Friday, May 1, 2015

Nasi Gurih Praktis & Sambal Teri



Kemaren..sempat bingung mau masak apa ya..di rumah cuma ada ayam..pastinya..di masak ayam goreng sesuai request Yodha. Tapi kok ya..bosan ya..makan nasi ayam goreng sambel biasa gitu. Akhirnya kepikiran pengen  buat nasi lemak aja..ala Malaysia gitu..tapi kok bahan-bahan ndak lengkap..telur aja, habis..hihi. Yo wis..bikin Nasi lemak minimalis..lauknya cuma sambal teri, kacang goreng dan ayam goreng aja. Jadi..sebut saja nasi gurih kali ya..soalnya pelengkapnya nggak selengkap nasi Lemak asli yang pakai ayam kari, telur rebus, dll. Alhamdulillah..kok ya enak banget..hihi. Padahal bikin nasi gurihnya versi malas..pakai rice cooker biasa. bisa kah ?..Bisa banget..caranya..masak nasi biasa, tambahkan garam secukupnya, 2 lembar daun salam dan 1 batang serai. Cara memasak nasi biasa ya, tapi di buat agak pera, jika udah agak matang, beri 1 sachet santan kental instan, aduk-aduk hingga rata, lalu biarkan hingga matang. Jangan lupa sering di aduk, agar nasi jadi pera dan nggak menempel. Jadi dech nasi gurih yang enak..nggak pakai repot..hihi.

Yodha..lahap banget makannya..katanya..enak kok nasinya..sama sambelnya..sama ayamnya..haha..enak semua ya Kak. Jadi..Nasi Lemak Malaysia itu intinya sama kayak nasi uduk di kita teman-teman..tapi yang versi nasi uduk gurih yang nggak terlalu berempah kayak nasi uduk Jakarta ya. Kalau aku bilang sich..lebih mirip nasi gurihnya wong Jowo..enak..gurih..tapi nggak terlalu berempah. Pelengkap utama nasi lemak yang harus ada itu..sambal terasi dan ikan teri goreng..tapi kadang ada juga yang di campur sekalian..jadilah sambal ikan teri..seperti yang aku buat kemaren. 

Untuk membuat sambal teri yang enak, pilihlah teri yang tawar, tapi hati-hati ya..pilih teri nya jangan yang kaku, dan susah di potong, itu tandanya terinya mengandung formalin..hiiii,..serem ya. Teri tawar yang tanpa formalin, biarpun bentuknya kering kerontang, tapi masih bisa di cuwil dan di patahkan, dan jika di rendam air jaid empuk. Kalau yang megandung formalin..di rendam air panaspun tetap kaku..kenceng terinya. Jika di goreng, teri yang nggak berformalin itu  bakalan jadi renyah dan empuk. Tapi..jika teri mengandung formalin..itu jadi bantat..tetep kaku dan kenyal aja jika di goreng. Mau ngetes lagi..taruh saja teri di belakang rumah teman..yang mengandung formalin..semut pun ogah mendekat. Jadi ingat dulu ada temen yang email..protes..katanya udah ikutin tips aku ngolah teri..di rendam air hangat tetep kaku dan di goreng jadi bantat..magel terinya, keras dan kaku..terus marah2..tipsnya gimana sich..katanya..hihi. Jangan langsung salahin yang kasih tips ya..harusnya..teliti dulu teri yang di beli..hihi.


Selain teri yang di pakai, sambal untuk nasi lemak itu pakai terasi..atau sambal belacan  di sebutnya. Jadi pilihlah terasi yang enak ya. Terasi yang enak..nggak pakai penyedappun jika di buat sambal atau bumbu masakan..jadi enak dech sambal atau masakannya, karena terasi ini adalah penyedap alami...yang terbuat dari fermentasi udang rebon segar yang di tumbuk jadi terasi. Alhamdulillah..kalau aku udah nemu terasi yang beneran enak..terasi asli dari Juwana..yang aku jual juga secara online di sini..udah ku uji kan ke lab Din Kes Semarang, bebas pengawet, bebas pewarna dan bebas boraks..jadi seneng dech menemukan umkm penghasil terasi yang berkualitas dan enak. Yang mau order terasi Juwana dari aku..ready lho..hihi. Karena jika habis, langsung minta di buatkan baru sama pengrajin terasinya..jadi nggak pernah nyetok lama2..terasi di rumah..selalu baru, maks..2 minggu jika aku order udah habis. Walaupun sebenernya terasi semakin di simpan lebih enak ya teman-teman..tapi kalau dapat yang fresh kan..lebih mantab..hihi.

Oke..aku kasih resep sambal terinya aja ya..kalau nasi gurih praktisnya..udah ku jelasin di atas ya..cara membuatnya..pakai rice cooker biasa.

Sambal Terasi Teri

Bahan
Teri tawar kering 50 gram
10 buah cabai merah
5 buah cabai rawit merah
1 sendok teh terasi 
6 buah bawang merah, potong kasar
1 siung bawang putih
1 buah tomat kecil
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok teh gula merah ( sesuai selera )
Minyak secukupnya untuk menumis

Cara Membuat 
Rendam teri di air hangat selama 15 menit hingga agak mekar dan sedikit empuk, tiriskan, goreng hingga kering.
Tumis semua bahan bumbu kecuali garam dan gula
Ulek halus bersama garam dan  gula, koreksi rasa
Tumis kembali hingga matang. Masukkan ikan teri goreng, aduk rata
Sajikan dengan nasi gurih



16 comments :

  1. Yummy banget keliatannya. Anakku suka banget sama kering kacang teri..jadi kalo bikin dua macam, yang pedes sama yang nggak begitu pedes. Ngabisin nasi itu mb Didi...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..ini versi sambel tapi..agak basah..bukan kering :)

      Delete
  2. kalau masak teri kacang gini suka di gadoin sama anakku mbak :) enak banget ya apalagi pakai nasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini sambel kok Mak..klu di gado..pedes..hihi

      Delete
  3. Mbak didi aku Mau list dagangannya dong mbak. makasih :)
    aishalubis@gmail.com

    ReplyDelete
  4. makasih resepnya mbak diah... :)
    dulu ku suka sekali baca-baca artikel disini dan sampai terinspirasi buat web resep seperti mbak diah...

    ini mbak webnya kunjungi balik ya...
    http://www.resepterbaruku.com/

    ReplyDelete
  5. mbak didi, pera itu yang kek gimana ya? berarti sblum santan dimasukin, beras ttp dikasih air kayak masak biasanya gtu y

    ReplyDelete
  6. iya di kasih air..tp lebih dikit mba :)

    ReplyDelete
  7. klo pakai magiccom jg bisa mba? ak dl pernah nyoba bikin nasiuduk pake magiccom tp karena asal masukin ( ga ditimbang ) jadilah ga mateng mba nasinya jd bubur :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak masak nasi biasa, justru di kurang airnya mba hingga pera nasinya :)

      Delete
  8. pake sambal teri..enaknya...
    palagi tambah tempe mendoan..yummyy...

    ReplyDelete