Google Ad

Tuesday, February 24, 2015

Tips Sukses Membuat Brownies


Brownies...kue berwarna coklat dan manis..jadi di sebutnya brownies kali ya..hihi. Siapa yang suka..?..Pasti hampir semua suka ya.apalagi anak2..asal ada coklat atau sesuatu yang manis2..pasti suka dech. Brownies tuch ada berbagai macam ya teman2..kalau  bahan dan cara pembuatannya hampir sama semua ya. Tapi yang membedakan adalah tekturenya. Ada brownies yang fudgy atau agak padat..ada yang chewy..itu yang empuk dan moist kadang rada liat, ada juga yang cakey. Nah..tekture brownies apa yang teman2..sukai ? Kalau aku lebih suka yang cakey..yaitu yang tekturenya empuk beremah kayak cake tapi lebih moist..jadi nggak membosankan. Kalau yang fudgy itu kalau buatku cepat bosan dan kenyang..hihi.

Brownies memang terkenal karena manis..tapi kalau aku kok ya kurang suka brownies yang terlampau manis..hihi..karena aku udah manis..hihihi..*gubrakkkk ! *

Aku suka brownies yang sedang sedang saja manisnya. Jadi di cemal cemil itu tidak membosankan. jadi jika mencoba resep2 brownies yang asli dari luar..hal yang pertama aku *cut* adalah..gulanya..hihi. Sebenernya nggak perlu banyak gula sich kalau mau buat brownies itu..kan udah di tambah coklat leleh yang juga udah manis. Jadi kalau gulanya banyak..plus coklat masak leleh yang manis..dobel dong manisnya..duch..gigi bisa cenut cenut...! ^^

Untuk menghindari brownies yang terlalu manis..pilih juga coklat blok yang kadar gulanya sedikit. Kalau aku lebih suka beli di tbk ( toko bahan kue ) yang coklat blok curah tuch..lebih netral manisnya..jadi pas buat brownies. Coklatnya ber merk juga..tapi sama *tbknya di kemas sendiri..jadi lebih ekonomis..dan rasanya pas manisnya.

Membuat brownies itu mudah saja..nggak pakai mixer juga bisa..tapi..kadang2 kok ya tetep aja ada yang gagal membuat brownies. Gagal gimana ?..Apakah brownies bisa bantat ?..Bisa..kalau perbandingan bahan2 atau penanganan nggak tepat..brownies bisa bantat juga lho. Brownies bantat itu kayak gimana ?..Tekturenya kering..seret di makan, dan kadang bau tepung..karena bahan2 nggak menyatu dengan baik..atau bisa juga lapisan coklat mengendap di bawah atau dalamnya basah nggak mau  kering walau udah di oven lama, brownies gosong dll..banyak dech kasus brownies yang belum berhasil..alias gagal.

