Friday, November 21, 2014

Bandeng Kremes


Jangan bosan sama menu kremes2 ya teman2..soalnya memang banyak banget aneka macam menu kremesan yang ku posting..hihi. Jadi memang  tepung kremes yang aku jual itu bisa buat bikin lauk kremesan apa aja..ayam kremes, tempe kremes, sosis kremes,. tahu kremes, sampai ikan pun anak di kremes teman2. Ikan yang di pakai bisa ikan bandeng ukuran kecil2..atau ikan lele. Goreng dulu ikannya hingga matang..buat kremesan hingga bersarang, celup ikan ke adonan kremesan..lalu letakkan di atas kremesan..lalu gulung dech. Mudah banget teman2..kalau udah terbiasa nanti akan mudah saja kok menggulung2 kremesan aneka isian. Duch sebenernya pengen bikin video cara bikin kremesan bersarang dan menyelimuti bahan yang di kremes ini..tapi kok ya belum kesampaian..hihi..gak ada yang nge shoot je..hihi..suami paling males ke dapur.....tunggu Yodha bisa dulu kali ya..baru bikin aneka video masak..jadi biar lebih memudahkan teman2 gitu melihat tehnik memasak yang agak unik , kayak cara menggoreng kremesan ini..jadi sabar ya teman2. Kalau yang foto sich dulu udah ku posting step by step cara menggoreng kremes yang mekar dan bersarang di SINI ya teman2.

Nah..kemaren pas ke pasar itu liat ikan bandeng imut banget..murah pula..langsung kepikiran seru nich di buat bandeng goreng kremes..dan beneran dech..jadi bandeng kremes yang cantik..dengan bahan kremesan yang manis menyelimuti ikan bandengnya. Jika nggak suka bandeng bisa ganti ikan lele ya teman2..atau ikan pindang yang kecil2 yang udah gurih tuch juga enak di kremes gini. Jadi..kunci menggoreng kremesan agar  bersarang dan mekar itu minyak harus benar2 panas..jadi begitu bahan kremesan di tuang..langsung ketemu minyak panas...jadi bisa langsung mekar dan bersarang dech. Kalau nggak langsung mekar dan lembek di wajan..adonan kremesnya itu tandanya minyak kurang panas..bakalan lama keringnya. Tapi kalau  kremesan langsung mekar dan bersarang itu cepat sekali kering. Jika udah mekar dan bersarang, jika takut gosong api boleh di kecilkan dikit, biarkan hingga setengah kering , sambil di dorong2 pakai sutil agar  kremesan ngumpul di tengah, letakkan bahan yang akan di kremes..lalu gulung dech..dan goreng hingga matang dan kering kremesannya. Oh ya satu lagi tipsnya..selama menggoreng kremesan, sebelum di tuang ke wajan..adonan harus di aduk2 dulu ya.agar tidak mengendap di bawah adonannya. Mudah kan teman2..yukk di coba ya..jangan takut gagal..dan mencoba ya..^^
Bandeng Kremes

Bahan :
Ikan Bandeng ukuran kecil 10 buah
Garam 1 sendok teh
Bawang putih 2 siung, haluskan
1 bungkus TEPUNG KREMES ( jika ada yang belum tahu,  liat di SINI  ya tepung kremes yang aku jual ini teman2 )
Air 350 ml
Kuning telur 1 butir

Cara membuat :
Campur bawang putih, garam dan sedikit air, lumurkan ke ikan bandeng, diamkan 15 menit, lalu goreng ikan hingga matang, sisihkan.
Campur tepung kremes, air, dan kuning telur, aduk rata
Panaskan minyak agak banyak di wajan anti lengket hingga benar2 panas.
Tuang kremesan secukupnya dari jarak agak jauh dari atas wajan agar kremesan bisa langsung mengembang dan bersarang, kecilkan api, biarkan kremesan hingga setengah kering sambil di kumpulkan ke tengah wajan.
Celup ikan bandeng ke adonan kremesan, letakkan di pinggir kremesan , lalu gulung dengan bantuan dua buah sutil. Tekan2 agar merekat kuat gulungannya. Goreng hingga kering. Tiriskan di tisue dapur..sajikan.

1 comment :

  1. boleh icip2 ga bu? ngiler nih liat gambar gurih sejernih ini

    ReplyDelete