Thursday, February 19, 2015

Sup Makaroni

Masih menu harian yang hangat dan segar nich teman2. Resep yang mudah saja. Sup..semua orang pasti bisa ya..membuat sup. Tapi anehnya rasa sup itu bisa berbeda2 lho teman2. Karena memang sup itu banyak seklai variasinya. Bumbu beda dikit aja..udah beda rasanya.Itulah kekayaan kuliner kita ya teman2..satu masakan saja..bisa banyak sekali variasinya.

Kayak buat sup aja..kita bisa kreasikan berbeda2 setiap harinya. Salah satu sup yang enak dan sekaligus mengenyangkan adalah sup makaroni..karena sekalian sudah ada karbonya. Jadi jika makan sup ini nggak pakai nasi pun udah kenyang. Makaroni juga cocok sekali untuk campuran sup ini..karena di rebus dengan bumbu2, rasa makaroni akan gurih dan enak.

Tips agar makaroni nggak tawar ketika di buat sup, jangan di rebus dahulu terpisah ya teman2..masukkan makaroni mentah ke dalam rebusan sup langsung, sehingga citarasa gurih sup akan terserap ke dalam makaroninya..jadi lebih enak dan ada rasanya. Dengan di masukkan langsung ke sup..maka makaroni juga nggak mudah lembek.

Oke dech..langsung aja catet  resepnya ya..selamat mencoba ..jika suka..^^
Sup Makaroni

Bahan :
250 gram daging sapi tetelan, sosis 3 buah, potong bentuk bunga
50 gram makaroni, cuci bersih
1 buah wortel, iris tipis
100 gram bunga kol, potong per kuntum
2 batang daun bawang, potong serong
800 ml air
2 siung bawang putih
2 butir bawang merah
1/4 sendok teh merica butiran
1/8 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh kaldu sapi bubuk, optional ( aku pakai Alsultan )
1/2 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya

Cara membuat :
Buat kaldu, rebus daging dan air hingga daging empuk dengan api kecil. Haluskan bawang putih dan bawang merah, dan merica
Tumis hingga harum dan matang
Masukkan air kaldu sapi, daging tetelan, sosis dan semua bumbu lain
Didihkan, masukkan makaroni dan wortel
Masak hingga makaroni empuk
Terakhir masukkan bunga kol dan daun bawang
Koreksi rasa, sajikan hangat





8 comments :

  1. sip mbak diah...ini menu harian yang disuka ga hanya saya dan suami tapi jugaanak anak lahap hap hap...
    klo utk suami biasanya minta disediain sambal kecap juga utk sup...hihihi..
    mbak di, klo kembang tahu,bunga es, itu cocok ndak utk sup seperti ini? atao masakan lain?
    trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok mba..di buat aneka sup..kembang tahu dan teman2 itu..:)

      Delete
  2. Salam kenal mbak diah yang baik hati..yang resep2nya sukses bikin aq ngiler mpe ngences-ngences....mbak kalo cheese stik biar teksturnya agak keras..kriuk2 gt apa ga usah pake telor ya mbak? Soale resep nya mbak terlalu renyah dan empuk bagi lidah ndeso q ini mbak...hehe kalo ibu q seneng banget yang renyah empuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba ..salam kenal juga ya..iya..nggak usah pakai telur atau margarin mba..jk suka cheese stik yang keras ya..:)

      Delete
  3. Mba Diah,
    Thank you for your daily inspiration. This soup is just what I need today. Thanks again and warmest regards from Houston.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba...sama2..moga sesuai selera ya :)

      Delete
  4. Salam kenal mbk Diah

    Saya tertarik bgt dengan bumbu2 non msg yang mbk pakai..
    Cara pesannya gmn mbk? makasi :)

    ReplyDelete
  5. wow, jadi bikin ngiler saja mba sup nya.
    makasih atas info masakannya ya, nanti kalau ada waktu luang akan saya coba

    ReplyDelete