Nah..aku mau share nich sedikit tips ya teman..agar brownies yang  kita buat bisa berhasil dan enak rasanya, semoga bermanfaat ya buat teman2..yang baru belajar baking..:
  • Rasa brownies di pengaruhi oleh coklat..jadi pilihlah coklat yang berkualitas..jangan cuma cari yang murmer..tapi ndak enak..hihi. Coklat bubuk..dan coklat blok yang di gunakan untuk brownies sangat mempengaruhi rasa browniesnya.
  • Penggunaan tepung untuk brownies jangan terlalu banyak..jika terlalu banyak nanti brownies akan beremah banget, kering dan seret.
  • Jangan melelehkan coklat langsung di atas api, tapi lelehkan dengan cara di tim. Cara mengetim atau melelehkan coklat dnegan benar, lihat postinganku di  SINI ya teman2.
  • Jika malas mengetim, coklat blok bisa di lelehkan dengan cara di taruh di mangkuk tahan panas, terus tinggal di panaskan di microwave dech..5 menit...ting..leleh dech..hihi. Biarkan coklat hingga benar2 dingin baru di campur ke adonan brownies ya teman2. Jika mau..coklat leleh bisa di campur mentega atau margarin sekalian..atau minyak. Kalau aku kok lebih suka brownies pakai minyak..lebih light rasanya..dan nggak neg. Juga jika di taruh kulkas nggak mengeras browniesnya. Kalau pakai mentega atau butter bakal mengendap dech..dan juga lebih hemat juga kan teman2 kalau pakai minyak goreng..hihi.
  • Nyampur adonan brownies nggak perlu di aduk kuat2 ya..cukup sampai adonan rata saja. Pakai mixer boleh juga..tapi speed rendah ya. 
  • Sekarang proses memanggangnya. Memanggang brownies jangan terlalu lama..jika terlalu lama makan brownies bisa kering dan seret. Panggang di api sedang cukup sekitar 20 - 30 menit. 
  • Gunakan cup kertas jika mau lebih cepat proses memanggangnya. Hasil brownies cup juga lebih moist. Selain itu nggak perlu repot2 memotong browniesnya kan teman2..hihi. Nggak harus pakai cup yang mahal..yang murah tuch juga bisa buat manggang brownies..alasi bawahnya dengan loyang muffin atau bolu kukus yang satuan itu..beres dech. Brownies salam cup juga lebih praktis jika di kemas, misal untuk di jual satuan, untuk snack box atau suguhan.
  • Adonan brownies yang bagus itu kental..tapi masih bisa di tuang dengan mudah. Jika mau menuang di cup dengan ukuran sama..gunakan saja scoop ice cream.
  • Brownies sangat enak di kombinasikan dengan aneka kacang2an seperti almond, mete atau kacang tanah biasa. Jika mau di campur adonan..sangrai atau panggang sebentar ya browniesnya. Jika untuk toping aja..mentah nggak masalah.
  • Selain kacang kacangan, bisa juga di kombinasikan dengan pisang..umbi2 an dll. Brownies dengan campuran mix fruit atau buah kering juga enak. Untuk memperkaya rasa..bisa di pakai brown sugar untuk menggantikan gula pasir, maka brownies akan lebih kaya rasa.
  • Brownies juga bisa di percantik dengan di buat motif marmer permukaannya dengan di beri coklat masak putih atau adonan cream cheese.
  • Bosan dengan brownies basah, panggang saja bronies di loyang kue kering, ratakan. Panggang hingga matang, keluarkan dari oven, potong2, lalu panggang kembali hingga kering. Jadi dech Brownies Cookies yang enak.
Nah..mudah bukan membuat brownies teman2..jika malas menimbang2 bahan dan cari bahan yang berkualitas..pakai saja tepung brownies mix..tepung brownies siap pakai. Seperti Lazetta Brownies Mix  yang aku jual tuch..enak banget coklatnya terasa dan manisnya pas..tekturenya juga pas..serba pas dech..sudah banyak teman2 yang mencoba dan pada suka dech.

Jadi mau memulai bisnis rumahan jualan brownies..bisa banget..pakai Lazetta Brownies mix..lebih mudah dan cepat..menghemat waktu menyiapkan bahan2. rasanya juga enak..seenak brownies ala bakery2 ternama..hihi. 1 pack @ 1 kg tepung brownies ini bisa jadi 4 loyang brownies ukuran standart tuch lho teman2..kalau kita beli di bakery mahal..kalau buat sendiri pakai tepung Lazetta ini..lebih murah kok dan hasilnya juga tak kalah enak dengan brownies ala bakery..hihi. Yuk, yang mau order silahkan..^_^









73 comments :

  1. aq kok malah lebih sneng bkin yg kukus ya mbk. .
    soalnya jujur aja masih belum trlalu pede kalo mau baking. . hihi
    tpi kyaknya kpan2 mau coba baking ahh. .
    praktekin tekniknya mbk Dii. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk,.pede aja mba..kalau nggak di coba..mana tau bisa atau tidak..siapa tahu stlh mencoba malah ketagihan baking nanti..hihi

      Delete
    2. Mbak,dimana ya bs beli tepung lazetta nya.apakh ada di supermarket2..mksh.

