Monday, May 16, 2016

Selai Nanas Madu


Di tempatku lagi trend yang namanya Nanas Madu beberapa waktu terakhir ini. Jadinya aku penasaran dech untuk buat selai pakai nanas ini. Kalau langsung di makan sich sudah jelas enak banget..manis dan segar rasanya. Setelah aku coba buat selai..sama enak..cuma pemakaian gula yang aku kurangi karena sudah manis nanasnya.

Yang belum tau Nanas Madu..adalah Nanas yang memang lebih manis dari nanas lainya. Biasa dari daerah Subang atau Pemalang ya..kalau dari Jawa Tengah. Dari yang aku baca..tingkat kemanisan Nanas Madu ini di sebabkan penggunaan pupuk kalium..jenis tanah..dll. Kalau aku taunya memang rasanya lebih enak..berbeda dengan nanas lokal sini. Aku suka beli nanas madu..sayangnya harganya juga lumayan..hihi. Ukuran kecil-kecil aja sebiji 8 ribu.

Bentar lagi mau puasa..Lebaran..pasti kebutuhan nanas meningkat. Jadi..mulai dari sekarang bisa nyicil buat selai nanas dulu nich teman-teman. Bisa di simpan di freezer kok. Kalau dekat Lebaran,..Nanas biasa aja mahal ya harganya, apalagi Nanas Madu ya..hihi. Tapi jika buat selai untuk keluarga sendiri, tak ada salahnya pakai nanas madu ini teman-teman untuk membuat selai..lebih harum dan manis selainya. Ciri nanas madu..mata kulitnya lebih jarang, warnanya kalau sudah matang itu rata kuning orange, dan walau udah matang gitu di kupas nggak lembek..tetap kres daging nanasnya...ketika di gigit seger banget airnya banyak.

Terus dari yang aku baca lagi..jika di makan langsung di belah seperti makan semangka gitu juga nggak gatal lho nanas madu ini. Tapi aku belum pernah coba..hihi. Kalau beli ya mesti aku kupas dan aku cuci bersih baru di makan. Aku dari dulu memang suka nanas. Walau mitosnya nggak boleh di konsumsi terlalu banyak..tapi banyak manfaat dari nanas yang bermanfaat buat tubuh, antara lain untuk anti oksidan, anti kanker, anti asam urat, untuk melancarkan pencernaan dan juga bagus seratnya untuk tubuh, jadi buat aku tetep aku makan..hihi. Apalagi memang enak dan seger juga buah nanas ini.

Oke..ini dia resep selai nanas madunya ya teman-teman..sama sich seperti resep selai nanas yang udah pernah aku posting..cuma gula aku kurangi aja. Jika pakai nanas biasa..gula di tambah sendiri ya teman-teman..sesuai selera.

Bahan :
500 gram nanas parut
50 gram gula pasir (jika pakai nanas biasa, bisa pakai 100 - 150 gram gulanya )
1/8 sendok teh garam
3 cm kayu manis batangan
Cara Membuat :
Masak nanas hingga air kering dan menyusut, baru masukkan gula, kayu manis dan garam, aduk terus hingga kesat dan kering.

Noted :
Kalau aku suka selai yang terasa serat nanasnya, jadi waktu memarut nanas, aku gunakan parutan keju yang tajam, agar selai nggak terlalu halus dan masih ada tekture serat nanasnya...pokoknya beda hasilnay sama selai buatan pabrik..:D
Membuat selai lebih cepat jika air parutan nanas di masak dulu hingga air habis terserap, baru masukkan gula, garam dan kayu manis. Lalu masak hingga selai kesat. Maksudnya air habis itu bukan sudah kering jadi selai ya teman-teman..tapi air sari nanasnya habis terserap, tapi masih belum jadi selai. Soalnya ada teman yang salah pengertian, selainya sudah kental kering kecoklatan, baru masuk gula..ya jadinya gulanya nggak mau mencair dan jadi karamel dech..kalau begitu..:)



3 comments :

  1. enak ni selainya,,bisa dimakan sama roti nih

    ReplyDelete
  2. Sabtu kemarin saya lihat ada mobil boks di pinggir jalan, jual nanas madu. Setelah baca ulasan mbak Diah pagi ini jadi tertarik juga untuk mencoba. Terima kasih, mbak.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  3. Hahaha....
    saya juga pernah punya pengalaman bikin selai super kering mbk,,jAdi keras dan alot.apalagi pas udah dingin malah mirip batu..
    klo selai gini bisa tahan berapa bln mbk??

    ReplyDelete