Thursday, May 12, 2016

Sayur Tahu & Bunga Bawang Cabai Hijau



Masih males makan yang neko-neko..kembali ke selera ndeso lagi..aku masak sayur tahu..plus bunga bawang..pakai cabai hijau keriting banyak..jadi pedes..seger..gurih kemepyar. Sama seperti Empis-Empis Temangung bumbunya..cuma aku masaknya nggak lama banget sampai berminyak ijo..karena keburu laper tadi..begitu matang dan bumbu meresap aku angkat aja. 

Kali ini aku pakai tahu putih aja..hemm enak sekali juga..apalagi di padu bunga bawang yang harum aromatik. Udah dech..jadi kembali selera makanku. Tadi aku gado sama kerupuk aja udah enak banget sampai nambah..hihi.

Sayur-sayur seperti ini memang nggak pernah mbosenin..isinya bisa di variasi..bumbu sama. Bisa di ganti tempe..menjes..dll..semua enak. Jika mau pedes banget pakai cabai hijau yang keriting ya teman-teman..agar pedes dan nggak langu. Kalau suka pedes..pakai cabe hijau yang buanyak..hihi. Aku tadi pakai 1 ons cabai hijaunya..udah pedesnya sich..tapi masih normal.

Oke..aku nyicil posting aja langsung..karena besok mau pergi pagi..nggak tau sampai jam berapa. Selamat mencoba ya jika suka teman-teman. Karena aku masaknya nggak sampai mlekoh banget..aku sebut sayur tahu cabai hijau aja ya..kalau Empis-Empis itu harus di masak lebih lama lagi...sampai warna kuah kehijauan dan *mlekoh ndeso...hihi.

Tips agar tahu tidak hancur, pilih tahu yang agak padat ya teman-teman..serta tidak asam. Jika perlu kukus tahu sebentar sebelum di masak...agar tidak hancur ketika di masak kuah seperti ini.

Sayur Tahu & Bunga Bawang Cabai Hijau

Bahan :
300 gram tahu putih yang agak padat, potong kecil-kecil
1 ikat bunga bawang, potong-potong
800 ml santan encer
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam secukupnya
1 ons cabai hijau keriting, potong serong
8 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis

Cara Membuat :
Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai hingga matang dan harum
Masukkan santan dan semua bumbu
Didihkan
Masukkan tahu, kecilkan api, masak hingga meresap
Masukkan bunga bawang,  masak hingga layu
Koreksi rasa
Sajikan hangat 



4 comments :

  1. Hmmm...sambil baca sama nelan ludah mb.Diah udah kebayang seger pedesnya apalagi digadoin lebih mantep kayaknya hehehe...

    ReplyDelete
  2. Asiiik, ada menu yang bisa kucoba nih. makasih mbak

    ReplyDelete
  3. Mbak...request donk cara masak beras merah dgn rice cooker...hehe...mksh mbak
    Dian

    ReplyDelete
  4. Pengen bikin tapi kok susah ya cari bunga bawang di jkrt.. mengen-mengeni aja nih mba Diah..heheh

    ReplyDelete