      Delete
  2. aku kmarin nyoba bikin pennylane brownies, tp kok adonannya liat bgt.. padahal tepungnya baru masuk separo.. seperti kurang cairan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mungkin mba..coba di cermati lagi resepnya ya..:)

      Delete
  3. wah sekarang sudah ada tepung buat brownies juga mak..?? tambah praktis deh
    bakalan nyemil brownies mulu pasti ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy amba..ada muffin..banana cake dll..hihi..komplet dech..:D

      Delete
    2. Mba Di.. Boleh info donk aneka tepung plus harganya.. Email ke nabelica@gmail.com yaa... Thx..

      Delete
    3. Mba Di saya jg mau donk infi aneka tepung plus harganya..please hehehe
      Email ke epimujirahayu2@gmail.com
      Tq mba Di

      Delete
    4. Mba Di saya jg mau donk infi aneka tepung plus harganya..please hehehe
      Email ke epimujirahayu2@gmail.com
      Tq mba Di

      Delete
    5. Mba, aku juga. Boleh minta info price list utk produk2 nya? Mo coba jualan juga nih....tlng imil ke ayupuspa5503@gmail.com....thanks ya

      Delete
  4. iya mbk. bsok kalo pas pulkam nyoba dehh. .

    ReplyDelete
  5. Mbak,
    Minta info aneka tepungnya yaaaa.... :)
    Tlg email ke malelakvony@gmail.com
    Thank you mbak diah :)

    ReplyDelete
  6. mba,
    aku jg mau dong info aneka tepung yg mbak jual...biar sekalian ordernya, imelku : shelliasari@yahoo.com
    thank you mbaaa...

    *santy

    ReplyDelete
  7. tlg infonya jg dong mba. Krim ke emailq setiadyhari@yahoo.com. Mksh mba....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba di,mnta list jualan+hrga2 nya yaa..email ke findyarachmaniya@gmail.com
      aqu baru mau jualan bronis kukus potong mba
      nanti ada wktu aq pgn sharing sm mva di
      muachhhh

      Delete
  8. Barusan aku buat brownies...berhubung ngak punya loyang khusus muffin jadilah si hitam aku panggang di loyang kue kering n atasnya lagsung q taruh papercup yg udah q isi adonan brownies,
    Sempet waswas takut brownies rusak.. Tp ternyata jadinya bagus n uenak
    Thaks infonya ya mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iy amba..sama2..malah moist kok mba jk di cup :)

      Delete
  9. Kmrn sy abis bikin untuk snack anak di sekolah & alhamdulilah tmn2nya pada suka Mb.. kayanya bakal pesen lg ni Mb :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp , mba..syukurlah jika suka ya..di tgg ordernya..hihi

      Delete
  10. Mba Diah, saya minta list dan harga tepung2 premixnya dong, ke iniginny@gmail.com. Makasih mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba.. Mau juga harga tepungnya. Email ke wienzpohan@gmail.com dong. Ditunggu ya mba... Terimakasih

      Delete
  11. Mbak tolong dikirimin list n harga tepung premixnya ya...ke dianparmastuti@gmail.com...trims y

    ReplyDelete
  12. Mbak, tlg dikirimin produk list plus harga dong ke email rahmidwiu@gmail.com. thanks

    ReplyDelete
  13. Mbak, tlg dikirimin produk list plus harga dong ke email anumjc14@gmail.com
    makasih...

    ReplyDelete
  14. mbak, minta list produk dan harga nya nggih...ke hfatmawati@yahoo.com.. Suwun..

