Thursday, May 12, 2016

Tahu Isi Ayam Wortel


Kemaren buat tahu isi ini udah sore..jam 5 lebih baru motret..yo wis..remang-remang kurang cahaya. akhirnya aku coba di kebun belakang..tapi ya tetap nggak menolong..burem dikit fotonya..hihi. Jadi inilah bedanya teman-teman..aku selalu kasih tips..motret makanan..usahakan di pagi hari..cahaya alami..maka hasilnya...akan lumayan cerah..pakai alat apapun itu.

Pas lagi motret di recokin Yodha pula. " Sini Mi..tak bantuyin motret ! "..katanya , yo wis akhirnya assistenku ini yang motret..hihi.Yodha memang udah suka motret makanan juga..pakai kamera sendiri dia bisa..pakai dslr juga bisa. Nggak apa-apa...biar belajar banyak hal..pasti  bermanfaat buat dia pas besar nanti. Ini malah mau les vokal segala..hihi..tapi aku belum sempat daftarin ke tempat les musiknya.


Kemaren buat tahu isi ini sore..karena pengen negmil gorengan..adanya cuma tahu pong. Kalau isi sayuran tumis biasa kok agak bosan, akhirnya aku  coba buat dengan isian yang beda. Isi ayam dan wortel aja yang di serut kasar, lalu di tumis gurih manis, seperti isan pastel gitu. Aku dapat ide ini ketika beli tahu isi di salah satu bakery di sini..kok isinya seperti itu lebih enak menurutku..ada manis gurih dari wortel..suka dech. Akhirnya aku coba buat sendiri dan memang enak ternyata. Papine Yodha yang kemaren sebenernya batuk..males makan gorengan..kok ya habis 5 biji ya..hahah.

Isian wortel dan ayam aja..nggak pakai bahan lain..jadi citarasa manis wortelnya dominan..unik berpadu gurih tahu dan adonan tepung kulit luarnya. Aku adonan tepungnya pakai TEPUNG MENDOAN yang aku jual aja..biar praktis dan cepet..tinggal kasih air. Jika nggak ada..buat adonan tepung pencelup tahu seperti biasa ya teman-teman.

Oke..mau coba..mudah..enak dan ekonomis snack ini..siapa tahu bisa jadi ide usaha juga..:)
Isian Ayam wortel ini juga enak lho untuk isan pastel atau risoles..cobain dech...! 

Tahu Isi Ayam Wortel

Bahan :
10 buah tahu pong
250 gram wortel, rebus sebentar, serut kasar pakai serutan rujak
100 gram daging ayam dada, rebus, cincang
2 sendok teh gula pasir
1 sendok teh kalsu ayam atau garam sesuai selera
50 ml air

Bumbu halus :
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1/4 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masukkan ayam, air dan wortel serta semua bumbu 
Aduk rata dan masak sambil di aduk-aduk hingga wortel empuk dan bumbu meresap
Koreksi rasa
Dinginkan

Penyelesaian :
Siapkan adonan pencelup. Aku pakai tepung mendoan 125 gram. Aduk tepung mendoan dengan air secukupnya hingga jadi adonan seperti adonan tepung mendoan
Isi tahu pong dengan adonan isi secukupnya.
Celup ke adonan tepung, goreng hingga matang
Sajikan hangat dengan cabai rawit..hemm enak..!


11 comments :

  1. Kak yodha gendutan ya mam diah hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya.....tuch perutnya isi nasi goreng...:D

      Delete
  2. Senyume kak Yodha bikin tante Lisna kesengsem deh...*sambil tersipu malu..😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...ngga nguatin yo Tan..:D suka gaya gitu dech...Yodha..Tante :D

      Delete
  3. Replies
    1. Boleh..:)
      Tolong lain kali kalau komen pakai nama sebenernya aja ya biar lebih sopan..makasih.

      Delete
  4. mba didi.. mau tanya isian itu gaperlu pakai tahu yang dihaluskan lagi yah? Maaf mba aku belum pernah bikin tahu isi, klo tahu kopong itu takpikir cuma kulit tahu gaada isinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga mba..isi tahu pongnay ndak perlu di ambil..biar tetep ada tekture empuknya. Isian tahu is bisa macam2 kok..bisa kol..taoge..dll..ada byk resepnya di sini..yang ini varian isi baru..:D

      Delete
  5. Wis mba aku jd fans nya yodha ajah... Hahahaha...
    Btw, mba resep ayam kungpao yg di ig itu upload k blog sini dong,plis mba... Mksh mba dd^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sampun mba..beberapa waktu lalu..coba di search ya..:)

      Delete
  6. Enaknya mb.Diah apalagi di makan pas ujan2 trus nyeplus cabe hmmmm...jd ngiler nich..:D

    ReplyDelete