Thursday, May 5, 2016

Tips Menghias Butter Cream Motif Ombre


Selain raibow cake..ada satu lagi cake warna-warni yang juga menarik, yaitu Ombre Cake. Berbeda dengan rainbow cake yang mempunyai beberapa warna, kalau Ombre  Cake ini adalah warna Gradasi. Jadi kita memilih satu warna, kemudian bisa kita buat gradasinya. Jadi kuncinya adalah pemberian warna dalam takaran yang berbeda, sehingga warna yang di hasilkan juga berbeda.

Ombre Cake, bisa di buat cakenya juga dalam bentuk gradasi, sehingga ketika di potong warna cakenya juga gradasi. Namun kali ini aku mau memberikan contoh tehnik menghias cake dengan butter cream motif Ombre saja ya teman-teman..semoga bermanfaat.

Untuk menghias cake motif Ombre, siapkan cake agak tinggi ya teman-teman. Jika memakai loyang biasa yang rendah, bisa di tumpuk dua cake ya, dan bagian dalam bisa di oles selai atau butter cream. Rapikan pinggiran cake hingga bebentuk bulat mulus. Lapisi cake dengan butter cream dasar warna putih ke seluruh bagian cake hingga tertutup rata.

Selanjutnya, kita siapkan butter cream untuk motif Ombrenya. Siapkan butter cream warna putih, selanjutnya bagi 4 bagian. Beri masing-masing bagian satu warna, misal merah tua dengan takaran pewarna yang berbeda, yang pertama merah tua, yang kedua agak terang, hingga pink dan agak keputihan. Cukup memakai satu pewarna makanan merah tua saja, namun takarannya di kurangi setiap bagiannya, sehingga akan menghasilkan gradasi warna. 

Selanjutnya, tinggal kita applikasikan untuk menutup seluruh bagan cake, dari bagian bawah warna gelap, hingga ke bagian atas agak cerah warnanya, sehingga tercipta motif Ombre, atau Gradasi warna yang cantik. Untuk membuat motifnya, bisa memakai spuit besar-besar seperti motif mawar, dll atau bisa juga memakai spuit kecil-kecil, asal mau telaten, juga akan menarik hasilnya dan lebih kelihatan motif Ombrenya.

Pakai butter cream yang agak pekat ya..jika beli di toko bahan kue butter cream jadi itu kadang mudah meleleh karena agak encer, jadi kurang cantik untuk motif Ombre ini. Buat saja butter cream sendiri lebih baik. Resep butter cream, bisa di lihat di SINI. Pakai juga pewarna makanan yang aman dan berkualitas, sehingga tidak perlu banyak pemakaiannya, warnanya sudah cantik.

Untuk hasil warna yang lebih menarik, siapkan pewarnaan butter cream semalam sebelum di pakai menghias, maka warna butter cream akan semakin homogen dan cantik. Butter cream bisa bertahan di suhu ruang selama beberapa hari, jadi tidak perlu di masukkan kulkas ya jika belum di aplikasikan ke cake. Namun jika sudah di spuitkan ke cake..simpan cake di  kulkas agar motif butter creamnya mengeras sebelum di sajikan.

Oke..selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya teman-teman.

3 comments :

  1. Cakep mba, blm pernah bikin butter cream gradasi gini.
    Ternyata kuncinya pada takaran pewarnanya ya.
    Makasih ilmunya mba.

    ReplyDelete
  2. cantik kuenya....jadi eman kalo mo makan btw makasih ilmunya mbak didi

    ReplyDelete