    ReplyDelete
  15. Mbak minta list produk&harganya...email ke angelqyuta23@yahoo.co.id
    mantur suwon

    ReplyDelete
  16. Mba.ikutan jg sm yg diatas.kirim ke mamailmi22@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Mba aq mau tau harga harga sama aneka tepungnya, mau coba jual brownies satuan ke email aq ya choirunnisya@yahoo.com

    ReplyDelete
  18. Mba aq mau tau harga harga sama aneka tepungnya, mau coba jual brownies satuan ke email aq ya choirunnisya@yahoo.com

    ReplyDelete
  19. Mba, boleh dong dikirimin list harga tepung dan aneka jualan mba ke : elly.khalifazafir@gmail.com
    Makasii

    ReplyDelete
  20. Mba Diah, saya minta list dan harga tepung2 premixnya dong, ke dhika.asyhari050114@gmail.com. Makasih mba :)

    ReplyDelete
  21. Mba Diah, saya minta list dan harga tepung2 premixnya dong, ke dhika.asyhari050114@gmail.com. Makasih mba :)

    ReplyDelete
  22. Mba saya minta list harga kya mba-mba diatas itu yaa ..
    tan0v4n@gmail.com
    Makasii mbaa

    ReplyDelete
  23. Hari ini aku coba buat brownies kukus coklat keju, tapi kok bantat yah...
    Keras, lalu adonan setelah kukus pada menggumpal. Saya masih amatir ini pertama kalinya saya membuat bolu...
    Jadi pesimis 😂

    ReplyDelete
  24. Hari ini aku coba buat brownies kukus coklat keju, tapi kok bantat yah...
    Keras, lalu adonan setelah kukus pada menggumpal. Saya masih amatir ini pertama kalinya saya membuat bolu...
    Jadi pesimis 😂

    ReplyDelete
  25. Mbak Diah.. bisa minta dikirim list macam" tepung mix yang mbak jual? Tolong kirim ke gwennamabella@gmail.com
    terimakasih mbak..

    ReplyDelete
  26. Mba bisa minta tolong dikirim price list aneka tepungnya? Dari kemarin jadi silent rider. Udah berasa gatel aja pengen coba semua resepnya tapi takut gagal...

    ReplyDelete
  27. Mbak saya jg price listnya ya,,,lilisajjaf@gmail.com.....makasiiiiih

    ReplyDelete
  28. Mba, brownies panggang tahan berapa lama di suhu ruang ya? Mau dibawa pulkam sama temenku soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 bulan masih tahan, tutup yang rapat, dibuka sesekali

      Delete
  29. Mba Didi, Tolong email price list Aneka jualannya ke nunik.kusuma@gmail.com. Makasih ya.

    ReplyDelete
  30. Mbak didi,tolong di emailkan dong aneka jualan dan harganya di siskamendrofa@gmail.com..penasaran dirikuh dengan daganganmu yg super praktis mbak...have a nice day mbak

    ReplyDelete
  31. Salam kenal mbak di, ikutan dong minta dikirimin list harga tepung instant nya. Tolong emaik ke kabel_b4@yahoo.com
    Makasih sebelumx. Sukses selalu ya mbak 😊

    ReplyDelete
  32. Mb tlg diemail ya tepung instan & pricelistnya ke Amelia.deski@gmail.com ma ksh

    ReplyDelete
  33. Salam kenal mbak Di,, saya juga dong dikirmin list harga tepung mix yang mbak jual yah. Kebetulan sya punya rencana mau buka usaha sendiri.. Kirimx di yrfactory13@gmail.com trimakasih mbak

    ReplyDelete
  34. Biar fudgi gmn ya mbak tipsnya,makasih

    ReplyDelete
  35. Biar fudgi gmn ya mbak tipsnya,makasih

    ReplyDelete
  36. Mba Diah...saya juga mau donk list tepung+harganya ya..email aku nafatebet@gmail.com...tks mba

    ReplyDelete
  37. Mb bisa d email harga tepungnya d kiaymojoreini@gmail.com

    ReplyDelete
  38. Mb bisa d email harga tepungnya d kiaymojoreini@gmail.com

    ReplyDelete
  39. mba bisa tolong email harga tepungnya ke ranisalido@gmail.com

    makasih.

