuk semangat..siapa tahu bs jadi jalan tambahan rejeki ya..:)

      Delete
  4. Assallamuallaikum mba Diah..
    Itu difotonya dalam gulungan daging asap terlihat ada keju lumer ato pakai mayonaise ya mba.. Tp diresep nya tdk ada.
    Trims
    Lian ayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keju mozarella mba..lupa nulis..:D

      Delete
  5. Ok, terima kasih, mbak. Saya sdh order lewat WA. Saya kok tdk bisa balas lewat reply, jadi buat komen baru.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..sudah sy bales td ya...:)

      Delete
  6. Enak tenan itu kesukaan anaku banget.. selain isianya daging asap bisa diganti apa ya mba diah..

    ReplyDelete
  7. Enak tenan itu kesukaan anaku banget.. selain isianya daging asap bisa diganti apa ya mba diah..

    ReplyDelete
  8. uh, enak banget liatnya, jdi pingin buat.
    mb, kalau g pake kecap inggris bisa g ya?

    ReplyDelete
  9. Mba diaaah aq udah coba masak sausnyaa! Enak deh beneran. . .beda sama d warung steak biasanya😊. Lebih berasa dn rasa sausnya lbh kompleks. . Ga cuma garem sama lada ajaa. .

    ReplyDelete
  10. hai mbaaak salam kenaal...resepnyaa hennaaak...first trial nih ayam gulung saus jamur..bolak balik denger anak saya ama suami bilang "hennaaaak" huhuhuu...senengnyuaaaaa....mamaciih yaaaa share resepnyaaa mmuuaah

    ReplyDelete
  11. hai mbaaak salam kenaal...resepnyaa hennaaak...first trial nih ayam gulung saus jamur..bolak balik denger anak saya ama suami bilang "hennaaaak" huhuhuu...senengnyuaaaaa....mamaciih yaaaa share resepnyaaa mmuuaah

    ReplyDelete