    ReplyDelete
  40. Hallo mb Dii..salam kenal, saya sudah beberapa kali coba bikin, cm ya jarang bgt ngembang nya bagus. Tp salah baca tips dr mb Dii.. Jd tambah paham hehehe...
    Oya mb, boleh donk di email harga tepung dll nya je alamat ini anggitasweety1@gmil.com

    ReplyDelete
  41. Mba, thx tips nya baru mau coba bikin brownies panggang. Minta pricelist tepung dll nya ya mba email ke yolindoir23@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  42. Mba, thx tips nya baru mau coba bikin brownies panggang. Minta pricelist tepung dll nya ya mba email ke yolindoir23@gmail.com terimakasih

    ReplyDelete
  43. Mbak kalau hasilnya bergelombang itu karena apa ya mbak?

    ReplyDelete
  44. Mba Diah Didi, boleh di share aneka tepung mix dan harga nya dikirim ke email dimasfirmanuddin@yahoo.com
    Thx ya Mba...

    ReplyDelete
  45. Mba Di, saya mau dong di kirim pricelist nya. Poppysjaheru@yahoo.com makasiy ya mba Di...

    ReplyDelete
  46. Mbak kirim produk2nya ma harga2nya kirim ke wikan13@gmail.com
    Ditungguuu ya

    ReplyDelete
  47. Mbak minta kirimkan price list nya k email saya.. ayugusti338@gmail.com
    Trrima kasih mbak..

    ReplyDelete
  48. Mb minta price listnya dong,
    Dayu.dewi38@yahoo.com
    Makasi

    ReplyDelete
  49. mbak saya mau nanya dong. tekstur brownies chewy tuh sebenarnya gimana, sih? saya bikin tuh brownies berkali-kali kok teksturnya lembek2 gitu ya mbak. apa ada yang salah dengan proses pemanggangan saya? :(

    ReplyDelete
  50. Sya bikin brownies mau d panggang/kukus gk prnah gagal,knp skrg ggl y tekstur ats dh keras nteng tp dlm ny msh bsah,lma pnggang nya hmpr 1 jam itu apa yv slh y,tkran adonan dh ckup gda yg kurang,mhon pncrhan ny mksih.

    ReplyDelete
  51. Mba Di aku mau dong price list jualannya mba. Aku udah lama mantengin blognya mba Di tpi cuman jdi silence reader hehe
    Ini emailku mba : ellawithbianza@gmail.com

    ReplyDelete
  52. Mbk q bkin brownies panggang tpi kemapa dlemnya gk mteng ya,.
    Pdhal yg luar udah kring. Tau2 pas kluar oven lngsung kempis

    ReplyDelete
  53. Minta resep brownis bakar donk bak yg untuk di jual topi takaranya pake gelas
    , yg tdk menguras kantong, harganya juga terjangkau n menguntungkan,

    ReplyDelete
  54. kakk mau donk resep bronis panggang yg fudgy n shiny.
    tapi remah.jenis tepung dll tng di deskripsikan ya kak.
    sm info hrg tpg boleh ga??tq

    ReplyDelete
  55. Pagi Mb,Aku kenapa ya Mb,kl manggang sudah baguuus shiny gitu,sudah 30menit lebih,tapi ko Aku tusuk masih aga basah gitu ya Mb,walau di Oven sampai 50 menit juga

    ReplyDelete
  56. Malam kak mohon pencerahannya, sy bust brownis loyang cetak uk 25 x 25. Ukuran bahannya yg pas berapa ya kak? Dan hasil yg sy buat kental berat semacam jenang Coklat mohon pencerahannya kak. Dan mohon info cara belinya tepung Lazetta terimakasih

    ReplyDelete
  57. Mba Di aku mau dong price list jualannya mba. Aku udah lama mantengin blognya mba.
    Ini emailku ade.kurniasih77@gmail.com

    ReplyDelete
  58. Mba Di, mau dong di kirim pricelist nya. meutia.rini@gmail.com. Makasih mba'...

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel